Gadget

5 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Android dan iOS Gratis

Konsultasi ke dokter jadi lebih mudah dengan aplikasi kesehatan berikut ini.

Dinar Surya Oktarini

Aplikasi konsultasi dokter Halodoc. (Halodoc)
Aplikasi konsultasi dokter Halodoc. (Halodoc)

Hitekno.com - Aplikasi kesehatan terbaik semakin banyak dicari seiring dengan pedulinya masyarakat dengan kesehatan ditengah pandemi Covid-19.

Kini telah hadir beragam pilihan aplikasi kesehatan terbaik di Indonesia yang menawarkan berbagai fitur dan pelayanan. Aplikasi kesehatan terbaik dapat membantu kamu yang sibuk berkegiatan sehari-hari untuk tetap memperhatikan kesehatan, termasuk makan lebih teratur, olahraga lebih rutin, dan tidur secara cukup.

Sebagian aplikasi kesehatan terbaik yang bisa dimanfaatkan ialah aplikasi olahraga, penghitung kalori, aplikasi pelacakan aktivitas, atau aplikasi layanan kesehatan.

Aplikasi kesehatan terbaik ini sudah bisa kamu unduh di Play Store maupun App Store. Berikut 5 aplikasi kesehatan terbaik yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Aplikasi konsultasi dokter Halodoc. (Halodoc)
Aplikasi konsultasi dokter Halodoc. (Halodoc)

1. Halodoc
Halodoc adalah platform layanan kesehatan digital melalui aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi langsung dengan lebih dari 20 ribu dokter berlisensi di Indonesia. Bisa dibilang, Halodoc adalah aplikasi kesehatan lengkap untuk memenuhi semua kebutuhan kesehatan kita.

Kita bisa berkonsultasi langsung 24 jam dengan dokter secara online, baik lewat chat, voice call atau video call. Kita juga bisa membeli obat secara online hingga melakukan pemeriksaan laboratorium. Selain itu, kamu juga bisa membaca berbagai artikel kesehatan terkini dari dunia medis.

2. Alodokter
Aplikasi kesehatan terbaik Alodokter, kita bisa berkonsultasi dengan lebih dari 500 dokter berpengalaman. Layanan yang ada di dalamnya antara lain chat bersama dokter hingga booking dokter dan rumah sakit via online. Kita juga bisa membaca artikel informatif yang akurat dan terverifikasi oleh dokter.

Aplikasi kesehatan terbaik Alodokter memungkinkan kita untuk berkonsultasi dengan dokter umum dan spesialis, kapanpun dan dimanapun. Tak perlu menunggu lama, respons dokter di Alodokter juga cepat dan akurat.

3. KlikDokter
Aplikasi kesehatan terbaik KlikDokter, kita bisa berkonsultasi 24 jam secara online mengenai masalah kesehatan dengan dokter. Tak hanya itu, kita bisa membaca berbagai artikel kesehatan yang ditulis oleh dokter yang berpengalaman di bidangnya. Aplikasi kesehatan terbaik ini punya kalender kesuburan, kalender kehamilan, direktori penyakit dan direktori obat. Kalender kesuburan berguna untuk mendampingi pasutri yang sedang menjalani program kehamilan. Sementara, dengan kalender kehamilan, kita bisa mendapat informasi interaktif seputar janin.

4. Grab Health powered by Good Doctor
Good Doctor yang bekerja sama dengan Grab Indonesia menghadirkan aplikasi kesehatan yang dilengkapi layanan konsultasi, tanya jawab, beli obat dan produk kesehatan dari apotek resmi, membuat janji medis dan membuat janji kunjungan rumah sakit serta klinik pilihan. Aplikasi kesehatan terbaik ini juga telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI dalam upaya pencegahan Covid-19.

Aplikasi kesehatan terbaik ini menghadirkan layanan khusus pemeriksaan awal atau screening Covid-19, dilakukan dengan konsultasi daring antara pengguna dengan dokter berlisensi dari Good Doctor. Melalui layanan ini, dokter akan merekomendasikan langkah penanganan virus yang sesuai protokol Kementerian Kesehatan RI.

5. SehatQ
Aplikasi kesehatan terbaik SehatQ memungkinkan kamu melihat rincian dokter sebelum berkonsultasi, melihat fasilitas kesehatan serta berbagai obat-obatan yang tersedia. Pelayanan kesehatan yang ditawarkan SehatQ tersedia beragam, mulai dari klinik kecantikan, klinik gigi, laboratorium, klinik kesehatan lainnya hingga rumah sakit ternama. 

Aplikasi kesehatan terbaik ini juga menawarkan paket vitamin, pake sunat dan promosi kesehatan. SehatQ telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk menghadirkan fitur cek risiko Covid-19 sebagai tes mandiri melalui situsnya di sehatq.com, yang bisa diakses secara gratis. Fitur ini dikembangkan oleh tim dokter SehatQ dan dilaksanakan sesuai protokol dari Kementerian Kesehatan. 

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait