Gadget

Mudah, Ini Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Berikut ini cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi dengan mudah.

Agung Pratnyawan

Redmi Note 9. (Xiaomi Indonesia)
Redmi Note 9. (Xiaomi Indonesia)

Hitekno.com - Berikut ini cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi yang bisa kamu lakukan dengan mudah agar kamu bisa merasakan keamanan privasi. Mungkin kamu akan khawatir jika HP kamu dipinjam oleh orang lain?

Bagi pengguna HP Xiaomi, kamu tidak perlu khawatir lagi ya. Karena pada HP buatan perusahaan Xiaomi secara khusus menyediakan fitur untuk menyembunyikan aplikasi di HP buatannya melalui sistem bernama MIUI.

MIUI kepanjangan dari Mobile Internet User Interface, MIUI memiliki fungsi untuk mengoperasikan sistem pada smartphone dengan sendirinya. MIUI adalah pelengkap sistem Android pada smartphone. Apabila stok ROM Android tidak ada, maka MIUI bisa berperan untuk mengisi kekosongan tersebut.

Para pengguna smartphone biasanya menginstal banyak aplikasi mulai dari aplikasi chatting, browser, video player, pemutar musik, game, dan berbagai aplikasi lainnya yang menurut mereka menarik.

Namun terkadang kita perlu menyembunyikan aplikasi yang menyimpan data maupun informasi pribadi supaya tidak mudah untuk diakses oleh sembarang orang. Seperti pada aplikasi chatting atau media sosial, seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan sebagainya.

Redmi Note 9 Pro. (Xiaomi Indonesia)
Redmi Note 9 Pro. (Xiaomi Indonesia)

Nah, cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi bisa kamu lakukan dengan mudah melalui langkah – langkah berikut ini tanpa harus menginstall aplikasi tambahan dari playstore yaitu :

  1. Buka menu Pengaturan ( Settings ) pada HP Xiaomi kamu terlebih dahulu
  2. Selanjutnya scroll ke bawah sampai kamu menemukan kolom Setelan Aplikasi
  3. Setelah itu Klik pada menu Kunci Aplikasi
  4. Kemudian akan muncul jendela baru, klik pada bagian kanan atas ( logo gerigi setelan )
  5. Lalu klik pada tab Hidden Apps ( atau pada beberapa HP Xiaomi dengan nama App Invisible ). Silahkan kamu aktifkan
  6. Kemudian pilih opsi Kelola Apl Tersembunyi. Pada halaman ini kamu akan melihat daftar aplikasi yang telah terinstall di HP Xiaomi kamu. Setelah itu kamu tinggal memilih aplikasi mana saja yang ingin kamu sembunyikan. Kamu cukup memberi tanda centang di bagian lingkaran yang ada di samping tiap-tiap aplikasi tersebut
  7. Setelah memberi centang pada aplikasi yang ingin kamu sembunyikan, Klik tab OK agar pengaturan yang kamu lakukan tadi bisa tersimpan. Apabila kamu keluar dari pengaturan dan belum memilih tab OK atau menutup pengaturan tersebut melalui tombol Back, maka pengaturannya malah jadi tidak tersimpan dan aplikasi tersebut statusnya belum disembunyikan
  8. Selesai! Setelah semua langkah tersebut kamu lakukan, sekarang kamu bisa masuk ke tampilan utama pada HP Xiaomi kamu yang menunjukkan aplikasi. Kamu bisa cek kembali apakah aplikasi yang kamu sembunyikan tadi ada di pilihan aplikasi atau tidak. Kalau langkah tadi sudah kamu lakukan dengan sesuai, pasti aplikasi yang kamu centang tadi tidak akan muncul di daftar aplikasi utama, artinya kamu telah berhasil menyembunyikan beberapa aplikasi pilihan kamu di hp xiaomi kamu

Itulah cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi yang bisa kamu lakukan tanpa harus menginstall aplikasi tambahan. Dengan menyembunyikan beberapa aplikasi di hp xiaomi kamu bisa memiliki privasi yang lebih aman sekarang.

Gimana mudah bukan cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi untuk dipraktekan? Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait