Gadget

Lihat Mesin Absensi Fingerprint Unik Ini, Disebut Tiada Duanya di Dunia

Kok bisa bikin mesin absensi fingerprint unik dari benda ini?

Agung Pratnyawan

Lihat mesin absensi fingerprint unik ini. (TikTok)
Lihat mesin absensi fingerprint unik ini. (TikTok)

Hitekno.com - Jika kamu seorang karyawan di sebuah perusahaan atau instansi pemerintah, maka kamu akan mengenal apa itu fingerprint. Meskin absensi otomatis dengan teknologi fingerprint.

Fingerprint merupakan sebuah alat abseni otomatis. Seorang hanya perlu menempelkan sidik jarinya ke mesin fingerprint tersebut ketika datang dan pergi dari kantor.

Dengan melakukan hal tersebut, maka nama kamu sudah tercatat ke dalam sistem sebagai karyawan yang datang ke perusahaan.

Biasanya, mesin fingerprint berbentuk kotak memanjang dengan sensor berwarna di tengahnya. Sensor inilah yang nantinya akan membaca sidik jari kamu.

Namun video mesein absensi dengan fingerprint yang diunggah oleh akun TikTok @Mr.L ini punya desain yang tidak biasa dan justru membuat ngakak.

Alih-alih menggunakan mesin fingerprint pada umumnya, sebuah konter HP yang dikabarkan berlokasi di daerah Condet itu memasang HP Xiaomi sebagai alat fingerprint mereka.

"Fingerprint absen Andreas Cell," bunyi keterangan di atas HP Xiaomi yang dipasang ke dinding menggunakan selotip tersebut.

Lihat mesin absensi fingerprint unik ini. (TikTok)
Lihat mesin absensi fingerprint unik ini. (TikTok)

Tentu saja netizen dibuat ngakak, sebab smartphone yang dipakai adalah Xiaomi dengan fitur fingerprint di belakangnya. Kalau dilihat dari bentuknya, itu adalah Xiaomi Redmi 3.

Kolom komentar postingan tersebut pun ramai diserbu netizen. Ada yang mengatakan  jika ide tersebut terlalu jenius dan dipastikan mesin fingerprint itu tiada duanya di dunia.

Namun tak sedikit pula yang menyangsikan fingerprint pakai HP Xiaomi tersebut. Sebab jika memang demikian, HP tentu harus terus menerus dialiri daya atau di charge.

"Ada aja bercandanya, kalau beneran mah pasti sambil dicharge. Kalau gak dicharge kayak gitu cuma bisa dipakai sehari palingan," tulis netizen.

"Kalau beneran biasa buat absen, itu konter bukan cuma jago service tapi nuga jago programing," timbal lainnya.

Akan tetapi kebanyakan netizen justru bertanya tentang aplikasi apa yang digunakan oleh pemilik konter supaya bisa memanfaatkan HP menjadi mesin fingerprint.

"Spill caranya, ada aplikasi khusus kah?" tanya netizen lain.

Sementara MR.L selaku orang yang mengunggah video viral di media tersebut mengatakan jika dia akan kembali ke konter tersebut untuk meminta informasi lebih lanjut dari sang pemilik.

"Kalau rame, besok gue ke sana lagi, gue tanyain ke abangnya kenapa bisa gitu," tulisnya.

Itulah video viral di media sosial, penampakan mesin absensi fingerprint unik yang memanfaatkan HP Xiaomi.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait