Gadget

Apa Itu NFC, Lengkap dengan Kegunaanya

Ketahui apa itu NFC dan kegunaannya.

Agung Pratnyawan

Redmi Note 8T dengan NFC. (Xiaomi)
Redmi Note 8T dengan NFC. (Xiaomi)

Hitekno.com - Inilah pengertian dari apa itu NFC dan kegunaannya yang harus kamu ketahui. Mungkin diantara kamu masih ada yang asing ya mendengar NFC?

NFC atau Near field communication merupakan bentuk komunikasi nirkabel jarak pendek dimana antena yang digunakan lebih pendek daripada gelombang sinyal operator.

Dengan kata lain apa itu NFC, yakni fitur yang berguna untuk transfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya tanpa menggunakan kabel.

NFC bekerja dengan saling mendekatkan dua perangkat, jadi satu perangkat akan bertindak sebagai transmitter dan perangkat lainnya akan bertindak sebagai penangkap sinyal.

Tentu saja kedua perangkat tersebut harus saling terhubung dengan NFC. Agar kedua perangkat dengan NFC bisa saling berkomunikasi, maka kedua perangkat tersebut harus berada dalam jarak yang cukup dekat, yaitu tidak lebih dari 10 cm.

Keunggulan dari NFC yaitu sebagai teknologi yang bisa membuka berbagai bentuk komunikasi dan transaksi dengan cara yang sangat nyaman untuk kamu gunakan. Perangkat yang telah menggunakan teknologi NFC diantaranya adalah smartphone.

Walaupun NFC nyaman saat digunakan namun sebaiknya kamu jangan lupa untuk nonaktifkan NFC ketika sudah selesai digunakan, selain bisa menghemat baterai menonaktifkan NFC juga bermanfaat untuk menghindari risiko keamanan data di smartphone kamu.

Fitur NFC pada Vivo Y53s. (Vivo Indonesia)
Fitur NFC pada Vivo Y53s. (Vivo Indonesia)

Fungsi NFC pada smartphone cukup beragam dan sangat bermanfaat. Mulai dari kebutuhan transaksi keuangan hingga transfer file, semuanya bisa kamu lakukan dengan bantuan teknologi yang satu ini.

Banyak kegunaan NFC yang wajib kamu manfaatkan karena sangat berfungsi dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya yaitu :

1. NFC Tag

NFC Tag merupakan sebuah tag atau stiker kecil yang mengandung chip NFC. Kelebihan NFC Tag yaitu kamu tidak perlu aplikasi tambahan seperti QR Code.

Kamu cukup menempelkan smartphone kamu ke tag tersebut untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. NFC Tag digunakan di beberapa sektor seperti pada toko-toko maupun perusahaan untuk menunjukkan detail harga dan barang serta menandai lokasi.

2. Transfer File

Kegunaan NFC yang berikutnya adalah kamu bisa mengirim nomor telepon, gambar, dokumen, aplikasi dan lain sebagainya dengan cepat dan mudah.

Untuk mentransfer file yang ada di smartphone kamu ke smartphone lainnya, kamu hanya perlu menempelkan kedua smartphone tersebut. Namun, selain smartphone kamu yang punya NFC, smartphone lainnya pun juga harus mempunyai fitur NFC ini ya.

3. Pembayaran Melalui Smartphone

Kamu harus mengunduh dan memasang Google Pay terlebih dahulu untuk melakukan pembayaran melalui smartphone yang memiliki NFC.

Setelah memasang aplikasinya maka kamu harus pastikan detail pembayaran yang kamu lakukan disimpan, kemudian arahkan smartphone kamu di dekat alat pindai pembayaran dan tekan opsi pilihan Bayar untuk membayar.

Kamu bisa melakukan pembayaran dengan menekan bagian belakang smartphone kamu dengan perangkat apa pun yang memiliki logo pembayaran. Contoh nya seperti: mesin scan pembayaran atau tiket transportasi umum, dan lainnya.

4. Akses Informasi Smart Card

Kegunaan NFC yang berikutnya yaitu memiliki kemampuan membaca data, termasuk smart card yang semakin banyak jenisnya. Jadi kamu bisa cek sekaligus mengisi saldo untuk e-Money ataupun kartu e-Toll.

Caranya pun sangat mudah dan praktis. Kamu cukup menempelkan kartu ke bagian belakang smartphone, lalu isi saldo sesuai yang kamu inginkan.

Setelah itu perangkat kamu akan mendeteksi secara otomatis dan menyarankan aplikasi apa yang bisa kamu gunakan untuk mengakses informasi kartu tersebut.

5. Mengisi Daya Smartphone

Pada beberapa smartphone yang dilengkapi teknologi NFC bisa kamu gunakan untuk mengisi daya smartphone kamu, tentu saja dengan menggunakan wireless charger ya.

Namun tenang saja, apabila smartphone kamu belum dilengkapi dengan fitur NFC kamu bisa menambahkan perangkat wireless charging receiver dengan harga yang cukup terjangkau.

Itulah yang harus kamu ketahui apa itu NFC dan kegunaannya sehingga kamu bisa memanfaatkan fitur NFC tersebut secara optimal. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait