Gadget

5 Aplikasi Convert Word ke PDF untuk PC

Tinggal pilih saja salah satu dari aplikasi convert Word ke PDF untuk PC berikut ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi file pdf. (Pixabay)
Ilustrasi file pdf. (Pixabay)

Hitekno.com - Inilah aplikasi convert Word ke PDF untuk PC yang bisa kamu gunakan untuk merubah dokumen Word kamu menjadi dokumen dalam format PDF agar lebih mudah untuk dibagikan.

Tiba-tiba butuh file PDF namun file yang kamu miliki dalam format file Word? Kalau gitu kamu perlu melakukan convert Word ke PDF ya. Tenang saja sekarang ini sudah banyak aplikasi convert Word ke PDF untuk PC yang bisa kamu install loh.

PDF atau Portable Document Format adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems untuk keperluan pertukaran dokumen digital.

Kelebihan utama dari file PDF adalah memiliki sifat yang fleksibel jadi dokumen yang kamu buat dalam format file PDF bisa dibuka di PC manapun tanpa adanya perubahan pada data atau isinya.

Tidak seperti dokumen Word yang bisa tiba-tiba berantakan saat dipindahkan ke PC lain padahal pada PC kita sebelumnya file tersebut tersusun rapi. Nah apabila kamu ingin merubah dokumen Word kamu menjadi dokumen dalam format PDF.

Ilustrasi PDF. (Pixabay/ Clker-Free-Vector-Images)
Ilustrasi PDF. (Pixabay/ Clker-Free-Vector-Images)

Berikut ini aplikasi convert Word ke PDF untuk PC yang bisa kamu install :

1. Nitro Pro

Nitro Pro merupakan salah satu aplikasi convert Word ke PDF untuk PC yang paling kompatibel saat dibuka melalui perangkat apa pun. Aplikasi Nitro Pro ini hadir untuk membuat transfer file dari satu perangkat ke perangkat lain lebih mudah dan lebih cepat.

Saat mengubah dokumen ke PDF, Nitro Pro menawarkan beberapa fitur menarik yang bisa kamu gunakan dalam mengedit. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengubah font, gaya dan menyesuaikan dokumen sebelum memperlihatkan hasilnya.

2. DoPDF

DoPDF merupakan aplikasi convert Word ke PDF untuk PC yang bisa mengubah atau convert dokumen apapun setelah itu bisa langsung di print ke file PDF, entah itu file berupa teks, gambar atau lainnya. Aplikasi DoPDF ini dirancang untuk melakukan proses konversi sederhana dari dokumen yang dapat dicetak ke file PDF standar.

Kamu bisa memilih untuk menginstall aplikasi ini sebagai add-in untuk Microsoft Office atau menonaktifkan opsi ini dan memilih untuk menggunakan aplikasi ini sebagai driver printer virtual.

3. WPS PDF to Word Converter

WPS PDF to Word Converter adalah aplikasi convert Word ke PDF untuk PC dari pengembang WPS Office. WPS PDF to Word Converter sangat mudah digunakan kamu cukup seret file Word yang ingin kamu ubah menjadi PDF ke layar utama aplikasi dan pilih format ekspornya setelah itu tinggal klik Start.

Karena ini adalah aplikasi desktop, WPS PDF to Word Converter terasa lebih cepat daripada aplikasi lainnya dan bisa memproses file dalam mode batch (banyak file sekaligus). Versi gratis dari aplikasi ini bisa mengonversi PDF hingga lima halaman.

4. PDF24 Creator

Aplikasi convert Word ke PDF untuk PC ini merupakan aplikasi yang gratis. PDF24 Creator bisa mengubah dokumen Word ke PDF dengan mudah, kamu hanya tinggal mengunduh aplikasinya terlebih dahulu dan menginstalnya di PC kamu. Selain itu aplikasi ini juga menginstal printer virtual di PC kamu.

Jadi ketika kamu memberikan perintah untuk cetak dari dokumen Word, kamu bisa memilih PDF24 sebagai printer dari daftar printer. Saat mengklik tombol Print, kotak dialog baru akan terbuka dan di sini kamu bisa mengatur parameter seperti kualitas dan lain-lain.

Klik tombol Save as PDF untuk menyimpan file dalam format PDF di lokasi penyimpanan yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menggunakan fitur pratinjau sebelum menyimpan file final PDF.

5. 7-PDF Maker

Aplikasi convert Word ke PDF untuk PC ini adalah alat khusus Windows untuk mengubah DOCX ke PDF dan mendukung lebih dari 80 format file tanpa memerlukan driver printer. 7-PDF Maker bisa menghasilkan file PDF yang diindeks dari file Word dan pada saat yang sama mempertahankan hyperlink dari referensi di file asli.

Untuk membantu kamu agar bisa mengubah dokumen Word lebih cepat, aplikasi ini dilengkapi fitur integrasi Shell Windows Explorer untuk proses konversi satu klik.

Tersedia juga versi baris perintah dan sangat berguna untuk memfasilitasi konversi batch. Selain converter Word ke PDF offline, aplikasi ini juga memiliki penampil PDF untuk membantu melihat pratinjau file PDF yang dikonversi.

7-PDF Maker juga mempunyai versi portabel yang bisa dibawa dalam drive USB. Versi portabel tersebut bisa menyimpan file Word ke PDF di PC tanpa perlu menginstal program.

Itulah aplikasi convert Word ke PDF untuk PC yang bisa kamu install, jadi disaat kamu membutuhkan file PDF secara tiba-tiba kamu tidak kebingungan lagi. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait