Gadget

Saingi MagSafe, Realme Garap MagDart

Realme perlu mengantongi sejumlah sertifikasi dan perizinan lainnya untuk kemudian menjadikan MagDart sebagai pengisian daya nirkabel dari brand ini.

Amelia Prisilia

Logo Realme. (Realme)
Logo Realme. (Realme)

Hitekno.com - Mengikuti tren pengisian daya nirkabel, Realme saat ini dilaporkan tengah menggarap MagDart yang memiliki fungsi dan cara kerja layaknya MagSafe dari keluarga Apple.

Informasi mengenai teknologi pengisian daya nirkabel milik Realme ini terungkap dari sebuah dokumen European Union Intellectual Property Office atau EUIPO yang tersebar beberapa waktu lalu.

Dilansir dari GSM Arena, dalam dokumen tersebut, Realme mendaftarkan sebuah produk baru bernama MagDart yang berada dalam kategori pengisian daya nirkabel untuk HP.

Belum banyak informasi yang terungkap ke publik mengenai MagDart ini. Pasalnya, diduga kuat produk satu ini masih dalam proses penyelesain.

Nantinya, Realme perlu mengantongi sejumlah sertifikasi dan perizinan lainnya untuk kemudian menjadikan MagDart sebagai pengisian daya nirkabel dari brand vendor HP asal China ini.

MagSafe di iPhone 12 Series. (Apple)
MagSafe di iPhone 12 Series. (Apple)

Pengisian daya nirkabel ini kemungkinan akan terus menjadi tren baru yang sangat diminati di masa mendatang. Tidak hanya Realme, perusahaan BKK Electronics juga disebut-sebut akan ikut memperkenalkan teknologi yang sama nantinya.

Sebelumnya, Apple pertama kali menggunakan fitur MagSafe pada dua perangkat andalannya yaitu MacBook Air dan MacBook Pro. MagSafe pada perangkat tersebut berupa port khusus dengan ujung tembaga dan bantuan magnet untuk pengisian daya.

MagSafe kini dihidupkan kembali oleh Apple untuk perangkat iPhone 12 Series. Dengan MagSafe, pengguna dapat mengisi daya secara nirkabel hanya dengan memanfaatkan kekuatan magnet.

Ilustrasi charger smartphone. (unsplash/Rebecca Aldama)
Ilustrasi charger smartphone. (unsplash/Rebecca Aldama)

Untuk memanfaatkan fitur MagSafe pada iPhone 12 Series ini Apple menyematkan ring magnet di balik casing belakang perangkat tersebut. Ring magnet ini berfungsi untuk mengisi daya pada deretan perangkat iPhone 12 Series.

Sayangnya, sampai saat ini, belum diketahui dengan pasti mengenai bagaimana cara kerja MagDart milik Realme ini. Pasalnya, Realme masih belum banyak berbicara mengenai pengisian daya nirkabel miliknya ini.

Berita Terkait