Gadget

iPhone 13 Belum Meluncur, Malah Beredar Bocoran iPhone 14

Bocoran desain iPhone 14 sudah muncul, padahal iPhone 13 belum diluncurkan.

Agung Pratnyawan

Apple Store. (Pixabay/matcuz)
Apple Store. (Pixabay/matcuz)

Hitekno.com - Apple disebut-sebut akan meluncurkan iPhone 13 pada 14 September mendatang. Namun sebelum iPhone baru itu meluncur, malah sudah beredar bocoran dari generasi penerusnya.

Yakni bocoran iPhone 14, yang mulai beredar. Padahal iPhone 13 saja belum dikenalkan Apple ke publik. Bocoran iPhone 14 sendiri muncul desain smartphone yang diperkirakan meluncur tahun depan, kini sudah beredar luas di internet.

Hal ini diungkapkan oleh leaker populer Jon Prosser. Dalam video yang diunggah di kanal YouTube Front Page Tech, Prosser menyebut bahwa ini adalah render 3D dari iPhone 14 Pro Max.

Sebagaimana diwartakan XDA Developers, Jumat (10/9/2021), perubahan paling terlihat muncul di modul kamera. Prosser mengklaim bahwa iPhone 14 akan muncul tanpa tonjolan, beda dengan iPhone 11 atau 12 yang dirilis sebelumnya.

Perubahan paling mencolok lain muncul di kamera depan. Dalam desain yang beredar, iPhone 14 mengganti modul notch dengan punch-hole di tengah, mirip seperti yang ada di Android.

Apple Store. (Pixabay/MichaelGaida)
Apple Store. (Pixabay/MichaelGaida)

Meski notch dihapus, Prosser meyakini sensor biometrik seperti Face ID masih tetap muncul. Sementara sensor tambahan lainnya dirumorkan bakal muncul dari bawah layar.

Kemudian perubahan lain muncul di tombol pengatur volume di sisi samping. Tombol ini akan diubah menjadi bentuk bulat, mirip dengan yang sudah muncul di perangkat lawas iPhone 4.

Terakhir ada port lightning yang masih dihadirkan di iPhone 14. Ini menepis rumor sebelumnya menyebut bahwa Apple mungkin akan beralih ke USB-C atau tanpa port sama sekali.

Namun perlu diketahui, render desain ini belum tentu sama dengan bentuk iPhone 14 yang resmi dirilis Apple pada tahun depan. Terlebih saat ini, iPhone 13 masih belum diumumkan resmi oleh Apple.

Itulah bocoran iPhone baru yang muncul, yakni iPhone 14. Padahal Apple saja belum meluncurkan iPhone 13 ke publik. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait