Gadget

iPhone 15 Pro Diprediksi Bawa Kamera Periskop 5X

Apple sedang menguji komponen lensa telefoto 5x untuk iPhone 15 Pro.

Rezza Dwi Rachmanta

iPhone 13 Pro dan Pro Max. (Apple)
iPhone 13 Pro dan Pro Max. (Apple)

Hitekno.com - Meski iPhone 14 masih meluncur beberapa bulan ke depan, bocoran mengenai iPhone 15 sudah beredar ke publik. Seorang analis memprediksi bahwa iPhone 15 dapat mengusung peningkatan di sisi kamera.

Berdasarkan laporan dari 9to5Mac, analis bernama Jeff Pu mengklaim bahwa "model kelas atas dari jajaran iPhone 2023" memiliki lensa telefoto yang ditingkatkan. Apple dilaporkan sedang menguji prototipe dan sampel komponen lensa telefoto 5x untuk iPhone 15 Pro.

Keputusan mengenai siapa produsen yang menjadi pabrikan bakal diputuskan pada Mei 2022. Ketika komponen telah disetujui, kamera periskop bakal ditujukan untuk iPhone 15 dan iPhone 15 Pro.

Dikutip dari NDTV, produsen pembuat lensa kemungkinan adalah Lante Optics. Analis memprediksi bahwa produsen bakal menyetor 100 juta unit lensa yang dibuat khusus untuk Apple.

Lensa periskop sendiri bukanlah hal yang baru mengingat beberapa HP flagship Android sudah memakainya. Itu memungkinkan komponen merangkai lensa telefoto lebih panjang untuk ditempatkan secara horizonal.

Ilustrasi iPhone dengan layar 120 Hz. (MacRumors)
Ilustrasi iPhone dengan layar 120 Hz. (MacRumors)

Ini membuat bodi smartphone tetap tipis meski menggunakan kamera periskop. Meski HP premium Android sudah mengadopsi fitur tersebut pada beberapa tahun terakhir, Apple sepertinya masih menyempurnakan fitur sebelum mengimplementasikannya.

Pada bocoran sebelum ini, analis Jeff Pu juga mengkaim adanya peningkatan RAM di iPhone 14 series. Jeff Pu yang melakukan penelitian bersama Haitong International Securities memprediksi bahwa keempat model iPhone 14 anyar bakal membawa layar ProMotion 120 Hz.

Perusahaan saat ini memiliki layar ProMotion yang tersedia pada model iPhone Pro (seri yang terdiri dari Pro dan Pro Max). Kedua perangkat seperti iPhone 13 dan iPhone 13 Mini membawa layar Super Retina XDR.

Analis memperkirakan bahwa semua anggota iPhone 14 series akan mengusung RAM 6 GB. Deretan fitur di atas masih sebatas prediksi dari analis dan leaker.

Spesifikasi utama dari iPhone 14 kemungkinan besar bakal dibocorkan lebih lanjut pada kuartal kedua 2022. Cukup menarik menantikan bagaimana peningkatan fitur pada iPhone 15 apabila pengujian prototipe sudah berhasil.

Berita Terkait