Gadget

5 Cara Merawat Charger iPhone Agar Tidak Mudah Rusak

Berikut ini cara merawat charger iPhone agar awet tahan lama.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi charger iPhone. (Pixabay)
Ilustrasi charger iPhone. (Pixabay)

Hitekno.com - Inilah cara merawat charger iphone yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Pasti kamu tahu kan kalau selain ponsel, peran charger juga sangatlah penting? Maka dari itu penggunaan charger harus sangat diperhatikan agar tidak mudah rusak. 

Selain karena perannya yang sangat penting, harga charger iphone original juga tidaklah murah. Sehingga saat charger iphone rusak, kamu harus menyiapkan dana mulai dari Rp 250.000 hanya untuk sebuah charger. Belum lagi untuk pembelian sebuah charger iphone original kamu harus membelinya di authorized Apple. Jadi tidak bisa membeli di sembarang tempat ya.

Kamu tidak mau kan membeli charger iphone baru terus? Maka dari itu kamu harus menyimpan dan menggunakannya dengan cara yang tepat. Nah untuk cara merawat charger iphone, kamu bisa mengikuti langkah – langkah berikut ini :

1. Pakai Charger Dengan Benar

Ketika kamu mengisi baterai iPhone, pastikan kamu menancapkan kepala charger dan ujung usb dengan benar. Lalu jangan pernah mencabut kabel charger dengan menarik tali kabelnya, hal itu bisa mengakibatkan kabel putus atau merusak komponen bagian dalam kabel.

Biasakanlah mencabut kabel dengan menarik kepala adaptornya, sehingga memperkecil kemungkinan rusak atau putus.

2. Gunakan pelindung

Agar kabel charger iphone kamu tidak mudah robek atau putus, kamu bisa menggunakan beberapa alat pelindung seperti :

  • Menyelipkan per pulpen ke bagian ujung kabel
    Untuk mengatasi kerusakan yang biasanya cepat terjadi di bagian dekat konektor, kamu bisa menggunakan per pulpen bekas. Cara memasang per pulpen agar bisa melindungi kabel charger iPhone kamu bisa kamu lakukan dengan regangkan per pulpen agar ukurannya pas saat dipasangkan ke sudut kabel. Kemudian secara perlahan, masukan per pulpen ke kabel charger iPhone sambil digulung dan pastikan semua per telah menutupi permukaan kabel.
  •  Gulung permukaan kabel pakai benang wol
    Kamu juga bisa menutupi permukaan kabel charger iPhone pakai benang wol warna-warni. Pilih benang wol yang cukup tebal agar kabel tidak cepat mengelupas. Cara merawat charger iphone bisa kamu lakukan dengan melilitkan benang wol dari ujung kabel ke ujung lainnya. Pastikan lilitan benang wol rapat hingga menutup sempurna.
  •  Pakai cable protector
    Agar lebih praktis, kamu bisa melindungi kabel charger iPhone agar tetap awet dengan menggunakan cable protector. Kamu tinggal memasangkannya ke kabel charger iPhone kamu. Kelebihan kalau pakai cable protector ini selain melindungi juga bisa dilepas pasang dengan mudah. Tanpa lem atau perekat yang mengganggu.
Ilustrasi kabel Lightning. (Pixabay)
Ilustrasi kabel Lightning. (Pixabay)

3. Lepas charger dari colokan listrik ketika tidak dipakai

Jangan tinggalkan charger tercolok ke listrik ya karena hal itu tidak baik untuk keawetan kabel charger dan adapter iPhone kamu. Usahakan agar sehabis mengisi daya iPhone kamu, segera cabut charger dari colokan listrik, agar kabel charger tidak cepat rusak.

4. Gulung charger iphone dengan benar

Kamu harus membiasakan untuk menggulung kabel charger iPhone dengan benar. Yaitu dengan cara menggulung dengan sudut 45 – 60 derajat. Maksudnya adalah, gulung kabel charger iPhone dengan tidak terlalu ketat, sehingga komponen di balik pelapis karetnya tidak tertekuk.

Jangan sekali-sekali melipat kabel charger, karena hal itu bisa mengakibatkan susunan komponen halus di dalam kabel charger putus dan rusak.

5. Simpan Charger Dengan Baik

Selain menggulung charger iphone dengan benar kamu juga harus menyimpannya dengan benar ketika kamu sudah selesai menggunakan charger untuk mengisi baterai iPhone. Kamu sebaiknya menyimpan charger di tempat yang kering dan terhindar dari debu.

Itulah cara merawat charger iphone yang bisa kamu lakukan agar charger iphone kamu awet. Selain itu, kamu juga disarankan untuk memiliki lebih dari satu charger untuk meminimalisir kerusakan kabel charger iPhone karena kabel charger tersebut sering dibawa kemana-mana dan disambungkan ke adapter yang berbeda.
 
Dan kalau charger kamu rusak atau hilang, jangan lupa untuk membeli charger iPhone yang original ya!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait