Gadget

Jadi Sasaran Hacker, Fitur Kesukaan Pengguna Android Ini Kena Sindir Apple

Craig Federighi menyebut bahwa fitur sideloading di Android ini menjadi sasaran hacker melancarkan aksinya.

Amelia Prisilia

Logo Apple. (Pexels/Duophenom)
Logo Apple. (Pexels/Duophenom)

Hitekno.com - Petinggi Apple, Craig Federighi belum lama ini menyampaikan sindirannya untuk salah satu fitur kesukaan pengguna Android yaitu sideloading. Menurut SVP Apple, fitur Android ini rupanya kerap kali menjadi sasaran hacker.

Fitur sideloading yang ada di Android ini memungkinkan penggunanya untuk bisa melakukan install aplikasi yang berasal dari luar layanan resmi Google yaitu Google Play Store.

Dilansir dari BGR, Craig Federighi menyebut bahwa fitur sideloading di Android ini menjadi sasaran hacker melancarkan aksinya. SPV Apple ini mengaku tidak bisa membayangkan jika fitur tersebut ada di perangkat iPhone.

Menurutnya, jika sideloading yang menjadi sasaran hacker ini ada di iOS dan iPhone, maka kemungkinan akan terjadi gold rush pada industri malware perangkat tersebut.

''Sideloading adalah sahabat hacker dan jika sampai tersedia di iPhone maka akan ada gold rush di industri malware'' jelas Craig Federighi.

Ilustrasi Android 11. (Shutterstock)
Ilustrasi Android 11. (Shutterstock)

Craig Federighi mengakui bahwa keamanan iOS dan iPhone mungkin akan sangat terancam jika fitur sideloading ini dikenalkan. Dirinya berharap agar fitur ini tidak akan diperkenalkan karena akan membuka pintu masuk untuk malware berbahaya.

Disampaikan oleh Craig Federighi, fitur kesukaan pengguna Android ini membuat ada 5 juta serangan per bulan yang muncul di perangkat yang menggunakan fitur sidelane.

Sayangnya, Craig Federighi sama sekali tidak menutup kemungkinan jika suatu saat nanti, Apple memutuskan untuk mendatangkan fitur kesukaan pengguna Android ini di iPhone maupun iOS.

Pasalnya, tidak dapat dipungkiri, banyak pengguna iOS dan iPhone yang tertarik dengan fitur sideloading yang ada di perangkat-perangkat Android ini.

Berita Terkait