Gadget

Cara Mengganti Password WiFi Mudah dan Aman

Mudah, ini cara mengganti password WiFi.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi WiFi Modem. (Pixabay)
Ilustrasi WiFi Modem. (Pixabay)

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara mengganti password WiFi untuk mengamankan jaringan internet kamu dari orang-orang lain untuk menggunakannya.

Keberadaan jaringan wireless dengan router WiFi sudah tidak asing lagi. Kita bisa menemukan WiFi di berbagai tempat, bahkan di rumah. Sudah banyak rumah-rumah yang memasang WiFi karena dianggap lebih efektif dan murah.

Untuk menggunakannya, jaringan nirkabel biasanya dilindungi dengan Wireless Protected Access (WPA) yang mensyaratkan password.

Kata kunci untuk jaringan WiFi ini bisa diubah sesuka hati oleh pemilik jaringan. Caranya adalah dengan mengakses menu manajemen router lewat browser.

Cara mengganti password WiFi sebenarnya mudah tetapi banyak pengguna internet yang tidak mengetahuinya. Padahal pengetahuan ini diperlukan baik bagi pengguna WiFi di rumah, perkantoran, maupun cafe.

Cara mengganti password WiFi bisa dilakukan melalui PC, laptop, maupun smartphone. Selama perangkat tersebut dapat mengakses browser apapun, misalnya Google Chrome.

Berikut cara mengganti password WiFi yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Ilustrasi Router WiFi. (OpenClipart-Vectors)
Ilustrasi Router WiFi. (OpenClipart-Vectors)

Cara Mengganti Password WiFi dengan Mudah dan Cepat

  • Pastikan perangkat tersambung dengan jaringan WiFi yang akan diganti passwordnya. Bila ternyata tersambung dengan jaringan lain maka pengguna tidak akan bisa mengganti passwordnya.
  • Ketik alamat 192.168.1.1. pada kolom URL browser yang ada pada laptop atau handphone. Cara mengganti password WiFi setelahnya tekan enter pengguna akan masuk ke tampilan muka pengaturan router.
  • Masukkan username dan password pada kolom yang tersedia. Untuk mode default atau belum pernah diganti sebelumnya, masukkan saja ‘user’ pada username dan password. Beberapa jenis router biasanya menggunakan ‘admin’ untuk username dan password default.
  • Cara mengganti password WiFi setelah itu masuk, klik pilihan ‘Network’ pada sebelah kiri. Kemudian akan muncul beberapa pilihan.
  • Pilih ‘Security’ yang terletak di bawah  ‘Network’.
  • Masukkan password baru pada kolom 'WPA Passphrase' di bagian tengah layar. Password WiFi minimal delapan karakter dan maksimal 63 karakter.
  • Disarankan untuk membuat password WiFi yang terdiri dari kombinasi angka, huruf besar, dan huruf kecil. Sebab kombinasi tersebut lebih kuat dan anti dibobol. Selain itu, password WiFi jangan pakai kata-kata atau frasa yang mudah diketahui orang.
  • Cara mengganti password WiFi terakhir, klik save. Password baru akan tersimpan dan mulai bisa digunakan. Bila langkah ini terlewat, maka password baru tidak akan tersimpan. Proses mengganti password pun harus diulangi dari awal lagi.

Cara mengganti password WiFi lewat ponsel

  • Cara mengganti password WiFi yang pertama, pastikan smartphone atau tablet yang kamu gunakan sudah terhubung ke jaringan WiFi.
  • Buka browser lewat perangkat kamu, lalu masukkan alamat IP router (Contoh: 192.168.0.1.) di kolom URL. Alamat IP default dari router ini bisa berbeda-beda tergantung merek.
  • Cara mengganti password WiFi setelah memasukkan alamat IP router, kamu akan disambut beranda menu manajemen yang berisi kolom username dan password admin. Jika belum diubah, kamu bisa memasukkan nama dan kata kunci admin dari label keterangan router.
  • Setelah masuk ke menu manajemen router, cari setelan Wireless Network. Istilah setting ini bisa berbeda-beda antar router, tapi biasanya berada di bagian "wireless".
  • Di sini kamu akan menemukan kolom password. Silakan masukkan kata sandi baru yang dikehendaki.
  • Cara mengganti password WiFi, silahkan isi kata sandi baru pada kolom "Wireless Password".
  • Jika password sudah diubah, silahkan tekan tombol "Save" untuk mulai menerapkan password baru.
  • Secara otomatis, jaringan WiFi kamu sudah aktif kembali dengan password baru.

Mengganti password WiFi secara berkala cukup penting untuk sejumlah alasan. Misalnya, saat ada orang lain yang mengetahui password WiFi serta menggunakannya tanpa izin. Terkadang ada juga tetangga yang ikut mengakses koneksi internet tanpa ikut membayar tagihan internet.

Demikian cara mengganti password WiFi dengan mudah dan cepat. Ubah password WiFi secara berkala untuk mencegah orang tanpa ijin memakai akses internet kamu.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait