Gadget

Realme C21 vs Samsung Galaxy A02, Tertarik Beli HP Rp 1 Jutaan yang Mana?

Simak ulasan perbandingan Realme c21 dan Samsung Galaxy A02 berikut ini ya.

Amelia Prisilia

Realme C21 vs Samsung Galaxy A02. (Realme, Samsung)
Realme C21 vs Samsung Galaxy A02. (Realme, Samsung)

Hitekno.com - Mengisi jajaran HP murah Rp 1 jutaan di Tanah Air, Realme c21 dan Samsung Galaxy A02 membawa spesifikasi tangguh dan menawan. Jika tertarik meminang dua perangkat tersebut, simak dulu perbandingan Realme c21 dan Samsung Galaxy A02 berikut ini.

Realme c21 dan Samsung Galaxy A02 sama-sama diperkenalkan di bulan Mei 2021 lalu. Keduanya menjadi pengisi jajaran HP Rp 1 jutaan di Tanah Air yang hadir untuk memanjakan penggunanya.

Vendor HP Realme dan Samsung mengklaim bahwa Realme c21 dan Samsung Galaxy A02 mengisi seri HP entry-level dengan harga menarik di kelasnya.

Jika kamu tertarik untuk meminang salah satu dari keduanya sebagai perangkat andalanmu, simak ulasan perbandingan Realme c21 dan Samsung Galaxy A02 berikut ini ya.

Layar

Realme C21. (Realme Indonesia)
Realme C21. (Realme Indonesia)

Realme c21 dan Samsung Galaxy A02 sama-sama membawa layar berukuran 6,5 inci yang cukup lega. Secara tampilan, dua perangkat ini terlihat memiliki wujud yang sama dengan desain kekinian.

Samsung mendesain Samsung Galaxy A02 dengan layar PLS IPS yang memiliki desain Infinity-V beresolusi HD Plus 720 x 1600 piksel. Samsung menyematkan mini drop di bagian atas yang menjadi rumah untuk kamera selfie perangkat ini.

Di sisi lain, membawa layar lega, Realme C21 membawa Geometric Art Design yang diklaim oleh Realme sudah anti sidik jari saat digunakan oleh penggunanya. Perangkat ini juga dihiasi mini drop untuk rumah kamera selfie.

Perangkat Realme dan Samsung ini hadir dalam dua varian warna kekinian. Realme C21 dengan warna cross black dan cross blue serta Samsung Galaxy A02 dengan warna denim black dan denim gray.

Kamera

Samsung Galaxy A02. (Samsung)
Samsung Galaxy A02. (Samsung)

Mengenai kamera, Realme c21 dan Samsung Galaxy A02 layak diperbandingkan. Pasalnya, perangkat andalan Realme dan Samsung ini cukup menawan jumlah sensor yang berbeda.

Melihat jumlah kamera, Realme C21 lebih unggul dengan tiga sensor yaitu 13 MP, 2 MP dan 2 MP di bagian belakang serta kamera selfie 5 MP yang berada di bagian depan.

Samsung Galaxy A02 di sisi lain masih kalah dengan dua sensor di bagian belakang yang beresolusi 13 MP dan 2 MP. Sedangkan untuk selfie, Samsung membekali Samsung Galaxy A02 ini dengan sensor 5 MP.

Jeroan

Realme C21. (Realme Indonesia)
Realme C21. (Realme Indonesia)

Soal jeroan, HP Rp 1 jutaan dari Realme dan Samsung ini hadir dengan chipset MediaTek yang cukup handal di kelasnya dengan duet RAM serta memori internal yang ciamik.

Jeroan Realme C21 mengandalkan Helio G35 dari MediaTek yang dipadukan dengan dua varian RAM dan memori internal berkapasitas 3 GB dan 32 GB serta 6 GB dan 64 GB.

Sedangkan performa Samsung Galaxy A02 menggunakan MediaTek MT6739W yang diduetkan dengan satu varian RAM dan memori internal yang berkepasitas 3 GB dan 32 GB.

Mengutip Versus.com, chipset Realme C21 jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A02. Helio G35 dari MediaTek ini membawa CPU yang lebih cepat dengan kecepatan RAM tinggi dan ukuran semikonduktor yang lebih kecil.

Baterai

Samsung Galaxy A02. (Samsung)
Samsung Galaxy A02. (Samsung)

Menunjang sektor jeroan, Realme dan Samsung sama-sama membekali Realme c21 dan Samsung Galaxy A02 dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang cukup ciamik dan tangguh menemani aktivitas seharian.

Membawa fitur yang ciamik, Realme C21 menggunakan baterai jumbo 5.000 mAh yang dapat berfungsi sebagai power bank untuk perangkat lainnya.

Di sisi lain, Samsung Galaxy A02 menggunakan baterai jumbo 5.000 mAh yang juga diklaim super tangguh. Sayangnya, tidak diketahui apakah baterai perangkat Samsung ini memiliki kemampuan yang sama dengan Realme C21 atau tidak.

Harga

Realme C21 vs Samsung Galaxy A02. (Realme, Samsung)
Realme C21 vs Samsung Galaxy A02. (Realme, Samsung)

Secara garis besar, Realme c21 dan Samsung Galaxy A02 sama-sama berada di kategori HP Rp 1 jutaan yang memiliki spesifikasi ciamik di kelasnya.

Realme C21 dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB dijual dengan harga Rp 1.699.000. Sedangkan untuk RAM 4 GB dan memori internal 64 dijual dengan harga Rp 1.999.000.

Membawa satu varian saja, Samsung Galaxy A02 dengan kapasitas RAM 3 GB dan memori internal 32 GB dibanderol dengan harga murah Rp 1.499.000 saja.

Kesimpulan

Realme C21 vs Samsung Galaxy A02. (Realme, Samsung)
Realme C21 vs Samsung Galaxy A02. (Realme, Samsung)

Berdasarkan ulasan perbandingan Realme c21 dan Samsung Galaxy A02 di atas, dua perangkat ini sama-sama memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing mengenai spesifikasi dan harga.

Kalau kamu mencari perangkat murah Rp 1 jutaan dengan layar lega, desain ciamik, tiga sensor kamera di bagian belakang dan kolaborasi chipset serta baterai yang handal maka Realme C21 dapat menjadi pilihanmu.

Namun, perlu kamu ingat, untuk Realme C21, pengguna harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan pesaingnya yaitu Samsung Galaxy A02.

Dibanderol lebih murah dengan satu varian RAM dan memori internal saja, Samsung Galaxy A02 tidak kalah menarik dengan baterai jumbo, layar lega dan kombinasi kamera serta jeroan yang handal.

Berdasarkan berbagai pertimbangan matang dengan ulasan perbandingan Realme c21 dan Samsung Galaxy A02 di atas, kamu tertarik untuk meminang perangkat yang mana sebagai andalanmu?

Berita Terkait