Gadget

6 Cara Mengatasi Laptop Lemot, Kamu Bisa Melakukan Sendiri

Mengalami laptop lemot, cek beberapa tips ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi pengguna laptop. (Pixabay)
Ilustrasi pengguna laptop. (Pixabay)

Hitekno.com - Laptop kalian dirasa sangat lemot untuk mengerjakan berbagai hal? Terkadang kalian tidak tahu hal apa yang membuat laptop kalian terasa sangat berat untuk mengerjakan hal-hal yang simple. Jangan khawatir! Ini dia cara mengatasi laptop lemot.

Rupanya beberapa orang tidak mengetahui spesifikasi laptopnya secara rinci. Terkadang para pengguna laptop menginstal berbagai aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop yang mereka miliki dan secara otomatis hal ini akan membuat laptop semakin lemot.

Selain itu kalian juga banyak menginstal aplikasi yang tidak digunakan kan dan secara terus-menerus hal ini akan membuat laptop kalian juga lemot loh.

Apalagi jika RAM kalian kecil dan tanpa kalian sadari jika kalian menginstal satu aplikasi saja namun ternyata aplikasi tersebut memakan ruang penyimpanan yang cukup besar dan secara otomatis langsung membuat kalian lemot parah.

Kalian bingung bagaimana mengatasinya? Berikut cara mengatasi laptop lemot, yuk kita simak:

1. Reset ulang Windows

Microsoft Windows 10. (Amazon)
Microsoft Windows 10. (Amazon)

Sistem operasi menjadi salah satu hal yang sangat mempengaruhi kinerja laptop kalian apalagi jika laptop kalian sudah lama digunakan tentu akan mempengaruhi baik hardware maupun softwarenya.

Hal yang bisa kalian rasakan adalah terjadi error bahkan crash, ketika hal ini telah terjadi disarankan kalian untuk mereset ulang Windows kalian. Untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa mengganti Windows ke OS lain yang lebih enteng salah satunya Linux. 

2. RAM

Ilustrasi RAM laptop. (Pixabay)
Ilustrasi RAM laptop. (Pixabay)

Beberapa laptop bisa di-upgrade di bagian penyimpanan RAM-nya agar kinerja nya semakin gesit. Namun sebelum kalian mengupgrade atau menambah kapasitas RAM, kalian harus memperhatikan spesifikasi laptop kalian bisa menampung RAM maksimal berapa GB ya.

Menambah RAM akan membantu laptop lemot kamu ketika harus menjalankan beberapa aplikasi bersamaan.

3. Kurangi penggunaan aplikasi bersamaan

Ilustrasi laptop. (Pixabay)
Ilustrasi laptop. (Pixabay)

RAM sebagai salah satu penyimpanan untuk melakukan aktivitas aplikasi yang telah dijalankan. Rupanya orang juga bisa mengalami kepenuhan dan walhasil laptop kalian akan terasa lemot.

Kalian bisa mengantisipasi hal tersebut dengan cara menggunakan aplikasi sesedikit mungkin dan segera menutup beberapa aplikasi yang tidak digunakan lagi.

4. Aplikasi sesuai spesifikasi laptop

Laptop Nokia PureBook S14. (Nokia)
Laptop Windows 11. (Nokia)

Meskipun kita ingin memiliki beberapa aplikasi yang kekinian namun terkadang kita kurang menelusuri lebih dalam bagaimana karakteristik dari aplikasi yang akan kita install tersebut.

Salah satunya pada penggunaan ruangan penyimpanan yang melebihi kapasitas RAM laptop kalian, selain itu aplikasi tersebut tidak support di laptop kalian karena laptop kalian memiliki OS yang kurang tinggi dan membuat laptop kalian akan terasa sangat lemot.

5. Gunakan Antivirus

Logo Windows Defender. (Microsoft)
Logo Windows Defender. (Microsoft)

Meskipun tak terlihat kita namun bisa merasakan ketika laptop mulai terkena berbagai virus dan hal ini akan membuat kinerja laptop kita menjadi berat meskipun kita tidak membuka aplikasi apapun.

Kalian bisa menginstal aplikasi antivirus yang terpercaya dan menggunakannya secara berkala agar bisa membuang virus virus yang mulai bermunculan.

Namun ingat, cukup satu antivirus saja yang diinstal karena akan membebani laptop lemot kamu. Kamu juga bisa mengandalkan Windows Defender sebagai bawaan Windows jika tidak ingin menginstal antivirus pihak ketiga.

6. Gunakan cooling pad

Laptop cooler Notepal X3. (Cooler Master)
Laptop cooler Notepal X3. (Cooler Master)

Pada dasarnya chip akan menurunkan performanya ketika mencapai suhu tinggi, begitu juga prosesor yang digunakan pada laptop. Membuat suhu laptop dan komponen lain tetap rendah akan menjaga performanya.

Maka secara otomatis laptop kalian akan mengalami overheat atau panas berlebih dan membuat laptop kalian menjadi lemot. Jika tidak memungkinkan untuk melakukan pengistirahatan kalian bisa menambahkan cooling pad atau kipas tambahan untuk mengontrol suhu laptop kalian berada di ambang normal.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa kalian lakukan agar laptop kalian terasa lebih lega untuk menjalankan aktivitas harian kalian. Semoga bermanfaat.

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait