Gadget

CantikID Resmi Rilis, Aplikasi Telekonsultasi Kecantikan Terintegrasi

CantikID hadir sebagai jawaban dan solusi bagi perempuan-perempuan Indonesia

Agung Pratnyawan

Peluncuran aplikasi CantikID. (CantikID)
Peluncuran aplikasi CantikID. (CantikID)

Hitekno.com - Resmi dikenalkan di Indonesia, CantikID sebagai aplikasi telekonsultasi kecantikan terintegrasi. Dari kecantikan, produk, dan perawatan dengan jaringan di seluruh Indonesia untuk telekonsultasi dan marketplace.

CantikID hadir sebagai jawaban dan solusi bagi perempuan-perempuan Indonesia. Melalui platform ini, perempuan Indonesia bisa mengetahui langsung informasi yang dibutuhkan untuk perawatan ragawinya. Cara penggunaanya seperti apa, kebutuhannya apa, dan itu akan didapatkan lewat CantikID .

Dan dengan satu genggaman tangan saja, kini perempuan Indonesia akan mendapatkan berbagai informasi, dapat berkonsultasi langsung dengan dokter dan ahli kecantikan langsung, dan membeli produk yang dijamin kualitasnya.

"Saya sebagai perempuan Indonesia sangat bersyukur dan bahagia dengan kehadiran CantikID ini. Saya ucapkan selamat atas launching-nya CantikID ini. Harapannya, sebagai platform beauty dan care solution terbesar di Indonesia, semoga CantikID bisa terus berinovasi seiring perkembangan waktu, semakin maju, dan juga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama perempuan Indonesia," tutur Pemimpin Redaksi HerStory.co.id, Clara Aprilia Sukandar, saat memberikan sambutan di acara lanching CantikID, Jumat (10/9/2021).

Di kesempatan tersebut, Founder sekaligus CEO CantikID, Yunus Sapang, mengatakan, latar belakang hadirnya CantikID ini berasal dari masalah yang telah pihaknya survei, bahwa 85% pembelian produk kecantikan itu hanya berdasarkan pada rekomendasi atau iklan dan beberapa yang diinformasikan saudara atau teman.

"Dari 85% ini ternyata banyak masalah yang ditimbukan, salah satunya mungkin adalah timbulnya masalah kesehatan, misalnya jerawat dan klit yang kusam. Sehingga CantikID hadir menjadi solusi ataupun menjadi jalan bagi customer-customer yang telah kami survei, terutama dari kota tiier ke 2 dan 3," terang Yunus.

Di masa pandemi ini, kata Yunus, CantikID juga melihat bahwa pengusaha-pengucaha kecantikan ini pun juga mengalami banyak masalah. Salah satunya adalah dengan adanya pembatasan sosial, dimana banyak sekali klinik yang tutup, sedangkan biaya operasiona mereka terus berjalan. Sehingga untuk alasan itu juga, CantikID pun hadir memberikan solusi bagi pengusaha-pengusaha di bidang kecantikan, terutama owner-owner klinik sehingga mereka tetap bisa berjalan, tentunya dibantu platform aplikasi CantikID ini.

Peluncuran aplikasi CantikID. (CantikID)
Peluncuran aplikasi CantikID. (CantikID)

"Kami juga melihat bahwa banyak sekaii salon, barbershop, dimana mereka juga mengalami masalah yang sama dengan klinik-klinik kecantikan. Sehingga kami membuat integrasi mulai dari konsultasi, produk, dan booking. Sehingga nanti pada saat customer masuk ke platform kami, custumer bisa melihat, bisa memilih, layanan apa yang akan dipakai. Jadi platform ini kami buat tentu untuk menyelesaikan semua maslaah-masalah yang ada. Baik dari masalah customer ataupun masalah pelaku-pelaku industri kecantikan saat ini," paparnya.

Lebih jauh, Yunus pun berharap, aplikasi CantikID dapat membawa dampak yang besar terutama bagi masyarakat yang bergerak di industri kecantikan.

Tak hanya itu, Yunus pun berharap, CantikID dapat menjadi sumber platform online pengetahuan kecantikan dan perawatan, distribusi layanan yang komprehensif, yang bertujuan untuk menjadi mitra kecantikan perempuan di seluruh Indonesia.

"Kami berharap, CantikID ini juga bsia menyelesaikan solusi-solusi yang menjadi masalah ini, terutama untuk customer-customer CantikID yang ada di kota tier ke-2 atau ke-3. Mereka bisa bertanya langsung dengan expert-expert kami dan mendapatkan produk yang sesuai dengan yang mereka butuhkan. Sehingga kami bisa menjadi salah satu perusahaan yang membawa dampak sosial bagi masyarakat Indonesia," imbuh Yunus.

Kemudian, VP Marekting CantikID, Julia Rampen, mengatakan, yang membuat CantikID berbeda dan menjadi platform telekonsultasi pertama di Indonesia adalah fitur telebeauty-nya. Di sini, CantikID menyediakan layanan konsultasi online melalui chat dengan beragam dokter kecantikan dan perawatan, beauty advisors, dan MUA yang kredibel, bersertifikat, berpengalaman, dan expert di bidangnya.

"Jadi fitur-fitur di CantikID ini saling terintegrasi, kita bisa chat dengan dokter kecantikan, lalu kita juga bisa memilih klinik kecantikan juga, dan setelah itu kita bisa menukarkan resep kita, lalu kita juga bisa langsung ke marketplace. Nah, sebenernya di situ yang membuat kami ini berbeda dengan yang lainnya," tutur Julia.

Julia pun menuturkan, CantikID pun hadir sebagai jawaban bagi para perempuan Indonesia, karena melalui CantikID, peremuan Indonesia akan dimanjakan dengan fitur yang memudahkan mereka untuk booking ke berbagai pilihan tempat perawatan kecantikan, seperti spa, hair stylist, make-up artist, dan lainnya serta akan terhubung langsung dengan dokter dan ahli kecantikan untuk menuntaskan segala masalah kulit yang dialaminya.

Peluncuran aplikasi CantikID. (CantikID)
Peluncuran aplikasi CantikID. (CantikID)

Usai melakukan konsultasi dengan ahli, kata Julia, customer juga dapat langsung memesan produk kecantikan dan perawatan hasil konsultasi (resep & non resep) juga untuk pembelian langsung (tanpa konsultasi) lewat CantikID.

Bahkan, hebatnya lagi, para perempuan juga bisa mendapatkan produk-produk perawatan kecantikan lainnya yang berkualitas dan terpercaya. Pasalnya, CantikID sudah ber-partner dengan puluhan klinik kecantikan, dokter dan beauty advisor, ratusan SKU, dan belasan brand produk kecantikan, di antaranya Mustika Ratu, Glo Skin Klinik, dan yang lainnya.

"Karena berdasarkan pengalaman kita sendiri, sebenarnya kalau kita dalam satu tombol, kita bisa mencoba mengubungi dokter kecantikan yang jelas-jelas pakarnya, yang jelas-jelas ahlinya, tentunya kita akan lebih mudah jadinya mengetahui apakah sebenarnya permasalahan dari kulit kita, ataukah ada jerawat kita, atau keluhan kulit lainnya khususnya perawatan muka. Tetapi dengan adanya CantikID tentu akan mempermudah, karena kita tinggal chat dengan dokter dari klinik kecantikan yang bermitra kami, dengan satu gengaman ada semua ada di CantikID," beber Julia.

Julia pun mengatakan, saat ini layanan beauty booking di CantikID tersedia mulai dari jam 7 pagi hingga jam 8 malam. Namun tak menutup kemungkinan, ke depannya, pihaknya pun bersama dengan partner CantikID akan mencoba menyediakan fitur beauty booking dan konsultasi selama 24 jam.

Untuk diketahui, layanan booking klinik, salon/barbershop, dan homecare CantikID ini akan hadir di Jabodetabek, Surabaya, Makassar, Bali, Yogyakarta, Balikpapan, dan kota-kota lainnya.

Di kesempatan yang sama, CEO dan Head Doctor ‘dr Belle Aesthetic clinic’, dr. Catherine Soebroto, mengatakan, kehadiran CantikID ini merupakan terobosan yang luar biasa di industri kecantikan Indonesia.

"Karena ini yang satu-satunya dan pertama di Indonesia ada aplikasi telebeauty khusus buat dokter-dokter kecantikan. Karena kita tahu kan kalau pandemi ini, kita sudah mau masuk 2 tahun, klinik kecantikan itu cukup terimbas sekali. Karena klinik kecantikan itu butuh sekali ketemu antara pasein dan dokter. Jadi ketika pandemi, kami bener-bener terimbas. Jadi CantikID ini hadir sebagai jembatan antara dokter dan pasien. Buat dokter ini juga sangat-sangat menolong ya, buat pasein juga sangat menolong. Jadi luar biasa sekali sih CantikID ini," tutur dr. Catherine.

Peluncuran aplikasi CantikID. (CantikID)
Peluncuran aplikasi CantikID. (CantikID)

dr. Catherine pun mengaku, pihaknya diuntungkan dengan kehadiran market place di CantikID ini.

"Saya melihat layanan market place di CantikID penyaringan produknya sangat teliti dan diperhatikan sekali. Jadi gak akan deh  produk-produk kecantikan abal-abal lolos dijual di sini. Produk-produk kecantikan yang berbahaya itu bisa dieliminasi sendiri oleh CantikID lewat penyaringan yang dilakukannya," ujarnya.

Ia pun merasakan banyak manfaat dari bergabung dengan CantikID ini. Menurutnya, berbagai fitur yang dihadirkan CantikID, terutama fitur beauty booking, bisa mempersingkat waktu baik untuk dokter maupun untuk pasiennya sendiri.

"Bagi saya visi misi CantikID ini membuat saya tertarik untuk bermitra. Dan ketika bergabung kita bisa memasukan dokter-dokter di klinik untuk membuka telekonsultasi. Dan menurut saya ini sangat bermanfaat. Bisa mempersingkat waktu untuk dokternya juga. Sebelum ke klinik pasien dan dokter bisa berkonsultasi terlebih dahulu, jadi nantinya pas ketemu di klinik, waktu pertemuannya gak lama karena sudah berkonsultasi via chat sebelumnya," paparnya.

Terlebih dengan adanya market place CantikID, bagi dr. Catherine, secara tak langsung membuka opportunity tersendiri sehingga kliniknya bisa dikenal secara luas.

"Jadi misalnya kalau ada orang Papua yang mau mencoba produk kami, itu bisa mudah sekali didapatkan. Dan mereka pun bisa berkonsultasi terlebih dahulu sehingga produk yang didapatkanpun nantinya sesuai dengan kebutuhan mereka sendiri," ujarnya.

Kemudian, Putri Indonesia Lingkungan 2020, Putu Ayu Saraswati, pun mengaku terbantu dengan hadirnya aplikasi CantikID ini. Ayu pun merasakan manfaat yang luar biasa terutama di masa pandemi ini. Dimana saat ini banyak perempuan tak terkecuali dirinya, yang berusaha untuk memaksimalkan waktu untuk tak ke luar rumah, namun tetap bisa mengontrol kecantikan mereka lewat handphone.

Tak hanya itu, kata Ayu, bagi mereka yang punya kesibukan tinggi, jelas sekali layanan konsultasi online di CantikID ini sangat membantu. Selain fleksibel, waktu yang dibutuhkan juga tidak lama. Tidak perlu mengantri banyak di layanan kesehatan. Menariknya lagi waktu konsultasi bisa jadi lebih lama karena tidak ada antrian lain yang menunggu. 

"Dan dengan satu gerakan tangan mereka bisa mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Bagi saya CantikID sangat-sangat membantu banget. Apalagi aku bisa melakukan jasa konsultasi secara online untuk menemukan produk-produk atau treatment yang paling pas dengan kebutuhan aku sendiri," beber Ayu.

Ayu pun lantas mengingatkan perempuan Indonesia agar hati-hati dalam membeli produk kecantikan. Jangan mudah termakan review-review dari influencer juga jangan sampai menjadi korban penipuan produk kecantikan palsu atau bahkan penjualan palsu.

"Aku punya pengalaman, karena kan kita kadang suka kemakan review atau hype dari influencer-influencer di luar sana yang review A, B, C, yang kadang kita lupa adalah bahwa setiap individu itu kondisi kulitnya berbeda-beda. Jadi dengan adanya CantikID ini, aku jadi bisa mendapatkan solusi dan produk-produk yang memang sesuai dengan tipe kulit aku, dan sesuai dengan kebutuhan kita sendiri. Pernah juga dapat pengalaman beli produk, datang-dateng ternyata barangnya bukan cuma gak sesuai tapi juga palsu. Nah menurut aku di sini peran penting dari CantikID ini. Karena CantikID ternyata menyediakan produk yang sudah dijamin keasliannya. Jadi manfaat buat kita sendiri dengan adanya CantikID ini satu, kita dibantu dengan ahlinya untuk menemukan produk yang sempurna buat kita. Dua, produknya juga udah dijamin kualitas dan keasliannya,"papar Ayu.

Lebih jauh, Ayu pun berharap, CantikID dapat menjadi one stop beauty dan care solution dalam memenuhi kebutuhan perawatan kulit perempuan Indonesia.

"Terlebih di saat pandemi ini, denagn adanya CantikID kita bukan hanya dapat produk yang guaranted, tapi mudah dan dibantu dengan Beautycan dan orang-orang yang ahli bidangnya masing-masing. Sehingga kita dapat produk dan perawatan seusuai sesuai dengan kebutuhan kita," pungkas Ayu.

Berita Terkait