Gadget

4 Aplikasi Scan QR Code dan Barcode di Android Gratis

Cek rekomendasi QR bot aplikasi scan QR code yang bisa baca barcode juga.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi QR code. (Pixabay)
Ilustrasi QR code. (Pixabay)

Hitekno.com - Cari aplikasi scan QR code yang bisa diandalkan? Di era digital seperti sekarang ini, kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya QR Code. QR code adalah teknologi praktis yang semakin banyak digunakan di era serba digital ini dan telah menjadi penting. Namun masih banyak orang yang menganggap QR code sama dengan Barcode.

Walau masih berupa konfigurasi kode dan pengembangan pendahulunya barcode, kedua kode ini mempunyai perbedaan dari segi bentuk serta penggunaannya.

QR code sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. QR code dinilai lebih praktis dibanding barcode karena mampu menyimpan lebih banyak data. QR code terdiri dari titik-titik hitam dan spasi putih yang disusun dalam bentuk kotak, dan setiap elemennya memiliki makna tersendiri.

Proses scan QR Code tidak memerlukan alat khusus seperti scan barcode. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi di smartphone kamu untuk proses scan QR Code. Aplikasi scan QR code ini bisa kamu unduh secara gratis di Play Store ataupun App Store.

Berikut aplikasi scan QR code yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. NeoReader

Aplikasi scan QR code - NeoReader. (Google Play Store)
Aplikasi scan QR code - NeoReader. (Google Play Store)

NeoReader merupakan aplikasi scan QR code universal yang bisa memindai semua jenis barcode standar, seperti Kode QR Data, Matrix, EAN, Kode Aztec, UPC, PDF417, dan Kode 128. Aplikasi scan QR code ini dianggap sebagai pemain papan atas di antara aplikasi pemindai Kode QR terbaik untuk Android dan iPhone.

Aplikasi scan QR code ini dapat mendeteksi tipe barcode secara otomatis juga memindai Kode QR dari segala arah. Pengguna bisa membuat Kode QR sendiri dan membagikannya menggunakan SMS, email, Twitter atau Facebook. NeoReader menyimpan riwayat pemindaian Kode QR untuk referensi di masa mendatang.

NeoReader mendukung pemindaian memakai kamera depan dan belakang. Untuk URL eksternal, aplikasi mengkonfirmasi situs web sebelum mengunjungi situs tersebut. Aplikasi scan QR code ini mudah sekali untuk digunakan. Satu klik dan pengguna akan diarahkan ke halaman web khusus.

2. QR & Barcode Scanner

Aplikasi scan QR code - QR & Barcode Scanner. (Google Play Store)
Aplikasi scan QR code - QR & Barcode Scanner. (Google Play Store)

Aplikasi scan QR code ini merupakan aplikasi pemindaian barcode lainnya yang memungkinkan pengguna untuk bisa mendapatkan hasil pemindaian dengan cepat. Tak hanya bisa mengungkap detail kode, aplikasi ini juga dapat mengarahkan pengguna ke halaman web, lokasi, detail Wi-Fi, juga informasi produk yang lengkap.

Ada juga elemen belanja yang menempel pada aplikasi ini. Ketika pengguna memindai barcode produk, aplikasi ini bisa menunjukkan harga online langsung dari beberapa pengecer untuk membantu pengguna menentukan pilihan. Selain itu, QR & Barcode Scanner juga bisa membantu pengguna menghemat banyak uang melalui belanja online.

Aplikasi scan QR code ini memiliki fungsionalitas yang sederhana. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi, mengarahkan kamera ke kode, dan hanya itu saja. Pengguna juga bisa mengecek riwayat pemindaian agar dengan cepat bisa kembali ke barang yang telah dipindai sebelumnya. Yang terbaik dari aplikasi ini adalah tidak berbayar alias gratis untuk diunduh, tapi ada iklannya.

3. Barcode Scanner Pro

Aplikasi scan QR code - Barcode Scanner Pro. (Google Play Store)
Aplikasi scan QR code - Barcode Scanner Pro. (Google Play Store)

Aplikasi scan QR code ini merupakan aplikasi pemindai barcode sederhana yang dilengkapi dengan metode pemindaian profesional. Barcode Scanner Pro memberikan info produk secara detail tanpa meninggalkan layar kamera. Barcode Scanner Pro bisa memindai hampir semua barcode atau Kode QR yang ditampilkan, sehingga membuat aplikasi ini cukup baik secara keseluruhan.

Selain itu, pengguna juga bisa membuat Kode QR mereka sendiri untuk dibagikan kepada teman atau keluarga mereka. Meskipun tampak seperti fitur yang relatif sederhana, tidak banyak aplikasi yang mendukung fitur seperti ini.

Terdapat halaman pengaturan yang memungkinkan pengguna memindai hanya jenis barcode atau Kode QR tertentu. Aplikasi scan QR code ini tersedia di Play Store tapi disisipi dengan iklan.

4. QR bot

Aplikasi scan QR code - QR bot. (Google Play Store)
Aplikasi scan QR code - QR bot. (Google Play Store)

QR bot hadir dengan desain yang sangat bagus, yang sebenarnya bukan ciri utama dari kebanyakan aplikasi yang serupa. Aplikasi scan QR code ini juga mendukung bermacam jenis barcode. QRbot bisa menghasilkan barcode, dan di bagian depan desain, aplikasi ini menggabungkan warna biru tua dan putih. 

Itulah rekomendasi aplikasi scan QR code yang bisa kamu gunakan untuk beragam keperluan.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait