Gadget

7 Aplikasi Alternatif Zoom Gratis untuk Meeting Online

Kamu bisa memilih aplikasi alternatif Zoom gratis berikut ini, yuk simak.

Dinar Surya Oktarini

Aplikasi Skype di laptop. (Skype)
Aplikasi Skype di laptop. (Skype)

Hitekno.com - Popularitas Zoom meningkat pesat ditengah Work From Home di masa pandemi, namun ada Aplikasi alternatif Zoom gratis yang bisa jadi pilihan kamu lainnya. 

Hampir semua orang di belahan dunia kini menggunakan aplikasi meeting online ini untuk rapat, kelas, hingga sekadar berbincang dengan teman tongkrongan. Namun belakangan, Zoom mulai dihadapkan dengan sejumlah permasalahan yang muncul, terutama soal privasi pengguna. Hal ini membuat sejumlah pengguna Zoom khawatir untuk memakai platform tersebut.

Tak heran jika mulai banyak yang mencari aplikasi alternatif Zoom. Aplikasi alternatif Zoom sudah banyak tersedia di luar sana. Bahkan beberapa aplikasi alternatif Zoom ini tidak kalah bagus. Kamu juga bisa mendapatkannya secara gratis. Berikut 7 aplikasi alternatif Zoom yang HiTekno.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Google Hangouts

Google Hangouts Meet. (Google)
Google Hangouts Meet. (Google)

Aplikasi alternatif Zoom yang juga sering digunakan adalah Google Hangouts dari Google. Terdapat dua versi dari aplikasi alternatif Zoom ini. Versi pertama digunakan untuk bisnis, sedangkan versi kedua digunakan untuk konsumen biasa. Aplikasi alternatif Zoom ini gratis (maksimal 25 peserta rapat, terdapat opsi berbayar untuk peserta rapat yang lebih banyak) dan ringan. Kamu bisa menggunakannya di browser laptop, atau di HP dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

2. Microsoft Teams

Microsoft Teams. (Microsoft)
Microsoft Teams. (Microsoft)

Aplikasi alternatif Zoom ini memiliki berbagai fitur seperti integrasi dengan Office 365, integrasi dengan aplikasi Slack, membuat tim bersama orang dari luar perusahaan, hingga adanya bot yang bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan secara otomatis. Aplikasi alternatif Zoom ini bisa digunakan secara gratis, khusus untuk pelanggan Office 365. Kamu bisa menggunakannya di komputer, atau di HP dengan men-download aplikasinya di Play Store atau App Store.

3. Skype

Aplikasi Skype di laptop. (Skype)
Aplikasi Skype di laptop. (Skype)

Dibuat oleh Microsoft, Skype sudah tersedia untuk pengguna iOS, Android, PC Windows, dan Mac ini menawarkan panggilan video dan audio, serta chatting. Hadir sebagai salah satu aplikasi alternatif Zoom, Skype mendukung obrolan hingga 50 orang untuk panggilan audio. Sedangkan untuk video jumlahnya tergantung dari jenis perangkat yang digunakan. Tak hanya itu, Skype juga memungkinkan penggunanya untuk merekam, menyimpan, dan membagikan video call, dan menambahkan teks atau subtitle secara langsung.

4. Facetime

Facetime adalah produk Apple yang hanya dapat digunakan di semua produk apple seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch. Facetime diklaim mampu menampung hingga 32 orang dalam satu panggilan video. Aplikasi ini dapat menggunakan kamera depan maupun kamera belakang untuk memperlihatkan suatu objek yang kepada para peserta dalam grup panggilan video tersebut.

5. Cisco Webex

Aplikasi alternatif Zoom ini mungkin tampak asing, namun aplikasi ini seringkali digunakan oleh sejumlah perusahaan besar yang masuk dalam daftar Fortune 500. Aplikasi alternatif Zoom berbasis panggilan video ini memiliki jumlah maksimal peserta panggilan hingga 100 orang. Namun jumlah tersebut bervariasi tergantung paket langganan apa yang digunakan. Fitur di aplikasi Cisco Webex mencakup screen sharing, dukungan Google Assistant dan Google Home Hub, fitur papan virtual untuk menggambar, fitur mengunggah dokumen, hingga fitur untuk merekam percakapan video.

6. Google Meet

Google Meet. (Google)
Google Meet. (Google)

Raksasa teknologi Google juga memiliki layanan aplikasi rapat online bernama Google Meet yang mampu menampung peserta hingga 250 orang peserta. Aplikasi Google pendukung bekerja di rumah ini punya beragam fitur, seperti teknologi text-to-speech (TTS) hingga jadwal meeting yang terintegrasi dengan Google Calendar.

Google Meet dapat kamu gunakan juga lewat berbagai platform, seperti smartphone, komputer dan laptop, atau langsung melalui browser Google Chrome tanpa harus pasang aplikasinya. Kamu bisa bergabung dengan meeting yang diadakan pada Google Meet secara gratis. Namun, kamu mesti berlangganan G Suite untuk menjadi host dalam layanan ini.

7. Slack

Aplikasi Slack. (Slack)
Aplikasi Slack. (Slack)

Selain aplikasi untuk komunikasi saat work from home, Slack juga bisa digunakan untuk melakukan konferensi video. Kamu bisa melakukan telepon di grup dengan rekan kerjamu, dengan maksimal anggota 15 orang. Telepon ini bisa dilakukan dengan hanya suara, dengan video, atau dengan tambahan fitur share screen.Slack menawarkan fitur ini apabila kamu berlangganan dengan paket Standar dan Plus.

Pada paket gratis, peserta telepon hanya maksimal 2 orang. Kamu bisa mengakses Slack sebagai alternatif Zoom di browser, atau mengunduhnya untuk komputer Windows, Android, dan iOS. 

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait