Gadget

MediaTek Siapkan Chipset Baru 4nm, Meluncur Akhir 2021

MediaTek makin getol mengeluarkan chipset baru.

Agung Pratnyawan

Chip MediaTek. (MediaTek)
Chip MediaTek. (MediaTek)

Hitekno.com - MediaTek telah bersiap untuk meluncurkan chip pertama mereka yang akan menggunakan proses fabrikasi 4nm dari TSMC. Disebut-sebut baru terungkap pada akhir 2021 mendatang.

Bahkan chipset baru tersebut disebut-sebut menjadi yang pertama memakai fabrikasi 4nm. Nantinya akan disiapkan untuk chipset smartphone flagship 5G selanjutnya.

Dikutip dari GSM Arena, analis IDC, Bryan Ma melaporkan MediaTek menyampaikan kepada investor terkait rencana mereka dalam menyiapkan chipset baru untuk smartphone flagship 5G mendatang.

Chipset baru ini nanti akan diproduksi TSMC dengan fabrikasi proses 4nm pertama, dan diperkirakan baru meluncur pada akhir 2021 mendatang. Belum diketahui brand smartphone mana yang akan memakainya.

Bryan Ma juga melaporkan kalau chipset baru MediaTek ini bakal tersedia untuk smartphone flagship 5G dengan kisaran harga 4000 yuan China, atau setara dengan Rp 8,9 jutaan.

Namun smartphone dengan chipset MediaTek ini diperkirakan baru berada di tangan pengguna secara luas pada kuartal pertama 2022 mendatang.

Untuk saat ini, chipset MediaTek tertinggi untuk smartphone adalah Dimensity 1200 yang telah memakai proses fabrikasi 6nm dari TSMC. Sedangkan Dimensity 1300T dihadirkan MediaTek untuk tablet dan laptop.

MediaTek Dimensity 1200 banyak dipilih produsen smartphone sebagai alternatif chipset Qualcomm Snapdragon 888. Chip Qualcomm tersebut diproduksi dengan fabrikasi 5nm dari Samsung.

Tidak ketinggalan, rumor menyebutkan kalau Qualcomm juga menyiapkan chipset baru yang diproduksi menggunakan fabrikasi 4nm juga. Disebut-sebut nantinya akan bernama Snapdragon 895 yang akan meluncur sekitar akhir 2021 juga.

Sayangnya belum ada konfirmasi langsung dari MediaTek soal chipset baru mereka yang memakai fabrikasi 4nm dari TSMC ini nanti. Begitu pula dengan chip Snapdragon selanjutnya.

Berita Terkait