Gadget

4 Bahaya VPN Gratis, Data Pribadi Tercuri Hingga Koneksi Internet Melambat

Ketahui apa bahaya VPN gratis dan berhati-hati menggunakannya.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi VPN. (Pixabay)
Ilustrasi VPN. (Pixabay)

Hitekno.com - Meskipun VPN gratis memberikan berbagai manfaat yang bisa kalian gunakan untuk lebih bebas dalam berselancar di dunia maya apakah kalian tahu apa saja bahaya dari VPN gratis ini? Yuk kita simak ke ini dia bahaya VPN gratis.

Tentu data pribadi harus kita lindungi dari para oknum oknum kejahatan, untuk menghindari data diri kita dipergunakan tidak sepantasnya oleh para hacker.

Apalagi ketika kita menggunakan VPN gratis di mana kita bisa membuka situs yang terblokir di situ pula para hacker akan semakin mudah untuk mengincar data pribadi kita.

Berikut bahaya VPN gratis agar kalian bisa menggunakan VPN gratis secara bijak:

1. Perangkat akan terancam keamanannya

Memang seharusnya VPN justru bisa melindungi data diri dari para pengguna VPN agar tidak mudah terdeteksi dan bisa seakan-akan menjadi "anonim".

Namun hal ini tidak berlaku jika kalian menggunakan VPN gratis maka keadaan bisa berbanding terbalik maka secara otomatis data diri kalian akan dengan mudah terlacak oleh para hacker.

Sekitar 38% dari sampel VPN gratis didominasi mengandung malware berdasarkan studi berjudul 'An Analysis of the Privacy and Security Risks of Android VPN Permission-enabled Apps'

Ilustrasi VPN. (Pixabay)
Ilustrasi VPN. (Pixabay)

2. Pencurian data pribadi pengguna

Tentu sangat berbahaya jika data diri oleh para pengguna digunakan tidak semestinya apalagi jika untuk keperluan pribadi yang mengandung kejahatan.

Bahan bisa-bisa pengguna tersebut akan dikejar-kejar oleh penegak hukum karena data pribadi kita digunakan oleh para hacker untuk keperluannya.

Rupanya para hacker bisa melacak aktivitas online dari para pengguna VPN gratis dan sangat beresiko bisa mencuri data pribadi milik para penggunanya. Dari banyaknya VPN gratis sekitar 72% mengandung fitur pelacak pada sistem VPN gratis tersebut.

Apalagi jika kalian tengah mengaktifkan VPN gratis selalu menggunakan berbagai aplikasi seperti transaksi di e-commerce maupun membuka mobile banking akan semakin mudah diretas dan pahit-pahitnya saldo ATM kalian akan hangus.

3. Koneksi internet melambat

Rupanya setiap VPN gratis memiliki kecepatan koneksi internet yang berbeda-beda namun ternyata VPN gratis didominasi dengan koneksi internet yang sangat lambat. Dan secara tidak langsung VPN gratis tersebut mendorong para penggunanya agar mengupgrade ke VPN berbayar.

4. Iklan muncul sangat sering

Selain itu ketika kalian menggunakan VPN gratis juga akan diganggu oleh banyaknya iklan yang akan muncul dengan durasi yang cukup lama yang harus kalian tonton hingga selesai.

Tentu hal ini sama seperti sebelumnya untuk mendorong para penggunanya agar mengupgrade ke VPN yang berbayar agar terhindar dari penayangan iklan yang berlebihan.

Rupanya kejahatan juga bisa terselip dalam iklan-iklan yang akan muncul di VPN gratis berupa adanya Malware yang akan menyusup HP para pengguna apalagi jika pengguna mengklik iklan tersebut maka potensi kejahatan akan semakin mudah dilakukan oleh para hacker.

Nah itulah beberapa bahaya VPN gratis yang bisa membahayakan data diri kalian dari para oknum kejahatan di jejaring sosial. Bagaimana nih apakah kalian akan semakin sering menggunakan VPN setelah mengetahui bahaya dari VPN gratis? 

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait