Gadget

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

Mudah, gunakan saja cara menyembunyikan aplikasi di HP Samsung berikut ini.

Agung Pratnyawan

HP Samsung Rp 1 jutaan. (HiTekno.com)
HP Samsung Rp 1 jutaan. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Berikut ini cara menyembunyikan aplikasi di hp samsung dengan mudah tanpa perlu install aplikasi lain. Pada beberapa HP Android, sudah tersedia fitur Privasi dan Keamanan yang bisa kamu manfaatkan untuk mendukung aktivitas menyembunyikan aplikasi tertentu.

Tidak terkecuali pada HP samsung, yang menyediakan fitur Secure Folder. Mungkin diantara kalian masih ada yang belum tahu apa itu Secure Folder?

Secure Folder bisa dibilang adalah suatu area yang lebih aman pada HP Samsung untuk menampung aneka file dan berbagai aplikasi yang kamu kehendaki.

Dengan menggunakan fitur Secure Folder kamu bisa menjaga keamanan privasi kamu agar lebih terjamin dengan menyembunyikan aplikasi yang berisi informasi pribadi kamu seperti whatsapp, facebook, instagram dan lain-lain.

Secure Folder dilengkapi beberapa metode penguncian, seperti PIN, Pola, dan Fingerprint (Sidik jari) sehingga aplikasi dan file yang tersimpan di dalamnya akan tersembunyi dan terkunci dengan aman.

Karena memerlukan nomor PIN atau kunci keamanan untuk membukanya, jadi tidak semua orang bisa mengakses apapun yang kamu sembunyikan di secure folder.

Nah untuk cara menyembunyikan aplikasi di hp samsung kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Buka menu Pengaturan ( Settings ) pada HP Samsung kamu
  2. Kemudian scroll dan cari menu Lock Screen & Security
  3. Selanjutnya kamu tinggal pilih menu Secure Folder
  4. Setelah menu secure folder terbuka kamu tinggal klik tombol Next
  5. Kemudian klik tombol Start
  6. Setelah itu kamu akan diminta untuk login ke akun Samsung kamu. Apabila kamu belum memiliki akun Samsung maka kamu klik opsi Daftar dan ikuti perintah selanjutnya untuk membuat akun Samsung terlebih dahulu. Namun apabila kamu sudah memiliki akun, kamu tinggal pilih opsi Confirm
  7. Lalu kamu akan disuruh membuat metode kunci keamanan untuk membuka folder. Ada beberapa metode yang bisa kamu pilih, diantaranya adalah pola, sidik jari, PIN, kata sandi, dan pemindai iris
  8. Setelah selesai mengatur kata sandi untuk membuka aplikasi Secure Folder. Selanjutnya, buka aplikasi tersebut pada menu aplikasi atau App Drawer
  9. Klik tombol Add Apps untuk memilih aplikasi mana saja yang ingin kamu sembunyikan atau kamu bisa memilih pada aplikasi yang ingin kamu sembunyikan lalu tekan beberapa saat sampai muncul tanda cawang. Setelah itu kamu tinggal klik Add untuk menyembunyikan aplikasi di HP samsung kamu
  10. Selesai! Sekarang kamu sudah berhasil menyembunyikan beberapa aplikasi menggunakan secure folder di HP Samsung kamu. Jika kamu ingin membuka aplikasi yang kamu sembunyikan tadi, kamu tinggal masuk ke aplikasi Secure Folder dan memasukan kunci keamanan yang sudah kamu buat sebelumnya.

 

Hp Samsung murah dengan RAM 4 GB. (HiTekno.com)
Hp Samsung murah dengan RAM 4 GB. (HiTekno.com)

Itulah cara menyembunyikan aplikasi di hp samsung yang bisa kamu lakukan untuk melindungi privasi kamu. Selain bisa untuk menyembunyikan aplikasi di hp Samsung, seperti WhatsApp, Facebook dan Instagram. Secure folder juga bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan gambar, video, atau file penting yang tersimpan dalam galeri. 

Gimana mudah bukan cara menyembunyikan aplikasi di hp samsung untuk kamu lakukan sendiri? Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait