Gadget

5 Aplikasi Cek Kecepatan Internet, Akurat untuk Pengujian

Berikut ini ada rekomendasi aplikasi cek kecepatan internet yang bisa kamu gunakan, gratis!

Agung Pratnyawan

Aplikasi Cek Kecepatan Internet. (Google Play Store)
Aplikasi Cek Kecepatan Internet. (Google Play Store)

Hitekno.com - Aplikasi cek kecepatan internet sangat membantu kamu yang sering mengalami internet tidak stabil. Bagaimana tidak, selama pandemi ini banyak aktifitas belajar mengajar maupun bekerja yang dilakukan secara online. Oleh karena itu internet menjadi kebutuhan yang cukup penting saat ini.

Selain itu, cepat atau lambat koneksi internet juga menjadi pertimbangan tersendiri bagi penggunanya untuk menghindari kendala ketika mengakses. Kecepatan internet dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Internet yang bermasalah biasanya ditandai dengan koneksi lambat dan tidak bisa diakses.

Aplikasi cek kecepatan internet sekarang ini bisa kamu dapatkan di Play Store maupun App Store. Berikut rekomendasi aplikasi cek kecepatan internet yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Speedtest by Ookla

Speedtest by Ookla. (Google Play Store)
Speedtest by Ookla. (Google Play Store)

Speedtest by Ookla juga cocok untuk kamu yang ingin mengetahui resolusi ideal untuk streaming. Aplikasi cek kecepatan internet ini bakal memutar beberapa klip untuk melihat berapa resolusi maksimal yang bisa dicapai ketika streaming video.

Untuk bisa bekerja secara maksimal, Speedtest by Ookla nantinya bakal meminta akses lokasi dan lain-lain. Selain tes kecepatan, aplikasi ini juga menyediakan layanan VPN gratis dengan limit 2GB per bulannya.

2. Meteor: Speed Test

Meteor Speed Test. (Google Play Store)
Meteor Speed Test. (Google Play Store)

Meteor merupakan salah satu aplikasi cek kecepatan internet untuk mengetes internet baik pada Wifi, jaringan 3G, 4G maupun 5G. Tes bisa dilakukan dengan sangat cepat dalam hitungan detik, dan hasilkan yang ditampilkan sangat akurat.

Meteor punya fitur ekstra yang bakal menampilkan apakah aplikasi-aplikasi terpilih seperti Chrome, Maps dan Youtube bisa berjalan maksimal pada koneksi internet kamu.

3. Speedtest Master

Internet Speed Test Meter app. (Google Play Store)
Internet Speed Test Meter app. (Google Play Store)

Speedtest Master dibekali dengan beberapa fitur sampingan seperti pendeteksi jaringan Wi-Fi di sekitar dan tes kekuatan sinyal Wi-Fi. Untuk bisa bebas iklan dan menikmati fitur-fitur lainnya seperti tes kecepatan tanpa batas, kamu harus membeli versi premium-nya.

4. WiFi Router Master

WiFi Router Master. (Google Play Store)
WiFi Router Master. (Google Play Store)

Aplikasi cek kecepatan internet ini bisa digunakan untuk mengetes kecepatan internet, mengetahui siapa saja yang terkoneksi ke jaringan Wi-Fi kamu dan mengecek kekuatan sinyal. Sama seperti aplikasi dengan fungsi serupa, kamu juga bisa mengakses riwayat pengecekan dan informasi tambahan dari jaringan atau internet koneksi kamu.

5. Internet Speed Test Meter

SpeedTest Master. (Google Play Store)
SpeedTest Master. (Google Play Store)

Aplikasi cek kecepatan internet ini dilengkapi dengan UI sederhana dan mudah untuk menavigasikan. Sama seperti kebanyakan aplikasi cek kecepatan internet, ini juga memiliki opsi mode gelap bagi mereka yang membutuhkan.

Hasil dari pengetesan via aplikasi masih bisa tersimpan dan bisa dilihat pada tab riwayat. Internet Speed Test Meter juga punya versi premium yang memberi beberapa keuntungan seperti tidak adanya iklan dan akses tak terbatas ke pengecekan koneksi setiap harinya.

Itulah rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengukur kecepatan internet. Semua aplikasi di atas bisa langsung kamu unduh di Google Play Store maupun App Store secara gratis.

Gunakan salah satu aplikasi cek kecepatan internet di atas. Semoga bermanfaat! 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait