9 Aplikasi Investasi Terbaik Cocok untuk Pemula dan Terdaftar di OJK

Deretan aplikasi investasi terbaik mengakomodasi kebutuhan para pemula.

Agung Pratnyawan
Selasa, 03 Agustus 2021 | 09:30 WIB
Ilustrasi investasi. (Pixabay)

Ilustrasi investasi. (Pixabay)

Hitekno.com - Aplikasi investasi terbaik saat ini sedang populer dikalangan masyarakat Indonesia, khususnya generasi milenial. Investasi menjadi populer di tengah pandemi.

Terus meningkatnya kesadaran masyarakat tentang rencana keuangan membuat aplikasi investasi banyak dicari.

Investasi adalah sebuah aset atau sesuatu yang dimiliki guna mendatangkan keuntungan di masa mendatang.

Baca Juga: 5 Aplikasi Ubah Suara Menjadi Teks Terbaik Agustus 2021

Aset untuk diinvestasikan pun bisa bermacam-macam, mulai dari reksa dana, saham, properti, hingga emas. Investasi memiliki kesan penuh risiko dan ribet, tapi ternyata tidak sepenuhnya demikian.

Bahkan, menurut data Pengawasan Pasar Modal 1A OJK, jumlah investor pasar modal di Indonesia melonjak sebanyak 42% pada November 2020 lalu dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Aplikasi investasi terbaik mengakomodasi kebutuhan para pemula. Aplikasi investasi terbaik ini akan membimbingmu untuk menanamkan modal dari yang berjumlah kecil hingga besar sesuai dengan kondisi keuanganmu.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Aplikasi Stabilizer Video Agustus 2021

Tak perlu khawatir banyak aplikasi yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Ilustrasi Aplikasi Investasi. (pixabay)
Ilustrasi Aplikasi Investasi. (pixabay)

Berikut rekomendasi sembilan aplikasi investasi terbaik yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Bibit

Baca Juga: 9 Aplikasi Yoga Terbaik untuk Latihan Kebugaran di Rumah

Salah satu aplikasi investasi terbaik yang bisa kamu gunakan adalah Bibit. Tampilannya cukup simpel dan mudah digunakan.

Di dalam aplikasi ini, terdapat AI bernama Robo Advisor. Ia akan membantumu memilih jalur investasi berdasarkan penghasilan dan dana yang ingin kamu alokasikan.

2. Bareksa

Baca Juga: 10 Aplikasi Olahraga di Rumah Terbaik, Cocok untuk Pemula

Aplikasi investasi terbaik lain yang bisa kamu gunakan adalah Bareksa. Selain reksa dana, aplikasi ini juga menyediakan pilihan investasi lain seperti obligasi.

Sebelum membeli, Bareksa juga akan melakukan simulasi pergerakan dana untuk setiap produk. Jadi kamu bisa memperkirakan untung-rugi yang mungkin akan kamu dapatkan.

Tersedia pula lembar portofolio untuk setiap pengguna.

3. IpotGO

Aplikasi investasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk berinvestasi saham adalah IpotGO. Penggunaannya cukup mudah sehingga tak heran cukup populer digunakan.

IPOT menyediakan pilihan instrumen investasi yang cukup beragam mulai dari saham, reksa dana, dan ETF dengan fitur-fitur pendukung yang tergolong lengkap.

4. Ajaib

Aplikasi investasi terbaik Ajaib memungkinkan pengguna untuk investasi mulai dari Rp10 ribu. Produk yang ditawarkan meliputi saham dan reksa dana. Kamu tak perlu takut kebingungan saat pertama kali investasi di Ajaib.

Akan ada panduan serta rekomendasi produk apa yang sesuai dan paling menguntungkan bagi kondisi keuanganmu. Ajaib juga akan memberikan notifikasi mengenai waktu jual-beli saham terbaik untukmu sehingga kamu bisa memaksimalkan profit atau menekan kerugian.

Selain itu, aplikasi investasi terbaik ini juga telah mendapatkan izin beroperasi dari Indonesia Stock Exchange (IDX) dan OJK.

5. Tanam Duit

Aplikasi investasi terbaik yang satu ini memiliki desain yang sangat colorful, menunjukkan bahwa ia menyasar anak-anak muda yang ingin berinvestasi. Tanam Duit sebenarnya memiliki empat macam produk investasi, yaitu reksa dana, SBN, asuransi, dan emas.

Namun yang menjadi andalannya adalah emas. Menariknya lagi, ketika kamu menabung emas di aplikasi ini, kamu mendapatkan kartu emas. Kartu tersebut bisa kamu kirimkan ke orang lain, misalnya pasangan atau orangtua. Sistem pencairannya pun mudah, kamu hanya perlu menjualnya lagi lewat aplikasi ini.

6. LandX

LandX menyediakan jenis investasi yang berbeda untukmu. Jika aplikasi lain menjual reksa dana, saham, hingga emas, LandX adalah tempat yang tepat untuk investasi properti. Ada berbagai rumah dan bangunan yang dijual di LandX.

Misalnya sebuah rumah dijual dengan harga Rp500 juta dengan satu lot dihargai Rp5 juta. Kamu bisa membeli sebagian kepemilikan dari rumah tersebut hanya dengan modal satu lot.

7. KoinWorks, aplikasi P2P yang pas untukmu

Aplikasi investasi terbaik ini bergerak dengan sistem peer to peer, yang artinya danamu akan digunakan untuk membantu orang lain yang membutuhkan pinjaman.

Batas minimal investasi beragam sesuai dengan produk yang kamu pilih. Misalnya saja emas yang memungkinkanmu berinvestasi mulai dari Rp1.000 saja.

8. Tokopedia Investasi

Tokopedia Investasi adalah fitur layanan investasi reksa dana yang disediakan di aplikasi Tokopedia. Bukan hanya mudah dioperasikan, modal awal yang ditawarkan oleh Tokopedia Investasi juga cukup bersahabat untuk para pemula yang masih ragu berinvestasi, yaitu mulai dari Rp10.000 saja.

Dalam menghadirkan layanan ini, Tokopedia bekerja sama dengan Syailendra Capital sebagai Manajer Investasi (MI) dan Bareksa sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berpengalaman.

9. OVO Invest

OVO Invest merupakan layanan investasi yang disediakan aplikasi e-wallet OVO untuk berinvestasi dengan mudah dan praktis. Kamu juga cuma butuh modal awal sebesar Rp10.000 saja untuk mulai berinvestasi, dan tanpa dikenakan biaya admin.

Hanya saja, layanan ini cuma bisa digunakan oleh pengguna OVO Premier yang telah terdaftar menggunakan e-KTP dan melakukan registrasi untuk membuka rekening OVO Invest.

Itulah tadi beberapa aplikasi investasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk memulai investasi. Sebelum berinvestasi, pastikan kamu memahami risikonya.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha
Berita Terkait
TERKINI

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB

Redmi A3, HP murah baru dari Xiaomi Indonesia....

gadget | 18:09 WIB

Apa saja HP baru dari Redmi Note 13 Series ini?...

gadget | 12:05 WIB

Lensa telefoto periskop pada smartphone bekerja dengan prinsip yang mirip dengan teknologi periskop konvensional....

gadget | 18:59 WIB

POCO C65 resmi dipasarkan, kini tersedia di berbagai toko online....

gadget | 16:15 WIB

POCO Indonesia menyiapkan harga spesial untuk POCO M6 Pro....

gadget | 17:22 WIB

Cek apa saja fitur Samsung Galaxy A25 5G yang menunjang untuk main game....

gadget | 18:45 WIB
Tampilkan lebih banyak