Gadget

Cara Reset Ulang Laptop Windows 10 Tanpa Hilang Data

Cara reset ulang laptop Windows 10 dengan aman.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi laptop. (Pixabay)
Ilustrasi laptop. (Pixabay)

Hitekno.com - Cara reset ulang laptop Windows 10 bisa jadi salah satu solusi masalah perangkat lamot. Hampir semua orang pasti pernah mengalami kinerja laptop yang menurun dan lemot. Salah satu cara untuk mengatasi kinerja laptop yang menurut dan lemot adalah install ulang, atau reset Windows. 

Sebenarnya banyak cara lain seperti mengurangi beban RAM dengan uninstall software tak dibutuhkan, atau melakukan berbagai pembersihan di drive C, namun kadang laptop sudah sangat lambat.

Untuk itu, pengguna laptop berbasis Windows kamu bisa mempertimbangkan reset Windows. Cara reset ulang laptop Windows 10 bertujuan untuk mengembalikan komputer atau laptop ke pengaturan awal.

Setelah cara reset ulang laptop Windows 10, PC akan terlihat seperti baru lagi. Kamu tidak perlu melakukan instal ulang secara menyeluruh. Hanya cukup reset Windows 10, maka penyebab komputer lemot akan hilang.

Cara reset ulang laptop Windows 10 juga penting, jika kamu ingin menjual laptop agar kondisinya seperti baru lagi. Cara reset ulang laptop Windows 10 membutuhkan beberapa waktu. Pastikan laptop tersambung ke adaptor untuk menghindari kehabisan baterai dan tiba-tiba mati saat proses reset sedang berjalan. Berikut cara reset ulang laptop yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Ilustrasi laptop Surface. (Pixabay/ athree23)
Ilustrasi laptop Surface. (Pixabay/ athree23)

Cara Reset Ulang Laptop Windows 10 Tanpa Hilang Data

  1. Pada kolom pencarian di bagian kanan 'Start', maka ketik ‘Reset this PC’. Nantinya, akan muncul hasil pencarian tersebut dan klik ‘Open’.
  2. Klik tombol ‘Get started’ di bawah tulisan 'Reset this PC'.
  3. Jika kamu ingin file tidak terhapus setelah di-reset, pilih ‘Keep my file’. Jika kamu ingin menghapus seluruh data sekaligus, klik ‘Remove Everything’.
  4. Selanjutnya, pilih ‘Local reinstall’.
  5. Sebelum melanjutkan proses, ubah pengaturan terlebih dahulu dengan klik ‘Change settings’.
  6. Pilih ‘Restore apps and settings which came with this PC’ menjadi ‘Yes’ untuk mempertahankan aplikasi bawaan yang sudah diinstal sebelumnya, lalu klik ‘Confirm’.
  7. Jika pengaturan reset sudah sesuai, klik ‘Next’.
  8. Kamu bisa melihat apa saja aplikasi yang hilang setelah proses reset selesai. Cara reset ulang laptop, klik ‘View apps that will be removed’, kemudian klik ‘Back’ untuk melanjutkan proses reset.
  9. Terakhir, pilih ‘Reset’. Proses reset selesai ditandai dengan komputer melakukan restart.

Cara Reset Ulang Laptop Windows 10 Tanpa Menghapus Aplikasi

  1. Masuk ke mode WinRE dengan menekan tombol F9 atau F12 saat laptop masih mati. Kemudian, secara bersamaan klik tombol power. Tahan hingga komputer masuk ke mode WinRE.
  2. Setelah masuk ke mode WinRE, pilih ‘Troubleshoot’.
  3. Lalu, klik ‘Reset this PC’.
  4. Jika kamu ingin beberapa file tidak terhapus setelah di-reset, pilih ‘Keep my file’. Jika ngin menghapus seluruh data, klik ‘Remove everything’.
  5. Pilih akun Windows 10 kamu.
  6. Lalu, masukkan password. Jika kamu tidak pernah memasang password untuk akun Windows 10, langsung klik ‘Continue’ tanpa perlu memasukkan password.
  7. Pilih ‘Local reinstall’.
  8. Terakhir, klik ‘reset’ dan komputer akan melakukan proses reset.

Jika mengalami masalah dengan laptop kamu bisa menggunakan beberapa cara dibawah ini:

  1. Refresh laptop kamu untuk menginstal Windows ulang serta menyimpan file dan pengaturan pribadi. Refresh juga mempertahankan aplikasi yang disertakan dengan PC dan aplikasi yang diinstal dari Microsoft Store.
  2. Reset laptop kamu untuk menginstal Windows ulang tanpa menghapus file, pengaturan, dan aplikasi kecuali aplikasi yang disertakan dengan laptop.
  3. Pulihkan laptop kamu untuk membatalkan perubahan sistem terbaru yang dibuat.

Jika kamu mengalami masalah saat memulai (melakukan booting) laptop, lihat Windows Startup Pengaturan (termasuk mode aman),dan masuk ke bagian "Masuk ke Windows Startup Pengaturan di bagian Lingkungan Pemulihan Windows". Kamu dapat merefresh, mengatur ulang, atau memulihkan laptop Windows Pemulihan. Jika kamu ingin mencadangkan dan memulihkan file pribadi kamu menggunakan Riwayat File, lihat Menyiapkan drive untuk Riwayat File.

Itulah cara reset ulang laptop Windows 10 untuk mengembalikan PC seperti baru lagi.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait