Gadget

Pengertian Apa Itu NFC, Cara Pakai dan Fungsinya

Ketahui apa itu NFC dan fungsinya.

Agung Pratnyawan

Redmi Note 8T dengan NFC. (Xiaomi)
Redmi Note 8T dengan NFC. (Xiaomi)

Hitekno.com - Apakah saat ini kamu sedang mencari informasi tentang NFC dan kegunaannya? jika iya, maka kamu sedang berada di halaman yang tepat. Apa itu NFC dan bagaimana fungsinya?

Belakangan ini fitur NFC menjadi bahan perbincangan pencinta telepon pintar tanah air. Apalagi setelah smartphone flagship belakangan ini menyematkan fitur tersebut pada produk buatannya.

Apa itu NFC dan fungsinya? Secara singkat, NFC adalah suatu fitur protokol komunikasi jarak pendek yang membuat dua alat elektronik bisa tersambung dan bertukar data satu sama lain.

NFC mendukung aplikasi pembayaran digital secara nirkontak (contactless) seperti Samsung Pay atau Apple Pay.

Fitur NFC membutuhkan dua perangkat yang masing-masing kompatibel, satu bertindak sebagai transmitter dan satu penangkap sinyal.

Cara kerja dan cara pakai

Untuk menggunakan fitur NFC, maka dibutuhkan dua perangkat yang sama-sama kompatibel. Misalnya saja si A ingin mengirim uang kepada si B.

Maka kedua perangkat harus mengaktifkan fitur NFC masing-masing. Kemudian, si A sebagai yang bertindak akan mengirim uang secara otomatis kepada si B dengan menempelkan kedua perangkat.

Jika kamu tidak asing dengan cara kerja WiFi, Bluetooth, atau Infrared, maka seperti itulah kerja NFC. Hanya, fitur yang satu ini memugkinkan kamu mengirim apapun: aplikasi, membayar belajaan, tiket kereta, dan sebagainya.

Untuk mengetahui apakah smartphone-mu memiliki fitur NFC atau tidak, silahkan cek di menu Settings > Wireless & Networks. Kamu bisa melihat ada menu NFC jika smartphone-mu memilikinya. 

Lalu bagaimana cara pakainya? mudah saja. Baik NFC di smartphone Samsung, Xiaomi, Oppo hingga Xiaomi semua memiliki cara kerja yang sama.

Misalnya saja ketika kamu ingin mengirim uang melalui e-Money, maka kamu hanya perlu menempelkannya di belakang HP dan akan terdekteksi secara otomatis.

Fitur NFC pada Vivo Y53s. (Vivo Indonesia)
Fitur NFC pada Vivo Y53s. (Vivo Indonesia)

Fungsi NFC

Setelah mengetahui pengertian dan cara kerja NFC, informasi selanjutnya yang perlu kamu tahu adalah fungsi NFC.

Setidaknya, fitur yang satu ini memiliki tujuh fungsi utama yang bisa membantuk aktivitas kamu menjadi lebih mudah.

  1. Memudahkan perangkat terkoneksi dengan WIfi.
  2. Memudahkan pemindahan data ke komputer.
  3. Memudahkan melakukan pembayaran non cash.
  4. Memudahkan mengirim nomor telepon.
  5. Mengirim data ke sesama telepon lebi mudah.
  6. Mengirim aplikasi.
  7. Bisa menjalankan aplikasi di perangkat lain.

 

Itulah pegertian apa itu NFC, cara kerja dan fungsinya yang perlu kamu tahu. Jadi, mau move on ke smartphone NFC atau tidak nih?

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait