Gadget

Redmi Note 10 Tak Dibekali Fingerprint In-Display, Mengapa?

Meski membawa layar AMOLED, Redmi Note 10 series justru memiliki sensor sidik jari di bagian samping.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Redmi Note 10 Pro. (Xiaomi India)
Redmi Note 10 Pro. (Xiaomi India)

Hitekno.com - Redmi Note 10 series siap dikenalkan ke Indonesia pada malam hari ini (30/03/2021). Salah satu kesamaan dari Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro adalah kedua perangkat sama-sama tak mengusung fitur fingerprint in-display.

Padahal kedua HP baru ini sudah dibekali dengan layar AMOLED. Pada konferensi virtual pre-launch Redmi Note 10 series, Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, menjelaskan mengenai mengapa perangkat baru mereka tak didukung fingerprint in-display.

Sebagai informasi, perusahaan memang tak memasang sensor sidik jari pada layar AMOLED-nya.

Mereka memilih menetapkan sensor sidik jari di bagian samping. Menanggapi hal ini Alvin Tse menegaskan bahwa itu ada hubungannya dengan desain ergonomis dan kenyamanan pengguna.

Ia seolah menyiratkan bahwa apabila fitur fingerprint in-display dipasang, maka itu akan memberikan biaya tambahan yang pastinya akan mengerek harga Redmi Note 10.

Layar Redmi Note 10. (Xiaomi India)
Layar Redmi Note 10. (Xiaomi India)

 

Secara bertahap, apabila teknologi ini tak bersinggungan dengan "money control", mereka akan mengadopsinya pada perangkat terjangkau Xiaomi dengan layar AMOLED.

"Bukan berarti side fingerprint ini tidak baik. Kita mencoba membawa keeleganan pada Redmi Note 10 series melalui side arc fingerprint. Pada saat pengguna memegang smartphone akan lebih ergonomis dan nyaman ketika ada side fingerprint. Step by step ke depan, ketika harga bisa dikontrol kita akan menggunakan teknologi itu pada seri ini," kata Alvin Tse kepada media.

Sebagai informasi, Redmi Note 10 dibekali layar Super AMOLED 6,43 inci beresolusi 1080 x 2400 piksel.

Layar Redmi Note 10 Pro Max. (Xiaomi India)
Layar Redmi Note 10 Pro. (Xiaomi India)

 

Sementara varian Redmi Note 10 Pro membawa layar yang lebih besar yaitu AMOLED 6,67 inci. Beberapa fitur layar pada Redmi Note 10 Pro adalah refresh rate 120 Hz, HDR10, kecerahan 450 hingga 1200 nits, dan perlindungan Corning Gorilla Glass 5.

Alvin Tse juga menjelaskan bahwa varian Pro nantinya akan dibekali fitur konektivitas NFC. Lebih lanjut, mereka membenamkan fitur Adaptive Sync yang diklaim dapat menghemat daya pada smartphone.

Fitur tersebut memungkinkan layar untuk menyesuaikan refresh rate sesuai dengan beban aplikasi yang dijalankan.

Ketika mengoperasikan game berat, maka layar bisa menerapkan refresh rate yang lebih tinggi dan apabila menjalankan aplikasi ringan maka refresh rate dapat berubah lebih rendah. Fitur-fitur serta harga Xiaomi Redmi Note 10 series akan diungkapkan malam nanti melalui channel YouTube perusahaan.

Berita Terkait