Gadget

Siap Meluncur, MediaTek Dimensity 1300T Bawa Performa Kencang?

MediaTek Dimensity 1300T diprediksi mengusung sistem fabrikasi 6 nm.

Rezza Dwi Rachmanta

Logo MediaTek. (MediaTek)
Logo MediaTek. (MediaTek)

Hitekno.com - MediaTek diyakini sedang bersiap meluncurkan chipset anyar dalam jajaran Dimensity-nya. Mengusung nama sebagai MediaTek Dimensity 1300T, leaker mengklaim bahwa chipset mempunyai performa lebih kencang dibandingkan generasi pendahulu.

Dimensity 1300T dirumorkan bakal debut pada Honor V7 Pro. Leaker populer Digital Chat Station membocorkan bahwa chipset terbaru MediaTek ini bakal dibangun dengan sistem fabrikasi 6 nm.

Kemungkinan besar mengusung 8 core, meski pengaturan konfigurasi core masih belum terungkap ke publik. Namun chipset itu diyakini menampilkan core Cortex-A78, 9 core GPU, dan 6 core APU 3.0.

Jika dibandingkan generasi sebelumnya (Dimensity 1000+), kinerja CPU dan GPU meningkat masing-masing sebanyak 30 persen serta 40 persen, klaim leaker. Performa AI-nya dilaporkan meningkat 82 persen jika dibandingkan dengan Snapdragon 865.

Dikutip dari Gizmochina, MediaTek Dimensity 1300T kemungkinan akan eksklusif untuk Honor dalam rentang waktu tertentu sebelum muncul di perangkat merek lain.

Bocoran MediaTek Dimensity 1300T. (Weibo/ Digital Chat Station)
Bocoran MediaTek Dimensity 1300T. (Weibo/ Digital Chat Station)

Namun ada pula spekulasi yang menyatakan bahwa alasan debut pertama di tablet Honor adalah karena konsumsi dayanya tinggi. Mengingat tablet mengusung kapasitas baterai yang jauh lebih besar dibandingkan smartphone, masa pakai baterai seharusnya tak masalah.

Laporan lain dari GSMArena membocorkan bahwa leaker di Weibo telah mengungkapkan terkait dokumen siaran pers rahasia MediaTek yang ditujukan kepada Honor.

Prosesor Dimensity 1200 diperkenalkan di Taiwan, Rabu (20/1/2021). [Dok Mediatek]
Prosesor Dimensity 1200 diperkenalkan di Taiwan, Rabu (20/1/2021). [Dok Mediatek]

Dimensity 1300T diharapkan mempunyai teknologi HyperEngine yang ditingkatkan untuk optimalisasi game. Berdasarkan bocoran, Dimensity 1300T memiliki waktu eksklusif enam bulan bersama Honor, kemudian dapat meluncur ke merek lain.

Huruf "T" pada penamaan Dimensity 1300T juga tak terlalu familiar bagi jajaran chipset buatan MediaTek. Melalui dokumen yang bocor, chipset tersebut mengusung konektivitas 5G, AV multimedia yang ditingkatkan, dan teknologi gaming terbaru.

Dimensity 1300T diyakini mempunyai performa lebih baik dibandingkan dapur pacu MediaTek kelas atas sebelumnya, Dimensity 1200.

Berita Terkait