Gadget

Tidak Hanya Main Game, Begini Cara Memanfaatkan Gadget untuk Belajar

Ada banyak manfaat dari gadget untuk belajar, bukan hanya main game saja.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi main game di smartphone. (Pixabay)
Ilustrasi main game di smartphone. (Pixabay)

Hitekno.com - Tidak bisa dipungkiri saat ini gadget merupakan barang penting yang tak bisa lepas dari genggaman. Aktivitas sehari-hari jadi terbantu dengan kehadiran gadget. Tidak hanya berupa ponsel pintar saja, tetapi gadget juga meliputi kamera digital, laptop, tablet, komputer, pemutar musik, dan sebagainya.

Meski gadget memiliki banyak fitur yang bermanfaat, ternyata masih banyak orang yang belum menggunakannya dengan optimal. Kebanyakan orang  hanya menggunakan gadget canggihnya untuk bermain media sosial.

Supaya penggunaan gadget jadi semakin berfaedah, coba manfaatkan peranti elektronikmu dengan melakukan cara-cara di bawah ini. Apa saja itu?

1. Gunakan Kamera untuk Belajar Fotografi

Jangan hanya gunakan kamera digital-mu untuk selfie saja. Mulailah coba manfaatkan untuk berkarya, salah satu caranya adalah belajar fotografi.

Jika kamu belajar fotografi dengan serius, bukan tidak mungkin bisa menambah uang saku tambahan dengan menjadi fotografer lepas.

2. Mencoba Edit Video

Saat ini video editor adalah pekerjaan yang sedang banyak dibutuhkan dan penghasilannya cukup menjanjikan. Ditambah lagi dengan menjamurnya tren menjadi youtuber. Tidak ada salahnya memanfaatkan gadget canggihmu untuk belajar mengedit video.

Sudah banyak tersedia aplikasi edit video pada ponsel pintar atau komputer yang mudah digunakan oleh pemula. Bila dilakukan secara tekun, tidak hanya menghasilkan karya saja tetapi kamu juga bisa menambah pundi-pundi keuanganmu menjadi video editor profesional.

3. Unduh Aplikasi Bermanfaat

Kamu juga bisa mengunduh aplikasi bermanfaat lain dari gadget pintar dan canggih yang kamu miliki. Jangan hanya mengunduh game tembak-tembakan saja, tapi cobalah untuk mengunduh aplikasi yang bisa melatih ketangkasan berpikir seperti aplikasi game Sudoku, Elevate: Brain Training, hingga berbagai aplikasi belajar online agar kemampuan kognitifmu tidak menurun.

4. Mulai Belajar Desain

Desain menjadi salah satu kemampuan yang banyak dicari dan dibutuhkan selama beberapa tahun terakhir. Kemungkinan skill ini tetap akan digunakan selama bertahun-tahun ke depan. Oleh sebab itu, kembangkan potensi diri dengan belajar mendesain.

Gadget yang kamu miliki sekarang sudah menyediakan banyak fitur yang bisa mendukung penggunanya untuk belajar desain. Seperti tersedianya aplikasi desain gratis dan memiliki spek yang mumpuni untuk kebutuhan desain visual.

5. Memanfaatkan Gadget untuk Aransemen Lagu

Memiliki ketertarikan dengan musik? Selain mendengarkan deretan lagu favorit, kamu juga bisa memanfaatkan penggunaan gadget untuk membuat lagu sendiri tanpa perlu mahal-mahal menyewa studio rekaman.

Banyak sekali variasi aplikasi untuk membuat lagu dengan fitur-fitur yang lengkap dan bisa diunduh secara gratis. Kamu bisa mulai dengan melakukan remix pada lagu favoritmu. Selain itu, kamu juga dapat membuat musik dengan beat, loop, hingga berbagai gaya musik sesuai keinginan.

Itu dia lima cara jitu memanfaatkan gadget untuk belajar. Cobalah mempraktekannya demi memaksimalkan penggunaan gadget agar lebih berfaedah dan produktif. Semoga artikel ini bermanfaat!

Berita Terkait