Gadget

Asus ExpertBook B9400, Laptop Bisnis dengan Baterai Tahan Lama

Apa yang ditawarkan Asus ExpertBook B9400 ini?

Agung Pratnyawan

Laptop bisnis Asus ExpertBook B9400. (Asus Indonesia)
Laptop bisnis Asus ExpertBook B9400. (Asus Indonesia)

Hitekno.com - Asus resmi mengenalkan laptop bisnis baru mereka. Yakni Asus ExpertBook B9400, yang hadir dengan segmen pasar premium.

Laptop Asus ExpertBook B9400 ini dihadirkan untuk para pebisnis mobile dan dinamis.

Asus ExpertBook B9400 merupakan generasi terbaru yang melanjutkan jajaran laptop ExpertBook B9, lini laptop bisnis paling premium Asus.

Melanjutkan pendahulunya, laptop bisnis ini mengedepankan bobot ultra-ringan, bodi ultra-tangguh berstandar militer AS.

Tidak ketinggalan, performa dan keamanan terbaik di kelasnya berkat dukungan prosesor 11 th Gen Intel Core serta modul TPM 2.0.

"Pebisnis tidak hanya membutuhkan laptop dengan keamanan terbaik, tetapi juga ringkas, ringan, dan memiliki daya tahan baterai seharian sehingga dapat selalu diandalkan setiap waktu," ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia.

Menurutnya, laptop Asus ExpertBook B9400 dirancang khusus atas kebutuhan tersebut.

"Laptop ini hadir dengan bodi yang sangat ringkas dan ringan, ditenagai hardware dan spesifikasi yang mumpuni, memiliki rancang bangun yang kokoh, serta dilengkapi dengan teknologi keamanan paling canggih saat ini," jelasnya dalam keterangan resminya.

Asus ExpertBook B9400. [Asus Indonesia]
Asus ExpertBook B9400. [Asus Indonesia]

Selain ringan, Asus ExpertBook B9400 memiliki ukuran bodi lebih kecil dari kertas A4 dan memiliki ketebalan yang tidak lebih dari baterai AA.

Asus ExpertBook B9400 mengadopsi NanoEdge Display, yaitu teknologi yang memungkinkan layar memiliki bezel ultra-tipis.

Berdimensi 32,0x20,3cm dibandingkan laptop lain yang menggunakan layar 14 inci, ExpertBook B9400 memiliki screen-to-body ratio hingga 94 persen.

Ditambah dengan ketebalan hanya 1,49cm dan bobot hanya 880 gram, ExpertBook B9400 nyaman dibawa bepergian.

Desain ErgoLift kembali hadir untuk ExpertBook B9400.  Selain itu, keyboard ExpertBook B9400 memiliki fitur spill resistant sehingga mampu bertahan ketika terkena tumpahan air dan membuatnya lebih tangguh dari laptop pada umumnya.

Asus ExpertBook B9400 hadir dengan sejumlah fitur yang membuatnya semakin tangguh dan telah menerima sertifikasi lolos uji ketahanan bersatandar militer AS (MIL-STD 810H).

Laptop bisnis ini juga telah lolos dalam serangkaian uji ketangguhan ektrem. Sebanyak 21 jenis pengujian ekstrem telah dijalani oleh unit ExpertBook B9400.

Asus ExpertBook B9400. [Asus Indonesia]
Asus ExpertBook B9400. [Asus Indonesia]

Seperti uji durabilitas engsel, uji durabilitas port, uji tekanan ekstrem pada bagian layar, uji durabilitas keyboard, uji jatuh dari ketinggian tertentu, uji getaran, hingga uji penggunaan di ketinggian serta suhu ekstrem.

Laptop Asus ExpertBook B9400 pun dinyatakan lolos semua pengujian tersebut.

Asus ExpertBook B9400 dilengkapi dengan kontruksi pelindung ekstra yang memastikan setiap engsel, port, dan bagian rentan lainnya terlindungi. Komponen sensitif seperti motherboard juga dilengkapi dengan peredam getaran.

Bodinya juga dilapisi menggunakan metode Micro-Arc Oxidation (MAO) Composite Coating sehingga terhindar dari kerusakan fisik akibat oksidasi dan korosi.

Asus ExpertBook B9400 hadir dengan serangkaian fitur keamanan kelas enterprise, yang artinya telah memenuhi standar korporasi besar.

Di mulai dari keamanan privasi pengguna, ExpertBook B9400 sudah mendukung fitur Windows Hello sehingga penggunanya tidak perlu lagi mengetikkan password untuk masuk ke dalam sistem.

Dua opsi login menggunakan sistem biometrik pun disediakan di ExpertBook B9400, yaitu melalui fingerprint sensor dan facial recognition sensor.

Asus ExpertBook B9400. [Asus Indonesia]
Asus ExpertBook B9400. [Asus Indonesia]

Bergerak ke keamanan data, ExpertBook B9400 memiliki fitur yang memungkinkan pengguna laptop ini untuk mengunci BIOS dan SSD-nya menggunakan sistem proteksi password.

Jika diaktifkan, pengguna yang ingin mengubah pengaturan BIOS atau mengakses data di SSD harus memasukkan password terlebih dulu sebelum dapat benar-benar mengaksesnya.

Laptop Asus ExpertBook B9400 juga memiliki fitur ekstra yang tidak dapat ditemukan di laptop mainstream.

Pertama adalah fitur USB Storage Block yang memungkinkan pengguna ExpertBook B9400 tidak dapat menghubungkan USB flash disk atau penyimpanan eksternal lainnya tanpa izin dari administrator.

Fitur lainnya adalah Secure File Shredder. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan pengguna menghancurkan file digital hingga tidak dapat dipulihkan menggunakan metode apapun.

Fitur ini berguna agar peretas tidak bisa memulihkan dan mengakses data yang telah dihapus.

Hadir dengan sistem operasi hingga Windows 10 Pro, ExpertBook B9400 dapat diatur untuk terhubung ke jaringan intranet perusahaan secara cepat dan aman, serta kapanpun dan di manapun.

Asus ExpertBook B9400. [Asus Indonesia]
Asus ExpertBook B9400. [Asus Indonesia]

Asus ExpertBook B9400 dibangun di atas fitur Trusted Platform Module, memungkinkan data dalam perangkan serta aktivitas datanya diproses melalui sistem enkripsi.

Di dalam ExpertBook B9400 terdapat sebuah chip khusus yang berisikan RSA encryption key unik yang hanya tersedia dan dapat digunakan oleh satu perangkat saja.

Dengan demikian data yang dienkripsi di ExpertBook B9400 tidak akan bisa dibaca atau diakses di perangkat lainnya.

Dilengkapi kamera yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga memiliki berbagai fitur.

Kamera yang digunakan di ExpertBook B9400 adalah IR camera dengan resolusi HD cocok untuk kegiatan video conference.

Selain itu, kamera tersebut juga telah mendukung fitur Windows Hello facial recognition sehingga dapat digunakan sebagai sarana keamanan ekstra.

Bagi yang menginginkan keamanan dan privasi ekstra, ExpertBook B9400 juga telah hadir dengan fitur webcam shield.

Fitur tersebut membuat kamera di ExpertBook B9400 dapat ditutup secara fisik untuk menjaga privasi.

Asus ExpertBook B9400. [Asus Indonesia]
Asus ExpertBook B9400. [Asus Indonesia]

Asus ExpertBook B9400 mengusung Wi-Fi 6 (802.11ax) terbaru yang memiliki kecepatan transfer data lebih tinggi ketimbang Wi-Fi generasi sebelumnya.

Laptop bisnis ini masih dilengkapi dengan port USB 3.2 Gen2 Type-A, HDMI 2.0b, dan 3.5mm combo audio jack.

Melengkapi port tersebut adalah dua port Thunderbolt 4 dengan interface USB Type-C yang mendukung fitur power delivery untuk pengisian daya yang fleksibel.

Asus ExpertBook B9400 ditenagai oleh prosesor Intel Core 11 th Gen terbaru yang hadir dengan performa lebih baik dari generasi sebelumnya.

Tidak hanya powerful tetapi juga hemat daya, serta telah dilengkapi dengan berbagai fitur modern, seperti dukungan terhadap Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Thunderbolt 4.

Prosesor 11 th Gen Intel Core yang digunakan di ExpertBook B9400 juga telah dilengkapi dengan GPU terintegrasi Intel Iris X Graphics terbaru.

Menemani prosesor 11 th Gen Intel Core adalah RAM LPDDR4X berkapasitas 16GB dan penyimpanan berupa NVMe PCIe SSD 3.0 berkapasitas hingga 2TB.

Sistem pendingin yang digunakan di ExpertBook B9400 adalah Advanced Thermal Module. Sebagai laptop bisnis yang sangat mobile, ExpertBook B9400 mampu menemani penggunanya hingga 20 jam.

Daya tahan baterai yang panjang pada ExpertBook B9400 merupakan perpaduan dari berbagai teknologi terkini, mulai dari prosesor hingga layar.

Laptop bisnis ini juga hadir dengan layar khusus berteknologi Panel Self Refresh (PSR). Teknologi ini memungkinkan layar pada ExpertBook B9400 mengonsumsi daya jauh lebih rendah dari layar standar yang digunakan di laptop pada umumnya.

Layar berteknologi PSR dilengkapi dengan memori khusus yang terintegrasi, sehingga setiap tampilan statis pada layar dapat diproses tanpa melalui chip grafis.

Kondisi ini membuat konsumsi daya dapat dikurangi hingga ke angka 1 Watt, sedangkan pemrosesan tampilan layar menggunakan chip grafis dapat memakan daya hingga 3 Watt.

Asus ExpertBook B9400 merupakan salah satu laptop yang siap mendukung Windows 11. Berikut daftar harganya:

  • Rp27.999.000 (Core i7 / 16GB RAM / 1TB SSD / Windows 10 Home)
  • Rp29.999.000 (Core i7 / 16GB RAM / 1TB SSD / Windows 10 Pro)
  • Rp31.999.000 (Core i7 / 16GB RAM / 2TB SSD / Windows 10 Pro)

Itulah laptop bisnis Asus ExpertBook B9400, berminat untuk membelinya? (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait