Gadget

Kapasitas Baterai iPhone 13 Diharapkan Lebih Besar, Ini Bocorannya

iPhone 13 diprediksi membawa peningkatan di sisi chipset hingga baterainya.

Rezza Dwi Rachmanta

iPhone 12 dan iPhone 12 Mini dalam varian warna ungu. (Apple)
iPhone 12 dan iPhone 12 Mini dalam varian warna ungu. (Apple)

Hitekno.com - Berdasarkan bocoran dari leaker, iPhone 13 diprediksi akan hadir dengan peningkatan kapasitas baterai dan dukungan 5G yang lebih luas. Apple dikabarkan menemukan cara anyar untuk merakit kamera iPhone sehingga dapat mengurangi biaya produksi.

Secara terpisah, pemasok komponen Foxconn telah memperkirakan bahwa terdapat kemungkinan kekurangan pasokan komponen iPhone 13 karena kendala produksi yang sedang berlangsung.

Firma riset pasar, TrendForce, dalam keterangan terbarunya mengatakan bahwa iPhone 13 akan hadir dengan papan sirkuit charging fleksibel yang baru.

Papan sirkuit ini akan menyertakan System-in-Package (SiP) untuk menghemat ruang. Hal tersebut memungkinkan Apple untuk memiliki baterai yang lebih besar dan tahan lama.

Kapasitas baterai yang lebih besar pada iPhone terbaru sejalan dengan bocoran dari leaker beberapa waktu lalu.

iPhone 12 Ungu akan segera dijual di Indonesia. Foto: iPhone 12 Mini Ungu. [Dok Apple Singapura]
iPhone 12 Mini Ungu. [Dok Apple Singapura]

Dikutip dari NDTV, TrendForce memperkirakan bahwa iPhone 13 bakal menampilkan chipset bersistem fabrikasi 5 nm+ yang dapat membantu meningkatkan kinerja serta menghadirkan efisiensi baterai.

Selanjutnya, versi iPhone dispekulasikan menawarkan konektivitas 5G yang lebih luas menggunakan gelombang milimeter (mmWave).

TrendForce turut mencatat bahwa kemungkinan terdapat peningkatan di sisi layar dan kamera pada iPhone selanjutnya.

Firma riset pasar ini juga memprediksi bahwa Apple akan mengalami peningkatan 30 persen dalam hal pengiriman iPhone di kuartal ketiga 2021 secara YoY. Peningkatan tersebut sebagai akibat dari rilisnya iPhone 13 yang diharapkan terjadi September mendatang.

Jajaran iPhone 12. [Apple Inc. / AFP]
Jajaran iPhone 12. [Apple Inc. / AFP]

Bocoran terpisah dari MyDrivers, Apple dikabarkan siap meningkatkan teknologi pengisian daya pada jajaran smartphone terbaru mereka. Leaker membocorkan bahwa iPhone 13 dapat memiliki fitur fast charging 25 W.

Meski fast charging 25 W masih belum bisa sebanding dengan fast charging 65 W di beberapa HP Android kelas menengah premium, namun setidaknya ini lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Perlu diketahui, iPhone 12 masih mendukung fitur pengisian daya 20 W. Beberapa hal di atas masih sebatas bocoran dan prediksi sehingga kita perlu menunggu peluncuran serta pernyataan resmi mengenai iPhone 13 dari Apple.

Berita Terkait