Gadget

Android 12 Resmi Rilis, Bawa Peningkatan Apa Saja?

Android 12 membawa sejumlah peningkatan yang membuatnya bekerja jauh lebih baik.

Amelia Prisilia

Android 12. (Google)
Android 12. (Google)

Hitekno.com - Setelah lama dinanti, akhirnya Google secara resmi merilis Android 12 sebagai sistem operasi anyarnya. Hadir sebagai penerus Android 11, peningkatan apa saja yang dibawa oleh Android 12?

Dalam perilisannya, Google menyebut jika Android 12 akan tersedia untuk deretan HP dari merek kenamaan, Samsung, OnePlus, Oppo, Realme, Tecno, Vivo dan Xiaomi yang bekerja dengan dukungan Android.

Dilansir dari GSM Arena, Android 12 membawa sejumlah peningkatan yang membuatnya bekerja jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Android 11 yang dirilis sebelumnya.

Pada Android 12, pengguna akan mendapat pengaturan privasi yang dapat diatur pada menu Settings. Fitur ini sama seperti milik iOS yang memungkinkan penggunanya untuk mempertimbangkan beberapa hal sebelum memberikan akses pada aplikasi.

Selain itu, Android 12 juga membawa perubahan pada indikator mikrofon dan kamera. Pemberitahuan pembacaan clipboard serta efek overscroll baru serta layar splash anyar untuk menguji animasi baru.

Android 12. (Google)
Android 12. (Google)

Peningkatan lainnya pada Android 12 adalah perubahan keygen seperti algoritma kriptografi BouncyCastle yang tidak lagi digunakan nantinya di sistem operasi anyar Google ini.

Walaupun sudah memastikan jika Android 12 akan tersedia untuk sejumlah merek HP Android di atas, Google rupanya masih butuh waktu sebelum memutuskan untuk menyematkan Android 12 pada perangkat Google Pixel.

Usai resmi rilis dan diperkenalkan, Google memastikan jika Android 12 akan resmi meluncur di deretan perangkat Android tersebut pada akhir tahun 2021 mendatang sebagai pengganti Android 11.

Berita Terkait