Gadget

Tak Sesuai Jadwal, Perilisan Chipset Exynos 2200 Ditunda

Exynos 2200 diharapkan membawa performa ciamik di sektor gaming.

Rezza Dwi Rachmanta

Logo Samsung. (Samsung Newsroom)
Logo Samsung. (Samsung Newsroom)

Hitekno.com - Samsung diharapkan bakal merilis chipset premium terbaru pada 11 Januari 2022. Setelah melewati tanggal tersebut, kita masih belum menjumpai keberadaan chipset Exynos 2200.

Leaker populer Ice Universe menjelaskan bahwa peluncuran Exynos 2200 memang ditunda oleh perusahaan. Cuitan asli di Twitter mengenai tanggal perilisan 11 Januari juga telah dihapus oleh Samsung.

Sebagai informasi, Exynos 2100 diumumkan pada 12 Januari 2021. Dua hari kemudian, perusahaan merilis Samsung Galaxy S21.

Menurut informasi media dari Korea Selatan, perusahaan diyakini mengungkap Samsung Galaxy S22 series pada 8 Februari 2022.

Ini berarti masih ada waktu bagi Samsung untuk mengenalkan Exynos 2200 dalam rentang beberapa minggu ke depan. Mengutip GSMArena, perubahan jadwal mengindikasikan ada masalah tertentu yang dihadapi oleh perusahaan di balik layar.

Bocoran chipset Exynos 2200. (Twitter/ FrontTron)
Bocoran chipset Exynos 2200. (Twitter/ FrontTron)

"Samsung menunda perilisan Exynos 2200. Sejak tahun lalu, peluncuran Exynos tak terlalu mulus. Sebenarnya, Exynos 1200 awalnya direncanakan pada November, namun perusahaan membatalkannya di tengah jalan. Sepertinya banyak hal yang terjadi dalam tubuh Samsung, tetapi itu bukan hal yang baik," kata Ice Universe saat memberikan bocoran.

Teaser yang diunggah oleh Samsung pada Q4 2022 menunjukkan bahwa perusahaan menyiapkan kejutan terkait performa chipset di sektor gaming.

Perusahaan saat itu telah mengonfirmasi bahwa chipset anyar mereka akan diluncurkan pada "awal tahun depan". Samsung mengatakan bahwa mereka sedang mempersiapkan "hadiah kecil untuk penggemar yang suka bermain game".

Perilisan Exynos 2200 diharap menjadi peristiwa besar dalam industri grafis smartphone. GPU chipset bakal didasarkan pada arsitektur RDNA 2 dari AMD yang digunakan di APU, kartu grafis, dan (dalam bentuk yang dimodifikasi) pada konsol PlayStation 5 dan Xbox One Series.

Desain render Samsung Galaxy S22. (Twitter/ OnLeaks)
Desain render Samsung Galaxy S22. (Twitter/ OnLeaks)

Leaker @FrontTron membagikan bocoran Exynos 2200 yang menampakkan peningkatan kinerja signifikan dibanding generasi sebelumnya Exynos 2100.

Bocoran yang beredar mengklaim bahwa chipset menawarkan kinerja puncak yang meningkat 31-34 persen. Sementara kinerja berkelanjutan bakal naik 17-20 persen dibandingkan chipset sebelumnya.

Masih belum diketahui perbandingan langsung antara GPU Exynos 2200 dengan Adreno di dalam Snapdragon 8 Gen 1. Chipset baru ini akan dibangun di atas sistem fabrikasi FiNFET 4 nm dengan GPU seluler Radeon.

Mengingat Snapdragon 8 Gen 1 dan Dimensity 9000 sudah dikenalkan oleh kompetitor, cukup menarik menantikan Exynos 2200 di HP flagship Samsung.

Berita Terkait