Gadget

2 Cara Convert PDF ke Doc, Mudah Pakai Metode Ini

Gunakan cara convert PDF ke Doc ini, mudah kok.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi file PDF. (Pixabay)
Ilustrasi file PDF. (Pixabay)

Hitekno.com - Berikut ini cara convert pdf ke doc agar dokumen menjadi lebih mudah untuk diedit. Ada berbagai macam format file yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dokumen kamu.

Apabila dokumen yang kamu butuhkan berupa file atau tulisan maka format yang bisa kamu pilih adalah format doc, format doc bisa kamu temukan apabila kamu menggunakan program Microsoft Word versi lama yaitu sampai pada Microsoft Word 2003.

Namun jika dokumen yang kamu butuhkan merupakan dokumen digital maka format yang bisa kamu gunakan yaitu format PDF. Format file berupa PDF sering dijadikan pilihan sebagai format penyimpanan dokumen yang dinilai lebih aman dan bisa dibuka di perangkat apapun dengan tampilan yang sama.

Namun file dengan format PDF yang sudah tersimpan tidak bisa diedit kembali sehingga apabila kamu ingin melakukan proses pengeditan pada dokumen tersebut kamu harus mengubahnya menjadi file doc supaya lebih mudah diakses.

Gimana? Kamu punya file PDF yang ingin diedit? Tenang saja ya, Inilah cara convert pdf ke doc yang bisa kamu lakukan dengan mudah :

1. Cara convert pdf ke doc menggunakan Adobe Acrobat PRO

Adobe Acrobat Pro. (Adobe)
Adobe Acrobat Pro. (Adobe)

Adobe Acrobat adalah perangkat lunak pertama yang mendukung Portable Document Format atau PDF milik Adobe Systems, sejenis format data dokumen. Kamu juga bisa dengan mudah menggunakan Adobe Acrobat PRO untuk kepentingan kamu convert pdf ke doc.

Berikut adalah langkah-langkah untuk cara convert pdf ke doc :

  • Jalankan aplikasi Adobe Acrobat PRO
  • Setelah itu buka file PDF yang ingin kamu convert menjadi Word
  • Kemudian klik File
  • Lalu pilih opsi Save As Other
  • Dan klik Microsoft Word
  • Selanjutnya pilih Word Document (untuk format .docx) atau Word 97-2003 (Ms Word versi 2003 ke bawah dengan format .doc) sesuai dengan kebutuhan dokumen kamu
  • Selesai! Maka dalam sekejap, file PDF milik kamu tadi sudah berubah menjadi file doc

2. Cara convert pdf ke doc menggunakan pdf2doc

 

Cara convert pdf ke doc juga bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan berbagai situs yang menyediakan layanan convert PDF ke doc. Salah satu situs yang bisa kamu kunjungi adalah adalah pdf2doc.

Pdf2doc adalah sebuah situs yang bisa membantu kamu untuk mengubah format dokumen PDF menjadi format dokumen doc sesuai dengan keinginan kamu melalui online secara gratis.

Situs Pengubah PDF menjadi DOC online ini mengubah dokumen PDF ke format Microsoft Word DOC dengan cara convert pdf ke doc berikut ini :

  • Buka situs pdf2doc di https://pdf2doc.com/id/  melalui browser kamu
  • Setelah masuk ke situs web pdf2doc, maka kamu bisa langsung memilih opsi PDF to Doc atau PDF to Docx sesuai dengan jenis dokumen yang kamu butuhkan
  • Setelah memilih opsi PDF to Doc untuk melakukan proses convert pdf ke doc, klik tab UNGGAH FILE untuk memilih file PDF yang ingin kamu ubah menjadi doc
  • Kemudian pilih file PDF yang ingin kamu ubah menjadi doc dan klik ok untuk langsung mengunggah file PDF tersebut ke dalam situs pdf2doc agar file PDF bisa langsung diproses convert pdf ke doc. Pada tahap ini kamu bisa sekalian mengunggah beberapa file PDF sekaligus
  • Setelah file PDF yang ingin diubah formatnya selesai di unggah, file tersebut bisa diunduh kembali setelah proses convert selesai. Untuk mengunduh file, kamu bisa memilih opsi download yang akan muncul setelah proses konversasi selesai
  • Apabila sebelumnya kamu mengunggah beberapa file PDF secara sekaligus, kamu bisa mengunduh file yang selesai di konversasi secara sekaligus juga dengan memilih opsi download all. File ini nantinya akan terunduh ke dalam perangkat kamu dalam sebuah file ZIP

Itulah cara convert pdf ke doc yang bisa kamu lakukan dengan praktis. Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi ya apabila harus menyelesaikan tugas yang memerlukan convert file! Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait