Sharp Kembangkan Teknologi AI guna Meningkatkan Layanan Purna Jual

Layaknya customer service yang dikelola oleh manusia, SALLI juga dapat memberikan informasi mendetail mengenai layanan purna jual Sharp.

Agung Pratnyawan
Rabu, 29 Desember 2021 | 19:32 WIB
Layanan Artificial Intelligence SALLI Aktif Selama 24 Jam yang Dapat Diakses Via Whatsapp. (Sharp Indonesia)

Layanan Artificial Intelligence SALLI Aktif Selama 24 Jam yang Dapat Diakses Via Whatsapp. (Sharp Indonesia)

Hitekno.com - Sharp mengembangkan tekonologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk meningkatkan pelayanan mereka kepada pelanggan. Yakni dalam hal layanan purna jual yang lebih baik.

Sebagai diketahui, teknologi AI saat ini menjadi salah satu primadona yang digaungkan pada masa pandemi. Dianggap menjadi solusi, kehadirannya dapat menjawab permasalahan ruang dan waktu.

Haus akan perkembangan teknologi tercermin pada data Digital Economy Summit 2020 lalu,  dimana Indonesia menempati negara dengan nilai ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dengan pertumbuhan yang paling cepat.

Baca Juga: Sharp Novemberia, Gelaran Pameran Virtual Produk Terbaru

PT Sharp Electronics Indonesia yang tanggap pada kebutuhan masyarakat, secara resmi meluncurkan layanan service center berbasis sistem Artificial Intelligence di tahun 2021. Layanan yang dinamakan Sharp Artificial Intelligence Virtual Assistant (SALLI) berfungsi untuk memberikan layanan informasi 24 jam kepada konsumen.

"SALLI dapat diakses dengan menghubungi Whatsapp Bisnis Sharp pada nomor 0811 – 8205 – 666. Konsumen cukup mengirimkan chat, lalu SALLI akan merespon dengan mengirimkan jawaban berupa opsi layanan seperti purna jual, informasi mengenai program penjualan terkini, hingga layanan customer service", jelas Rita Sulistyani, Customer Care Center Head PT Sharp Electronics Indonesia.

Layanan SALLI dari Sharp Indonesia Dapat Dinikmati oleh Berbagai Device yang Terhubung dengan Whatsapp. (Sharp Indonesia)
Layanan SALLI dari Sharp Indonesia Dapat Dinikmati oleh Berbagai Device yang Terhubung dengan Whatsapp. (Sharp Indonesia)

Layaknya customer service yang dikelola oleh manusia, SALLI juga dapat memberikan informasi mendetail mengenai layanan purna jual seperti permintaan layanan service, informasi lokasi service center Sharp, hingga jadwal kunjungan teknisi.

Baca Juga: Terbaru, Sharp Car Air Purifier Meluncur di GIIAS 2021

Sistem dengan teknologi AI ini dapat mencatat pendataan konsumen, produk yang digunakan, kebutuhan purnajual yang dibutuhkan oleh konsumen.

"Hadirnya layanan ini menjadi jawaban dari kebutuhan konsumen yang kesulitan untuk meluangkan waktunya pada jam kerja. Respon instan dan pendataan yang akurat menjadi poin penting pada fitur ini, sehingga mengurangi kemungkinan kesalahan komunikasi", terang Rita. Menurutnya efisiensi tidak hanya dirasakan dari sisi konsumen saja, namun juga manajemen.

Mengadopsi sistem kecerdasan buatan ditengarai dapat mengurangi biaya operasional, baik dari segi teknis maupun non teknis. Alur kerja yang semakin ringkas dan sederhana juga membantu perusahaan untuk memberikan layanan prima bagi para konsumen.

Baca Juga: Sharp Earbuds HP-TW10, TWS yang Diklaim Punya Baterai Tahan Lama

Sejak awal peluncurannya layanan ini telah digunakan oleh lebih dari 30.000 pelanggan di Indonesia yang menanyakan beragam informasi seputar fitur, proses perbaikan produk dan titik layanan offline.

Guna memenuhi kebutuhan, Sharp Indonesia juga telah menyediakan layanan dalam bentuk digital, yang dapat diakses pada situs website, hotline, dan juga aplikasi Sharp.id.

"Layanan servis melalui digital ini memperkuat layanan purna jual yang sudah dimiliki Sharp sebelumnya yaitu dengan menghadirkan pusat perbaikan secara offline yang dapat dikunjungi konsumen di 24 kantor Service Center, 47 SHARP Direct Service Station (SDSS), 328 SHARP Authorized Service Station (SASS), dan 46 SHARP Service Representative (SSR) yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini tentunya di siapkan oleh Sharp Indonesia guna untuk memuaskan konsumen setianya di seluruh Indonesia agar selalu merasa aman dan nyaman saat menggunakan produk-produk Sharp," tutup Rita.

Baca Juga: Sharp Aquos Sense6 Bawa Layar Mewah, Ini Fitur-fitur Premiumnya

Berita Terkait

TERKINI

"Ayam goreng spec iOS," kata netizen lain.
gadget | 20:54 WIB
Laptop 2-in-1 ini dibekali dengan sistem operasi Windows dan chipset Snapdragon.
gadget | 20:44 WIB
Kendaraan masa depan ini diklaim ramah lingkungan karena hanya menghasilkan uap air.
gadget | 20:37 WIB
Pastinya aman dan mudah, gunakan salah satu dari tiga cara pakai 2 akun WhatsApp pada 1 HP ini.
gadget | 20:23 WIB
Seperti apa spesifikasi Samsung Galaxy Book3 Ultra, laptop 16 inci berlayar Dynamic AMOLED.
gadget | 20:11 WIB
Pemerintah AS sedang membuat kebijakan formal, Huawei rawan dijegal pakai lisensi.
gadget | 20:09 WIB
Page Break jadi fitur Microsoft Word yang cukup banyak dipakai. Bagaimana cara menghapusnya dengan rapi?
gadget | 19:04 WIB
Gunakan salah satu cara membuka HP yang lupa password ini, jangan buru-buru factory reset.
gadget | 18:56 WIB
Larangan ekspor mencakup berbagai produk teknologi seperti peralatan dan komponen semikonduktor, robot, generator listrik, bahan peledak, dan vaksin, serta peralatan inspeksi sinar-X dan peralatan eksplorasi gas.
gadget | 18:16 WIB
Adopsi terhadap teknologi digital dalam dunia bisnis telah berkembang pesat selama pandemi COVID-19.
gadget | 17:13 WIB
Pendapatan Intel juga dilaporkan menurun dibandingkan dengan tahun lalu dengan angka yang cukup signifikan.
gadget | 17:03 WIB
Samsung mengungkap bahwa Galaxy S23 didesain untuk lebih "memperhatikan Bumi".
gadget | 15:35 WIB
Berikut adalah daftar lengkap kode rahasia HP Samsung yang perlu kamu tahu untuk mengecek kondisi hardware dan software.
gadget | 14:34 WIB
Samsung Galaxy S23 Ultra membawa sensor 200 MP.
gadget | 14:07 WIB
Joe Biden siapkan sanksi baru yang lebih mencekik, padahal Huawei sedang mulai alami tren positif sejak disanksi oleh Amerika Serikat.
gadget | 12:34 WIB
Benarkah Snapdragon 8 Gen 2 milik Samsung Galaxy S23 ini unggul jauh dari 8 Gen 2 varian standar?
gadget | 11:38 WIB
Bikin galau, ini perbandingan antara Xiaomi 12 Lite dan Realme GT Master Edition yang perlu kamu tahu.
gadget | 11:11 WIB
Laptop bertampang premium ini hadir dengan sederet fitur ciamik, apa saja?
gadget | 10:22 WIB
Tampilkan lebih banyak