Gadget

Samsung Galaxy Tab A8 Pakai Chipset Unisoc, Ternyata Ini Alasannya

Mengapa Samsung lebih memilih chip dari Unisoc dibanding Qualcomm atau MediaTek?

Rezza Dwi Rachmanta

Samsung Galaxy Tab A8. (Samsung)
Samsung Galaxy Tab A8. (Samsung)

Hitekno.com - Perusahaan telah resmi mengenalkan Samsung Galaxy Tab A8 melalui acara virtual pada hari ini (21/01/2021). Perlu diketahui, Samsung Galaxy Tab A8 mengusung chipset Unisoc Tiger T618.

Pemilihan chipset dari Unisoc tentu menimbulkan tanda tanya bagi sebagian penggemar tablet Samsung mengingat generasi sebelumnya (Tab A7) membawa dapur pacu dari Qualcomm (Snapdragon 662).

Menjawab pertanyaan tersebut, Annisa Maulina selaku Product Marketing Manager Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia menjelaskan bahwa mereka sebelumnya telah melakukan survei sehingga memilih Unisoc Tiger T618.

Perusahaan akhirnya memilih Unisoc T618 karena chipset ini dianggap cukup mumpuni di segmen yang diincar oleh Samsung.

"Kita memang pakai Unisoc pada Samsung Galaxy Tab A8. Pengguna tak perlu khawatir karena kita sebelumnya sudah survei terkait performa. Chipset-nya sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Performa CPU terdapat peningkatan 10 persen dibanding generasi sebelumnya (Tab A7). Menurut kami, Unisoc T618 sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan di segmen ini," kata Annisa Maulina, Product Marketing Manager Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia.

Tablet Samsung Galaxy Tab A8. (Samsung)
Tablet Samsung Galaxy Tab A8. (Samsung)

Samsung Galaxy Tab A8 memiliki layar TFT 10,5 inci dengan resolusi 1.920 x 1.200 piksel dan aspek rasio 16:10. Perusahaan turut membenamkan empat speaker dengan dukungan Dolby Atmos.

Perangkat memiliki chipset Unisoc Tiger T618 yang dipasangkan dengan RAM 3 GB/ 4 GB dan penyimpanan internal hingga 128 GB.

Chip Unisoc tersebut membawa CPU berkonfigurasi dua core Cortex-A75 yang berjalan pada 2,0 GHz dan 6 core Cortex-A55 pada 1,8 GHz. CPU octa-core dipasangkan dengan GPU Mali-G52 MP2.

Samsung Galaxy Tab A8. (Samsung)
Samsung Galaxy Tab A8. (Samsung)

Perusahaan mengklaim bahwa performa chipset-nya lebih kencang 10 persen dibanding dapur pacu pada Samsung Galaxy Tab A7.

Terkait segmen yang diincar, perusahaan menjelaskan bahwa mereka menargetkan pengguna yang menyukai entertainment atau siswa untuk belajar online.

"Target kita adalah orang-orang yang suka entertainment pada umumnya. Kami juga menyasar calon konsumen yang membutuhkan perangkat untuk video conference. Targetnya merupakan orang-orang yang ingin membeli tablet untuk kebutuhan belajar," kata Annisa Maulina menambahkan.

Samsung Galaxy Tab A8 membawa baterai 7.040 mAh dengan dukungan fitur fast charging 15 W. Harga Samsung Galaxy Tab A8 dibanderol mulai dari Rp 2.999.000 untuk model W-Fi Only (3GB/32GB). Varian tertinggi atau versi LTE dapat dibeli dengan harga Rp 4.499.000 (4GB/128GB).

Berita Terkait