Gadget

Loongson 3A5000, Prosesor Buatan China Diklaim Saingi AMD Ryzen

Ini rahasia prosesor buatan China memiliki performa tinggi.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi prosesor. (Unsplash/ Brian Kostiuk)
Ilustrasi prosesor. (Unsplash/ Brian Kostiuk)

Hitekno.com - Loongson, perusahaan asal China ini resmi mengenalkan prosesor baru mereka. Yakni Loongson 3A5000, yang diklaim bisa menyaingi performa prosesor buatan AMD dan Intel.

Secara resmi Loongson 3A5000 dibagikan spesifikasi detailnya mengungkap seperti apa prosesor buatan China tersebut.

Juga dengan hasil pengujian yang diklaim bisa menyaingi performa prosesor AMD Ryzen gemeraso awal dan Intel Core generasi ke-6.

Loongson sendiri selama ini dikenal sebagai produsen prosesor untuk laptop, industri, dan beberapa aplikasi server. Yang kebanyakan masih tersedia untuk pasar dalam negeri China saja.

Diwartakan Techspot (24/7/2021), prosesor buatan China ini hadir dengan spesifikasi quad-core yang bisa berjalan pada clock 2,3 hingga 2,5 GHz.

Menggunakan mikroarsitektur GS464V 64-bit Loongson, memiliki empat ALU (Arithmetic Logic Unit) dan disematkan dua vektor 256 bit per inti.

Loongson 3A5000 dilengkapi dengan memory controller DDR4-3200. Juga mendukung controler HyperTransport 3.0 SMP yang memungkinkan beroperasi secara bersamaan dengan sistem berbasis AMD Epyc dan Intel Xeon.

Namun yang membuatnya spesial bukan spesifikasi, melainkan ISA (Instruction Set Architecture) baru mereka, yakni LoongArch. Arsitektur mirip dengan x86 dan ARM yang lebih banyak digunakan secara umum.

LoongArch dikembangkan sendiri perusahaan asal China ini untuk menghindari pemakaian lisensi asing. Karenanya tidak memakai x86 seperti Intel dan AMD, maupun ARM yang dipakai Qualcomm dan MediaTek.

Loongson 3A5000, prosesor buatan China. (cntechpost)
Loongson 3A5000, prosesor buatan China. (cntechpost)

Dilaporkan kalau Loongson 3A5000 memiliki hampir 2.000 instruksi dan ekstensi eksklusif mereka untuk melakukan konversi biner, pemrosesan vektor, virtualisasi, dan masih banyak lainnya.

Perusahaan ini memasarkan Loongson 3A5000 sebagai prosesor yang kompatibel dengan MIPS64, kode prosesor mereka sebelumnya. Namun arsitektur yang digunakan sudahlah berbeda.

Pemakaian LoongArch ini diklaim 10 sampai 20 persen lebih efisien dari arsitektur sebelumnya. Selain itu, Loongson 3A5000 juga memiliki kecepatan 50 persen lebih dibandingkan sebelumnya.

Sulit untuk membandingkan prosesor buatan China ini dengan CPU buatan AMD dan Intel karena memakai basis arsitektur yang berbeda. Namun diklaim mendapatkan nilai 80 dalam pengujian SPEC CPU 2006.

Dengan skor pengujian seperti itu, Loongson 3A5000 berada di kelas yang setara dengan AMD Ryzen generasi awal dan Intel Core generasi ke-6.

Namun langkah perusahaan ini belum berhenti di sini. Setelah Loongson 3A5000, mereka juga menyiapkan untuk membuat 3C5000 yang akan hadir dengan 16 core. Rencananya prosesor buatan China ini bakal meluncur akhir tahun nanti.

Sayangnya ketersediaan prosesor Loongson 3A5000 dan variannya ini hanya tersedia untuk pasa China saja. 

Berita Terkait