Gadget

Bahaya Ini yang Mengancam Jika Menggunakan Charger iPhone Palsu

Kalau sayang, jangan pakai barang palsu dong.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Bahaya charger iPhone palsu. (Cult of Mac)
Bahaya charger iPhone palsu. (Cult of Mac)

Hitekno.com - Charger yang tepat untuk iPhone memang tidak bisa asal memilih. Pasalnya, charger palsu bisa sangat mengancam keselamatan perangkat maupun pengguna iPhone.

Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh pakar elektronik, 49 dari 50 perangkat palsu tidak mampu melewati tes kelayakan.

Satu dari tiga pengisi daya yang diuji ternyata gagal dalam tes kekuatan listrik. Hal ini ditandai dengan munculnya percikan api dari charger saat hendak digunakan.

Munculnya percikan api ini karena penggunaan bahan dengan kualitas di bawah standar yang sudah ditentukan.

Bahan dengan kualitas rendah ini memicu hubungan pendek listrik yang berakibat meledaknya perangkat tersebut.

Bahaya charger iPhone palsu. (komando)
Bahaya charger iPhone palsu. (komando)

Selain bisa saja meledak saat akan digunakan, dampak charger palsu lainnya adalah baterai iPhone tidak akan terisi dengan optimal.

Hal ini karena proses pengisian daya baterai yang tidak berada dalam standar yang diinginkan oleh pihak Apple sebagai produsen.

Menggunakan charger iPhone palsu biasanya ditandai dengan proses pengisian baterai yang berlangsung sangat lama. Jauh berbeda dengan charger asli yang berasal langsung dari Apple.

Dampak paling berbahaya dari mengisi baterai iPhone dengan charger palsu adalah baterai menjadi lebih cepat rusak dari biasanya.

Bahaya charger iPhone palsu. (Cult of Mac)
Bahaya charger iPhone palsu. (Cult of Mac)

Walaupun hal ini bisa saja terjadi pada pengguna charger original, namun baterai hasil pengisian daya menggunakan charger palsu akan lebih cepat rusak.

Menggunakan charger yang tidak resmi atau palsu dapat memperpendek usia baterai.

Baterai yang mampu bertahan dengan baik di cycle count 500 saat menggunakan charger original, mungkin kondisi kesehatan baterai iPhone menjadi berbeda dengan angka cycle count yang sama saat menggunakan charger palsu.

Untuk menjaga baterai dan kecanggihan perangkat iPhone kamu, sebaiknya jangan gunakan charger palsu yang berbahaya ini ya.

Berita Terkait