Gadget

Cara Mengganti Password Wifi untuk Pemula, Ikuti Langkah Ini

Mudah dan lengkap, ini cara mengganti password Wifi.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi WiFi Modem. (Pixabay)
Ilustrasi WiFi Modem. (Pixabay)

Hitekno.com - Berikut ini mengulas bagaimana cara mengganti Password Wifi untuk kamu yang masih pemula. Mudah tinggal ikuti langkah-langkah yang dirangkum HiTekno.com.

Banyaknya pengguna yang mengakses internet dalam satu jaringan yang sama akan menyebabkan koneksi menjadi lebih lambat. Oleh karena itu apabila kamu sudah memasang wifi, jangan lupa untuk mengganti password WiFi kamu secara rutin ya!

Kamu bisa memiliki berbagai macam cara untuk mengganti password wifi secara berkala ini agar tidak sembarangan orang bisa mengakses internet dari jaringan wifi kamu.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih sekarang ini, membuat segala hal bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan mengandalkan internet dan salah satu perangkat tambahan yang paling populer digunakan oleh banyak orang saat ini agar tetap terhubung dengan jaringan internet adalah WiFi.

WiFi menawarkan kemudahan dalam pemakaiannya dengan harga yang cukup terjangkau. Gimana? apa kamu tertarik untuk pasang wifi?

Ilustrasi Router WiFi. (OpenClipart-Vectors)
Ilustrasi Router WiFi. (OpenClipart-Vectors)

Cara mengganti password wifi bisa kamu lakukan dengan mudah baik melalui HP ataupun PC, nah untuk memberikan perlindungan pada wifi kamu agar tidak sembarangan orang bisa mengaksesnya, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk cara mengganti password wifi:

  1. Akses alamat IP yang tercantum di bagian belakang router kamu atau kamu juga bisa membuka halaman konfigurasi router standar melalui 192.168.1.1 pada browser di perangkat yang terhubung dengan jaringan wifi tersebut
  2. Lalu login menggunakan username dan password administrasi router yang terdapat pada bagian belakang router
  3. Kemudian klik menu Network pada bagian kiri layar
  4. Selanjutnya cari menu Wireless atau WLAN
  5. Dan pilih menu Setting
  6. Lalu klik Security
  7. Kemudian masukkan kata sandi baru yang kamu inginkan pada kolom WPA Passphrase
  8. Setelah itu klik tombol Apply atau Save
  9. Selesai! Router akan melakukan proses perubahan kata sandi, dan apabila password wifi sudah berhasil diganti maka seluruh perangkat yang terhubung dengan jaringan wifi tersebut akan diputus jadi perangkat yang ingin terhubung kembali dengan jaringan wifi tersebut perlu memasukkan kembali password baru

Itulah beberapa langkah-langkah mudah yang bisa kamu lakukan apabila ingin mengetahui cara mengganti password wifi yang harus kamu lakukan secara berkala agar tidak sembarang orang bisa mengakses layanan internet dari wifi milik kamu. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait