Gadget

Cara Membuat, Menambah, Menghapus dan Merapikan Tabel di Microsoft Word

Lengkap ini, cara membuat, menambah, menghapus dan merapikan tabel di Microsoft Word dengan mudah.

Agung Pratnyawan

Microsoft Word. (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Tabel terbilang sebagai salah satu fitur yang ada di Microsoft Word yang mudah untuk digunakan dan diterapkan pada setiap dokumen yang telah atau akan kita buat. Dengan menggunakan tabel, dokumen yang kita buat akan terlihat lebih rapi dan semakin mudah untuk dipahami oleh para pembacanya. Biasanya tabel digunakan untuk membuat spesifikasi suatu produk, membuat jadwal, membuat susunan anggaran dan lain-lain.

Bahkan hasil tabel yang dihasilkan di Microsoft Word memiliki tampilan yang sama dengan Microsoft Excel. Tabel yang dihasilkan di Microsoft Word juga terdapat kolom dan baris dengan ukuran yang sama.

Ketahui bagaimana cara membuat tabel di Microsoft Word, lengkap dengan fitur-fitur lainnya. Sepert menambah, menghapus, hingga merapikan tabel yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Lebih jelasnya berikut cara membuat, menambah, menghapus dan merapikan tabel di Microsoft Word, yuk kita simak langkah-langkahnya:

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word

  1. Bukalah aplikasi Microsoft Word yang ada di laptop atau PC kamu
  2. Kamu bisa menggunakan file yang telah kamu buat atau menggunakan file baru
  3. Selanjutnya kamu bisa mengklik menu "insert" yang ada di bagian alat biar atas yang sejajar dengan menu file, page layout, references dan lain-lain
  4. Setelah kamu klik menu insert maka akan muncul di kolom bawah nya beberapa pilihan carilah kolom "tabel"
  5. Lalu akan muncul menu pilihan pop-up atau mengambang, kamu bisa mengarahkan kursor atau menyoroti pada jumlah tabel kolom dan baris yang akan kamu butuhkan, pada tabel yang muncul warna kuning itulah tabel yang akan kamu pilih
  6. Setelah jumlah baris dan kolom sesuai dengan yang kamu butuhkan lalu klik pada mouse atau tap
  7. Maka secara otomatis tabel akan muncul di di halaman dokumen kamu
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Cara Merapikan Ukuran Tabel di Microsoft Word

Rupanya untuk ukuran setiap kolom dan baris pada tabel tersebut tidak rapi atau memiliki ukuran yang berbeda-beda. Namun kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan kamu, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan tabel telah muncul di halaman dokumen kamu
  2. Setelah itu arahkan kursor kamu hingga berada di tengah-tengah tabel tersebut
  3. Selanjutnya kamu bisa klik kanan maka akan muncul beberapa menu pilihan, kamu bisa memilih menu "tabel properties"
  4. Lalu kamu bisa memilih menu pilihan left, center and right dengan cara mengklik lalu sesuaikan dengan kebutuhan kamu sampai tabel tersebut terlihat rapi dan simetris
  5. Selain itu kamu juga bisa menggeser tabel tersebut secara keseluruhan dengan cara klik menu pilihan "tabel properties" > "move with text and allow overlap"
  6. Lalu matikan fitur dengan cara mengklik tanda centang yang ada hingga kolam tersebut tidak lagi terdapat icon centang, maka secara otomatis kamu bisa menggeser sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu

Cara Menambah dan Menghapus Tabel di Microsoft Word

Tidak menutup kemungkinan ketika kamu telah memutuskan untuk pemasukan beberapa jumlah kolom dan baris namun setelah selesai memasukkan atau membuat dokumen tersebut tak luput terkadang jumlah tabel tersebut lebih atau bahkan kurang. Tak perlu khawatir kamu bisa melakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

  1. Arahkan kursor kamu menuju area tabel yang ingin kamu hapus
  2. Kemudian kamu bisa mengklik kanan pada mouse kamu
  3. Lalu akan muncul beberapa menu pilihan secara pop-up atau, kemudian klik menu pilihan "Delete"
  4. Namun jika kamu ingin menambah kamu bisa mengklik secara acak di area tengah-tengah tabel lalu klik kanan
  5. Kemudian kamu pilih menu pilihan "Insert" untuk menambah tabel


Nah itulah beberapa cara membuat, menambah, menghapus dan merapikan tabel di Microsoft Word yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan sederhana. Terlihat sangat mudah bukan? Selamat mencoba semoga berhasil!

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait