Gadget

Apa Kegunaan VPN? Inilah Penjelasan dan Manfaatnya, Tak Hanya Bypass Blokir

Ketahui apa kegunaan VPN dan manfaat yang bisa dirasakan.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi VPN. (Pixabay/ Stefan Coders)
Ilustrasi VPN. (Pixabay/ Stefan Coders)

Hitekno.com - Ketahui apa kegunaan VPN yang mulai ramai dipakai. Tidka ketinggalan penjelasan dan manfaat VPN yang bisa kamu rasakan.

Mungkin istilah VPN sudah tidak asing lagi bagi para pengguna smartphone. Namun sebelumnya kegunaan VPN lebih dulu dirasakan pengga PC dan laptop.

Bahkan adanya fitur VPN ini bisa digunakan untuk berbagai hal bahkan tak sedikit dari kalangan para gamers menggunakan VPN agar mereka bisa mendapatkan berbagai skin senjata, kendaraan, pakaian secara mudah bahkan terkadang ada yang bisa mendapatkan barang-barang langka yang biasanya harus ditebus dengan harga yang cukup mahal. 

Penjelasan VPN

VPN merupakan kepanjangan dari Virtual Private Network adalah layanan koneksi yang memberikan akses ke website secara aman (secure) dan pribadi (private) dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi. 

Dengan kata lain jaringan VPN maka koneksi internet yang dilakukan pakan secara langsung atau direct tanpa enskripsi. Sedangkan jika kalian menggunakan internet serta mengaktifkan VPN maka koneksi yang dilakukan dan dilewatkan terlebih dahulu melalui VPN server. 

VPN juga dikenal sebagai pihak perangkat ketika untuk menghubungkan anda dengan situs layanan online yang ada di internet.

Ilustrasi aplikasi VPN. (Pixabay)
Ilustrasi aplikasi VPN. (Pixabay)

Manfaat VPN

Berikut beberapa manfaat VPN yang bisa kalian rasakan:

1. ByPass

Kalian akan lebih mudah untuk mengakses berbagai situs karena VPN tidak membatasi secara geografi terhadap situs streaming atau video. Sekalipun di suatu negara bahwa situ streaming atau video tersebut berbahaya kita juga tetap bisa mengaksesnya.

2. Pengamanan data di jaringan

Memenuhi pertukaran data yang dilakukan melalui wi-fi atau jaringan yang tidak dapat dipercaya. Bahkan bisa kalian memanfaatkan ketika berada di jaringan publik seperti di cafe, bar dan sebagainya.

3. Mengamankan Informasi pribadi secara anonim

Bahkan ketika kalian mengakses suatu situs ada kemungkinan situs tersebut bisa mengakses data diri kalian dan dengan kalian menggunakan VPN maka akan menyembunyikan lokasi keberadaan kalian secara langsung atau realtime. 

4. Data di enkripsi

Ketika kalian telah melakukan pertukaran data antar situs aplikasi online maka data kalian akan dienkripsi. Sehingga ketika orang lain ingin mengakses hanya bisa melihat informasi yang sudah terenkripsi.

5. Enkripsi informasi perangkat

Manfaat selanjutnya yang bisa kalian dapatkan adalah orang lain kesulitan dalam mengidentifikasi perangkat yang telah kalian gunakan dan apa yang telah kalian lakukan pada HP atau perangkat tersebut.

Itulah beberapa penjelasan dan apa kegunaan VPN yang bisa dirasakan pengguna. Bukan sekadar bypass situs-situs yang diblokir.

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait