Gadget

Cara Kalibrasi Baterai HP, Beguna untuk Cek Kesehatannya

Mudah, kamu bisa mengikuti cara kalibrasi baterai HP ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi charger smartphone. (Pixabay)
Ilustrasi charger smartphone. (Pixabay)

Hitekno.com - Berikut ini cara kalibrasi baterai HP yang bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah tanpa perlu datang ke service centre HP kamu. 

Kalibrasi baterai adalah proses untuk mengkondisikan ulang baterai seperti saat masih baru dan membuat sistem operasi bisa membaca kapasitas baterai seperti seharusnya.

Baterai merupakan salah satu komponen utama sebuah HP dan baterai yang digunakan oleh HP bisa diisi ulang. Masa pakai baterai HP akan terus berkurang apabila HP tersebut digunakan terlalu berlebihan setiap harinya.

Kalibrasi baterai HP ini tidak harus dilakukan secara rutin atau berkala apabila HP kamu dalam keadaan baik-baik saja dan berjalan normal.

Mungkin kamu masih bingung apakah perlu melakukan kalibrasi baterai HP? Ya, kalibrasi baterai HP sangat diperlukan untuk mengembalikan tingkat akurasi pembacaan level baterai.

Tingkat akurasi pembacaan level baterai berkurang hanya sedikit, namun jika terus menerus dibiarkan maka akan semakin berkurang keakuratannya.

Ada beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk melakukan kalibrasi baterai hp yaitu tanpa akses root ( idak menggunakan aplikasi) atau dengan cara menginstall aplikasi tambahan (pada sebagian aplikasi biasanya memerlukan akses root). 

Ilustrasi baterai smartphone. (Pixabay/ Shabaz khan)
Ilustrasi baterai smartphone. (Pixabay/ Shabaz khan)

Cara kalibrasi baterai HP tanpa memerlukan akses root atau tanpa aplikasi ini bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menggunakan HP kamu sampai baterainya benar-benar habis
  2. Saat baterai HP benar-benar habis, sambungkan kabel charger dan biarkan proses pengisian daya HP berjalan sampai selesai hingga menunjukkan angka 100%
  3. Setelah baterai penuh 100%, kembali nyalakan HP kamu
  4. Lalu cek status baterainya jika sudah benar-benar full 100%, gunakan lagi HP kamu sampai baterainya benar-benar habis lagi dan HP mati sendiri
  5. Lakukan proses pengisian daya baterai lagi sampai penuh 100% seperti sebelumnya
  6. Kalau sudah selesai, nyalakan kembali HP kamu
  7. Selesai! Sekarang status baterai HP kamu akan menyesuaikan dan menyetel ulang secara otomatis

Cara kalibrasi baterai HP tersebut bisa kamu lakukan secara manual tanpa bantuan aplikasi tambahan. Namun cara kalibrasi baterai HP ini memakan waktu yang lebih lama.

Saat ini telah tersedia beragam jenis aplikasi tambahan yang bisa kamu install untuk melakukan kalibrasi baterai HP tapi apabila kamu menginstall aplikasi tambahan biasanya aplikasi tersebut hanya bisa digunakan untuk HP yang sudah dalam keadaan root. 

Root adalah sebuah proses untuk mengizinkan pengguna HP, tablet, dan perangkat lain yang berjalan pada sistem operasi Android untuk mendapatkan kontrol yang lebih tinggi pada berbagai subsistem Android.

Ilustrasi Baterai. (GSM Arena)
Ilustrasi Baterai. (GSM Arena)

Berikut ini cara kalibrasi baterai HP dengan menginstall aplikasi tambahan yaitu Aplikasi Battery Calibration untuk HP root :

  1. Gunakan HP kamu sampai kehabisan baterai dan mati dengan sendirinya
  2. Lakukan pengisian daya baterai tanpa menghidupkan HP dan biarkan baterai HP terisi penuh hingga 100%
  3. Setelah baterai terisi 100% cabut HP dari pengisi daya
  4. Hidupkan HP kamu
  5. Selanjutnya install aplikasi Battery Calibration. Sebelum menjalankan aplikasi, pastikan baterai HP kamu penuh 100%
  6. Buka aplikasi Battery Calibration tadi dan klik tab Calibrate untuk melakukan kalibrasi baterai HP kamu
  7. Tunggu sampai proses kalibrasi baterai selesai, Maka secara otomatis HP kamu sudah terkalibrasi

Itulah beberapa cara kalibrasi baterai HP yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Cara kalibrasi baterai HP bisa kamu lakukan apabila HP kamu mengalami masalah seperti HP tiba-tiba mati, HP dicas tapi persentase malah berkurang, atau saat baterai HP cepat habis. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait