Gadget

4 Cara Menyambungkan Wi-Fi ke Laptop

Berikut beberapa cara menyambungkan Wi-Fi ke laptop yang bisa kalian coba.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi pengguna laptop. (.ist)
Ilustrasi pengguna laptop. (.ist)

Hitekno.com - Kalian tengah kebingungan bagaimana cara menyambungkan Wi-Fi ke laptop kalian? Atau mungkin cara yang kalian terapkan untuk laptop lama dan laptop baru kalian saat ini berbeda? Berikut beberapa cara menyambungkan Wi-Fi ke laptop, yuk kita simak.

Fitur wi-fi saat ini hampir terpasang di setiap laptop. Bahkan dengan kita mendownload beberapa aplikasi pihak ketiga rupanya laptop kita juga bisa menjadi HotSpot layaknya Wi-Fi yang ada di sekitar kita. Namun fitur wi-fi untuk beberapa Windows rupanya memiliki cara yang berbeda untuk menyambungkannya. 

Dengan adanya fitur Wi-Fi ini yang ada di laptop kita secara otomatis akan mempermudah kinerja kita yang berhubungan dengan internet. Tidak hanya mempermudah untuk menunjang kinerja kita, internet juga bisa menjadi bahan hiburan. Berikut beberapa cara menyambungkan Wi-Fi ke laptop yang bisa kalian coba:

Cara Ke-1 Tombol Wi-Fi

Untuk beberapa variasi laptop rupanya terdapat fitur atau tombol khusus untuk menyambungkan Wi-Fi secara otomatis. Biasanya tombol wi-fi tersebut memiliki logo "pancaran sinyal".

Kalian bisa menekan tombol tersebut hingga lampu indikator tersebut hidup. Sedangkan untuk mematikan kalian juga hanya perlu menekan tombol tersebut hingga lampu indikator mati.

Cara Ke-2 Kombinasi dengan Tombol FN

Namun rupanya untuk beberapa laptop juga tidak tersedia tombol wi-fi secara khusus terkadang tombol function wi-fi ini terletak bersamaan dengan beberapa tombol F, dari F1 hingga F12.

Sebelum mengaktifkan wi-fi dengan tombol function tersebut carilahlah logo wi-fi yang tercepat di antara F1 hingga F12. Selanjutnya setelah ketemu, semisal logo wi-fi tersemat di tombol F9 kalian bisa menekan tombol secara bersamaan antara tombol FN + F9.

Rupanya kalian juga bisa mencoba untuk menekan tombol f9 dengan durasi beberapa detik hingga wi-fi hidup.

Ilustrasy Router Wi-fi. (HiTekno.com)
Ilustrasy Router Wi-fi. (HiTekno.com)

Cara Ke-3 Wi-fi di Windows 8

Rupanya Windows wi-fi untuk fitur wi-fi-nya tidak terdapat di area tombol melainkan kalian harus menyeting melalui fitur pengaturan atau setting, berikut langkah-langkahnya:

  1. Kalian bisa mengarahkan kursor yang ada di laptop kalian ke bagian kanan layar, 3 muncul charm bar
  2. Selanjutnya kalian pilih menu "setting"
  3. Lalu masuk ke opsi pilihan "change PC setting" > "network"
  4. Selanjutnya kalian akan diberikan beberapa pilihan kalian bisa memilih fitur "airplane mode" klik menu pilihan airplane tersebut hingga berwarna abu-abu
  5. Selanjutnya kalian pilih menu "wireless device" > lalu klik menu "wi-fi" hingga berubah menjadi warna biru.

Cara Ke-4 Wi-Fi di Windows 10

Rupanya sama halnya seperti pada Windows 8 pada Windows 10 juga untuk menyeting laptop kalian terhubung dengan wi-fi di sekitar kalian. Kalian bisa mengikuti langkah-langkah seperti dibawah ini:

  1. Geser lah kursor kalian ke layar paling bawah sebelah kanan
  2. Lalu akan muncul beberapa menu pilihan yang dilambangkan dengan ikon-ikon tertentu yang disebut dengan taskbar
  3. Jika menu pilihan airplane mode masih hidup atau berwarna biru matikanlah terlebih dahulu dengan mengklik menu tersebut hingga berubah berwarna abu-abu
  4. Setelah mode airplane mati kalian bisa klik menu icon wi-fi 3 berubah menjadi warna biru

 

Nah itulah beberapa cara menyambungkan wi-fi ke laptop yang bisa kalian coba agar laptop kalian tersambung dengan internet yang ada di sekitar kalian. Bahkan kalian juga bisa menyambungkan internet melalui hotspot yang ada di Smartphone kalian loh. Selamat mencoba semoga berhasil!

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait