Gadget

4 Tips Beli Set Top Box yang Aman, Jangan Sampai Salah!

Sebelum beli Set Top Box, mending baca tips ini dulu.

Agung Pratnyawan

Set Top Box TV digital. (Polytron)
Set Top Box TV digital. (Polytron)

Hitekno.com - Apakah televisi kamu sudah mendukung transisi siaran TV analog ke TV digital? Jika belum, salah satu alternatifnya adalah menggunakan Set Top Box (STB) untuk menangkap siaran dengan sinyal digital. Sebelum beli Set Top Box, alangkah baiknya simak beberapa tips berikut ini.

Sebagai diketahui, Set Top Box atau disebut juga STB merupakan yang dapat membuat TV analog mampu menangkap sinyal digital.

Pemerintah diketahui akan memindahkan siaran TV analog atau Analog Switch Off maksimal pada 22 November 2022.

Sebelum itu, para pengguna TV analog dapat menggunakan STB untuk menerima siaran TV digital. Sayangnya tidak semua televisi yang dimiliki masyarakat sudah mendukung sinyal digital.

Saat ini, berbagai produsen telah mengeluarkan STB untuk menunjang peralihan tersebut. Dengan banyaknya merek dagang yang beredar, kamu harus berhati-hati dalam membeli STB.

Berikut ini empat cara aman yang harus kamu tahu sebelum beli Set Top Box berdasarkan penjelasan Kementerian Kominfo dalam akun Instagramnya:

1. Sertifikasi Kominfo

Kamu harus memilih STB yang telah dilengkapi dengan sertifikat dari Kominfo agar STB bisa digunakan dan semua fitur siaran digital berfungsi optimal.

Tips Beli Set Top Box. (Kementrian Kominfo).
Tips Beli Set Top Box. (Kementerian Kominfo).

2. Sesuaikan kebutuhan

Banyak produsen telah merilis STB di pasaran saat ini. Setiap merek akan menawarkan harga dan fitur yang berbeda-beda.

Kamu harus pintar memilih STB yang tepat sesuai dengan kebutuhan pengguna.

3. Lihat review

Sebelum membeli, ada baiknya untuk melihat review yang beredar di internet. Pengguna harus mengetahui kelebihan dan kekurangan STB beserta fitur yang ditawarkan.

4. Bertanda khusus

STB yang aman digunakan memiliki tanda khusus di kemasan, seperti DVB-T2, keterangan Siap Digital, atau gambar MODI.

Perlu diketahui, STB juga memiliki nama lain seperti dekoder, receiver, converter, atau pengubah sinyal. Sehingga kamu tidak perlu bingung jika menemukan nama yang berbeda.

Dengan Set Top Box, kamu yang masih menggunakan TV analog akan tetap bisa menerima siaran digital. Pastikan untuk memilih Set Top Box berstandar DVB-T2.

Itulah tips beli Set Top Box untuk TV analog agar bisa menangkap siaran TV digital berdasarkan penjelasan akun Kementerian Kominfo. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait