Kiat Aman Agar Baterai HP Awet dari Oppo Reno5

Pentingnya baterai HP yang harus dijaga kondisinya.

Agung Pratnyawan
Selasa, 23 Maret 2021 | 07:30 WIB
Oppo Reno5. (Oppo Indonesia)

Oppo Reno5. (Oppo Indonesia)

Hitekno.com - Baterai jadi bagian penting dari sebuah ponsel cerdas yang harus dijaga demi kelancaran penggunaaanya. Bagaimana caranya menjaga agar baterai HP awet, berikut tips dari Oppo Reno5.

Smartphone masa kini kebanyakan tidak lagi menggunakan baterai yang terpisah atau bisa dilepas-pasang. Karena baterainya telah terpasang di dalam bodi HP, maka kebanyakan konsumen mencari smartphone dengan baterai berkapasitas besar.

Apalagi kini adanya teknologi fast charging atau pengisian daya cepat membuat penggunanya semakin lekat dengan gawainya. Namun karena tidak adanya baterai HP yang dapat diganti berarti pada akhirnya sel lithium-ion yang ada di ponsel lama kelamaan akan menua dan memburuk.

Baca Juga: Rilis Edisi Spesial, Oppo Bocorkan Desain Oppo Reno5

Kapasitas baterai pasti menurun seiring dengan bertambahnya usia pemakaian ponsel. Namun, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk memperpanjang umur baterai dan handset. Berikut beberapa kiat yang terbukti secara ilmiah untuk memaksimalkan masa pakai baterai ponsel.

Salah satu mitos baterai yang sangat kuat adalah bahwa kamu perlu sekali-sekali mengosongkan dan mengisi ulang untuk menghapus "memori baterai". Hal ini sebenarnya salah kaprah jika diterapkan pada baterai berjenis lithium-ion. Pengisian daya sebagian saat kapasitas baterai lithium-ion tinggal sepertiga sebenarnya memiliki beberapa manfaat positif untuk umur panjang sel.

Saat hampir kosong, baterai Li-ion menarik arus konstan dan beroperasi pada tegangan yang lebih rendah. Tegangan ini berangsur-angsur meningkat saat sel mengisi, mendatar sekitar 70 persen muatan sebelum arus mulai turun hingga kapasitas penuh.

Baca Juga: 4 Ide Kesuruan yang Bisa Dilakukan dengan Oppo Reno5 5G

Berdasar riset Battery University, mengisi daya ponsel dalam kisaran 30 hingga 80 persen itu membuat voltase lebih rendah dan memperpanjang masa pakai baterai. Isi ulang daya meski hanya sedikit tapi teratur jauh lebih baik untuk baterai Li-ion daripada siklus pengisian penuh yang lama. Apalagi kini rata-rata smartphone modern memiliki teknologi baterai yang hemat daya.

Oppo Reno5 5G. (Oppo Indonesia)
Oppo Reno5 5G. (Oppo Indonesia)

Sebagai contoh, Oppo Reno5 yang memiliki baterai berkapasitas 4310mAh apabila di-charge selama 5 menit maka mampu untuk memutar video selama 3 jam. Sementara untuk mengisi daya penuh 100%, maka kamu hanya perlu menyetrum Oppo Reno5 selama 48 menit, sebagaimana diukur dalam tes yang dilakukan oleh Oppo.

Sementara pada Oppo Reno5 5G, kapasitas baterainya lebih tinggi lagi yakni 65W SuperVOOC 2.0. Baterai ini cukup ampuh saat disetrum selama 5 menit bisa memberikan daya untuk penggunaan selama 4 jam.

Baca Juga: Unggulkan Fitur AI Highlight Video, Oppo Reno5 5G Dirilis di Indonesia

Waktu pengisian sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada kondisi spesifik perangkat atau perbedaan individu, seperti suhu lingkungan atau penurunan kinerja setelah penggunaan baterai. Berdasarkan pengujian yang dilakukan di lab Oppo, Sisa daya baterai yang ditampilkan dapat berbeda dari perangkat ke perangkat.

Hanya dengan 5% daya baterai, memungkinkan kamu untuk berkirim pesan di WhatsApp selama lebih dari 2 jam dengan peranti Oppo Reno5. Untuk memastikan akurasi dalam pengujian, "baterai 5%" didefinisikan sebagai setara dengan 5% baterai 4310mAh, yaitu 215,5mAh.

Selain itu, sebaiknya kamu menghindari pengisian baterai secara idle seperti saat malam hari. Mengisi daya semalaman sambil ditinggal tidur adalah kebiasaan yang sangat umum, tetapi tidak disarankan karena beberapa alasan.

Baca Juga: Baru Dirilis, Oppo Reno5 Ludes Dalam Waktu 3 Menit

Pertama, pengisian daya terus menerus dari baterai penuh dapat mengurangi stabilitas dalam jangka panjang dan dapat menyebabkan kerusakan sistem. Kedua, baterai akan berada pada tegangan yang lebih tinggi saat berada pada kondisi terisi 100 persen. Ketiga, ini menciptakan panas berlebih yang disebabkan oleh disipasi daya yang terbuang percuma.

Idealnya, perangkat harus berhenti mengisi daya ketika mencapai kapasitas baterai 100 persen, hanya menyalakan kembali sirkuit pengisian daya untuk mengisi ulang baterai sesekali - atau setidaknya mengurangi arus pengisian ke jumlah yang sangat kecil.

Oppo Reno5 5G. (Oppo Indonesia)
Oppo Reno5 5G. (Oppo Indonesia)

Karena kebiasaan konsumen yang sering mengisi daya saat malam hari, maka Oppo menyediakan fitur Battery Guard agar bisa memutus arus ketika pengisian telah mencapai daya hingga 100 persen. Dengan pengisian 100 persen, sebenarnya ponsel masih membutuhkan 200mA untuk menjaga baterainya tetap terisi.

Bermain game atau menonton video saat mengisi daya sebenarnya juga tidak disarankan karena bisa mengganggu siklus pengisian daya. Oppo pun telah menyediakan 5-layer Charging Protection & Multi-cooling System untuk memastikan pengisian daya yang aman di Oppo Reno5 Series guna mencegah bahaya dari baterai ke adaptor.

Namun demikian, cara terbaik agar aman dan baterai HP cepat terisi adalah membiarkannya menganggur hampir sepanjang waktu hingga baterai terisi dengan cukup daya.

Panas Berdampak pada Masa Pakai Baterai

Selain pemakaian dan pengisian daya yang benar, suhu juga menjadi kontributor utama untuk umur baterai yang panjang. Sama seperti voltase tinggi, suhu tinggi membuat baterai stres dan membuatnya kehilangan kapasitas jauh lebih cepat daripada saat disimpan pada suhu yang lebih rendah. Suhu ideal untuk memaksimalkan masa pakai baterai adalah antara 20 dan 50 ° C.

Hadirnya teknologi pengisian daya cepat seperti fast charging atau VOOC pada ponsel Oppo adalah untuk membantu pengguna bisa mengisi ulang baterai ponsel dengan cepat dan tetap aman.

Seringkali konsumen bertindak sembarangan saat mengisi ulang daya baterai dengan jenis charger seadanya atau bukan bawaan dari ponselnya. Penggunaan model charger yang tidak tepat juga berpotensi memperpendek umur baterai, selain menyebabkan potensi kerusakan lain pada smartphone.

Panas adalah pembunuh baterai HP, jadi sebaiknya kamu tidak menutupi smartphone saat sedang diisi dayanya dan jauhkan dari tempat yang panas. Nah, satu lagi yang sering dilupakan pengguna adalah mengisi baterai sambil tiduran dan tetap menggunakan gawainya untuk bermain game atau bermain media sosial.

Berita Terkait
TERKINI

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB
Tampilkan lebih banyak