Gadget

Cara Membuat QR Code dari HP, Nggak Sampai 5 Menit

Cukup dengan HP saja, ini cara membuat QR code.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi QR code. (Pixabay)
Ilustrasi QR code. (Pixabay)

Hitekno.com - Dengan adanya perkembangan teknologi, cara membuat QR code kini juga semakin mudah. Bahkan, kamu bisa membuatnya hanya dengan berbekal HP kentang sekalipun.

Sebelum sampai ke cara-cara untuk membuat QR Code, pertama-tama kita berkenalan dahulu dengan apa itu QR Code.

Menurut The Verge, QR Code merupakan singkatan dari Quick Response Code. Yang mana, QR code ini merupakan kode yang dipindai (scan) dalam dua dimensi, yaitu vertikal dan horizontal.

Jika dilihat dari definisi tersebut maka sebenarnya QR Code adalah perkembangan dari barcode.

Apabila barcode hanya bisa dipindai dalam satu dimensi, QR Code punya dua dimensi yang bisa di manfaatkan.

Cara kerja QR Code ini hampir mirip dengan barcode. Pertama tentun saja kamu hanya perlu memiliki HPyang telah dilengkapi dengan aplikasi pembaca kode QR dan akses internet GPRS, WiFi atau 3G.

Apabila semua hal yang dibutuhkan tersebut sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah kamu perlu mengaktifkan program pemindai QR code.

Scan sebuah kode QR dengan kamera smartphone kamu, maka secara otomatis kamu akan dialihkan ke website yang berisi informasi mengenai barang yang kamu scan tadi.

Ilustrasi QR code. (Pixabay)
Ilustrasi QR code. (Pixabay)

Nah, jika kamu sedang mencari cara membuat QR Code dari HP dengan mudah dan cepat, tim Hitekno.com telah merangkum beberapa langkahnya.

Pertama adalah jika HP kamu adalah iOs. Kamu hanya perlu mengunduh sebuah aplikasi pembuat QR Code bernama QR Reader, kemudian lakukan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka aplikasi QR Reader dan klik ikon panah ke bawah di bagian sudut kanan atas layar
  2. Klik ikon QR code di bagian bawah
  3. Tekan tombol tambah (+) di bagian sudut kiri atas, untuk memulai proses pembuatan QR code
  4. Pilih salah satu jenis QR code yang tersedia, apabila kamu ingin menggunakan QR code yang mengarah pada media sosial Twitter, maka kamu bisa memilih opsi “Profil Twitter”
  5. Setelah itu, masukkan beberapa informasi yang ingin kamu masukkan terkait Twitter, termasuk nama akun pengguna, lalu klik Create di bagian sudut kanan atas
  6. Kemudian, QR code akan dibuat dan muncul di daftar QR code khusus yang pengguna buat
  7. Jika QR code sudah dibuat, pengguna bisa langsung melihat pratinjau-nya, melakukan perubahan nama atau langsung membagikannya dengan orang lain.

Jika HP kamu adalah Android, maka aplikasi yang perlu kamu unduh adalah QR Code Generator:

  1. Buka aplikasi QR Code Generator yang sudah diunduh
  2. Setelah itu, klik Text di bagian atas untuk memilih jenis QR code yang akan dibuat
  3. Pilih salah satu jenis QR code yang tersedia, apabila kamu ingin menggunakan QR code yang mengarah ke email, maka kamu bisa memilih opsi “Email”
  4. Jika opsi email sudah dipilih, selanjutnya kamu bisa langsung memasukkan alamat email, lalu klik Generate di bagian sudut kanan atas
  5. Kemudian, QR code akan dibuat dan pengguna akan diberikan beberapa opsi, seperti menyimpan gambar QR code atau langsung membagikannya dengan orang lain.

Itulah cara membuat QR Code dari HP dengan mudah, nggak sampai lima menit kan?

Kontributor: Lestari nan Damai

Berita Terkait