Gadget

Tablet Nokia T20 Resmi Rilis, Usung Layar 2K dengan Harga Rp 3 Jutaan

Harga tablet Nokia T20 dibanderol cukup bersaing di kelasnya.

Rezza Dwi Rachmanta

Tablet Nokia T20. (Nokia)
Tablet Nokia T20. (Nokia)

Hitekno.com - Setelah serangkaian teaser dan bocoran, tablet Nokia T20 anyar akhirnya dikenalkan ke publik. Tablet ini mengusung spesifikasi menarik dengan harga terjangkau.

Sebagai informasi, Nokia N1 merupakan tablet Nokia terakhir yang meluncur pada November 2014. Setelah penantian panjang selama tujuh tahun, perusahaan akhirnya merilis Nokia T20 dengan banderol harga terjangkau.

Perangkat juga termasuk tablet Android Nokia pertama di bawah naungan HMD Global. Bodi bagian belakang nampak familiar mengingat perusahaan mendesainnya seperti bodi pada perangkat seluler Nokia.

Tablet Nokia anyar mengusung layar 10,4 inci dengan resolusi 2K (1200 x 2000) dan rasio aspek 5:3. Nokia T20 ditenagai Unisoc T610, sebuah chipset octa-core berkonfigurasi dua core Cortex-A75 (1.8 GHz) dan enam core Cortex-A55 (1.8 GHz).

Perangkat memiliki RAM 4 GB dan memori internal 64 GB yang dapat diperluas hingga 512 GB melalui slot microSD. Terdapat sensor kamera 5 MP di bagian depan yang diposisikan pada bezel bagian atas dalam posisi landscape. Perusahaan turut menyediakan sensor kamera 8 MP dan flash LED di bagian belakang.

Tablet Nokia T20. (Nokia)
Tablet Nokia T20. (Nokia)

Dilansir dari Gizmochina, Nokia T20 mempunyai speaker stereo dengan amplifier yang kuat, radio FM, dan teknologi OZO Audio khas perusahaan. Nokia tak menyediakan sensor sidik jari, namun pengguna dapat memanfaatkan fitur Face Unlock.

Tablet Nokia ini dibekali baterai jumbo 8.200 mAh yang dipasangkan dengan fitur fast charging 18 W. Perusahaan mengklaim bahwa tablet anyar mereka bisa digunakan untuk memutar film selama 10 jam atau browsing web hingga 15 jam dalam satu kali pengisian daya.

Tablet Nokia T20. (Nokia)
Tablet Nokia T20. (Nokia)

Nokia T20 menjalankan sistem operasi Android 11 yang dilengkapi Google Kids Space dan Google Entertainment Space. Perusahaan berkomitmen memberikan update 2 tahun peningkatan OS sehingga perangkat dapat mencicipi Android 12 dan Android 13 dalam beberapa waktu mendatang.

Bagian belakang dilapisi aluminium dengan lapisan sandblasted di mana perangkat juga memiliki sertifikasi IP52. Harga tablet Nokia T20 dibanderol sebesar 200 poundsterling atau Rp 3,9 juta untuk versi 4G yang memiliki slot kartu Nano SIM.

Tablet Nokia T20 model Wi-Fi Only dibanderol sebesar 180 poundsterling atau Rp 3,5 juta. Perangkat dikenalkan untuk pasar Inggris, Eropa, dan Amerika Serikat. Masih belum diketahui ketersediaan tablet Nokia secara global, termasuk ke Indonesia.

Berita Terkait