9 Alternatif Google Drive untuk Komputer dan Smartphone

Cari Alternatif Google Drive, cek ini.

Agung Pratnyawan
Senin, 12 Juli 2021 | 22:00 WIB
Google Drive

Google Drive

Hitekno.com - Mencari alternatif Google Drive yang bisa kamu gunakan untuk beragam keperluan? Cek berikut ini ada sembilan layanan lain yang menarik.

Layanan Google Drive adalah tempat penyimpanan dalam format web yang dapat digunakan oleh pengguna desktop Windows atau Mac dan dapat juga diakses dengan menggunakan smartphone Android dan iOS.

Google Drive menjadi salah satu layanan penyimpanan cloud populer. Setiap pengguna akun Google akan mendapatkan kapasitas gratis 15 GB yang dapat digunakan untuk Google Drive, Gmail, dan Google Photos.

Baca Juga: 3 Cara Menyimpan File di Google Drive, Nggak Repot!

Kebijakan baru ini diumumkan Google pada 1 Juni 2021. Agar lebih lega, pengguna harus membeli kapasitas tambahan dengan harga mulai dari Rp 26.900 per bulan untuk kapasitas 100 GB. Kebijakan ini agaknya menjadi kabar buruk bagi pengguna yang gemar menikmati layanan penyimpanan foto atau video gratisan dengan kuota storage melimpah.

Tak perlu khawatir, selain Google Drive ada beberapa layanan penyimpanan cloud yang bisa kamu gunakan. Alternatif Google Drive ini bisa kamu dapatkan secara cuma-Cuma atau gratis. Berikut 9 alternatif Google Drive yang HiTekno.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Dropbox

Baca Juga: Cara Upload File ke Google Drive untuk Semua Perangkat

Alternatif Google Drive - Dropbox. (Google Play Store)
Alternatif Google Drive - Dropbox. (Google Play Store)

Dropbox merupakan pelopor penyimpanan cloud, menemukan algoritma transfer file canggih yang kini digunakan di hampir semua aplikasi atau layanan penyimpanan cloud. Alternatif Google Drive dengan Dropbox, pengguna akan memiliki folder khusus di PC, yang file didalamnya bisa mereka akses secara langsung via cloud.

Dropbox merupakan kompetitor hebat bagi Google Drive, yang selain mudah digunakan, juga memiliki sistem enkripsi dan otentikasi yang aman. Alternatif Google Drive ini juga memiliki regulasi yang lebih ketat mengenai siapa yang bisa berbagi dan mengedit dokumen pengguna.

2. pCloud

Baca Juga: 3 Kekurangan Cloud Gaming Dibanding Platform Konvensional

Alternatif Google Drive - pCloud. (Google Play Store)
Alternatif Google Drive - pCloud. (Google Play Store)

Alternatif Google Drive ini mudah digunakan dan memiliki sistem enkripsi sekuat kompetitor lain. Saking kuatnya, pCloud bahkan menawarkan US$100,000 (Rp1,3 miliar) kepada siapapun yang bisa membobol server mereka.

Selain keamanan, pCloud juga sangat peduli terhadap privasi. Itu dibuktikan lewat kebijakan zero-knowledge-protection, yang artinya, file pengguna akan terenkripsi secara otomatis setelah pengguna meninggalkan perangkat mereka.

3. Mega

Baca Juga: 5 Kelebihan Cloud Gaming Dibanding Platform Konvensional

Alternatif Google Drive - MEGA. (Google Play Store)
Alternatif Google Drive - MEGA. (Google Play Store)

Mega jadi pilihan terbaik bagi mereka yang menginginkan penyimpanan cloud gratis dengan kapasitas penyimpanan yang tidak sedikit. Alternatif Google Drive ini memberikan penyimpanan cloud sebesar 50 GB kepada penggunanya secara cuma-cuma. Menariknya, itu bisa bertambah jika pengguna mengajak teman mereka untuk ikut menggunakan Mega.

Tidak hanya itu saja, meskipun gratis, data yang tersimpan di Mega juga terjamin keamanannya karena sistem enkripsi yang diusung lumayan sulit dibobol. Alternatif Google Drive ini juga dilengkapi dengan ‘tools’ khusus untuk mengedit file dimanapun dan kapan pun.

4. SpiderOak One Backup

Alternatif Google Drive SpiderOak One Backup dibekali dengan enkripsi end-to-end kuat dan kebijakan zero-knowledge, sehingga karyawan SpiderOak One Backup sekalipun tidak bisa mengakses file pengguna. Namun, enkripsi yang kuat itu tadi harus dibayar dengan fitur yang tidak begitu signifikan.

UI-nya pun terbilang kurang sederhana dari Google Drive atau Dropbox, dan hampir tidak ada aplikasi pendukung. Kendati demikian, SpiderOak One Backup tetap jadi salah satu penyimpanan cloud terbaik, terlebih lewat kehadiran fitur Semaphore Messaging yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan dengan aman.

5. Tresorit

Alternatif Google Drive - Tresorit. (Google Play Store)
Alternatif Google Drive - Tresorit. (Google Play Store)

Tresorit merupakan salah satu penyimpanan cloud paling aman yang ada di pasaran saat ini. Alternatif Google Drive, Tresorit memiliki sistem enkripsi kelas militer dan kunci kriptografi yang sulit ditembus. Hingga kini, ada lebih dari 1,000 peretas yang telah mencoba meretas server data Tresorit dan semuanya gagal.

Tresorit juga menerapkan mekanisme berbagi yang unik di mana setiap link yang mengarah ke server Tresorit, akan dilengkapi dengan kunci rahasia untuk bisa mengaksesnya. Alternatif Google Drive ini mungkin sedikit rumit, namun 10x lebih aman daripada Google Drive.

6. Box

Alternatif Google Drive - Box. (Google Play Store)
Alternatif Google Drive - Box. (Google Play Store)

Box jadi alternatif Google Drive berikutnya yang tidak kalah menarik. Alternatif Google Drive ini menawarkan platform penyimpanan berbasis cloud yang aman, di mana pengguna bisa memilih lokasi penyimpanan file mereka.

Selain itu, Box juga dilengkapi dengan segudang integrasi aplikasi pendukung seperti Office 365, Salesforce dan Adobe Sign. Box cukup unggul dari yang lain karena memiliki machine learning. Melalui fitur berbasis AI itu, alur kerja seperti pemberian tugas, pengaturan deadline dan pelacakan kemajuan jadi bisa lebih rapi dari biasanya.

7. Sync.com

Alternatif Google Drive - Sync.com. (Google Play Store)
Alternatif Google Drive - Sync.com. (Google Play Store)

Sync.com bisa dikatakan merupakan perpaduan dari fungsionalitas lengkap Dropbox, enkripsi super aman Tresorit dan kapasitas penyimpanan besar Mega. Alternatif Google Drive ini membuat folder khusus di perangkat pengguna dan setiap file yang ditempatkan di situ akan secara otomatis tersimpan di server cloud.

Di samping itu, Sync.com juga memiliki enkripsi end-to-end dan kebijakan zero-knowledge, untuk membuat file agar lebih aman. Dan sama seperti penyimpanan cloud kebanyakan, setiap file yang dibagikan bisa diberi password untuk keamanan ekstra.

8. Microsoft OneDrive

Alternatif Google Drive - Microsoft OneDrive. (Google Play Store)
Alternatif Google Drive - Microsoft OneDrive. (Google Play Store)

Mungkin bisa dibilang produk ciptaan Microsoft ini adalah tempat penyimpanan data online termurah dibanding tempat penyimpanan data online lainnya. Microsoft OneDrive dapat digunakan oleh pengguna perangkat beroperating system Windows, Mac, iOS, dan Windows Phone.

Pengguna Microsoft OneDrive juga dapat mengolah data-data Microsoft Office, seperti Word, Excel, PowerPoint, dan fasilitas Ms. Office lainnya.

9. Apple iCloud

Logo iCloud. (Apple)
Logo iCloud. (Apple)

iCloud berfungsi untuk menyimpan foto, aplikasi, atau musik dan dapat disinkronisasikan dengan perangkat ciptaan Apple lainnya. Apple juga membuat iCloud ini dapat terhubung secara langsung dengan iTunes agar penggunanya juga dapat menyimpan data musik ke dalam iTunes.

Pengguna iCloud hanya dapat menyimpan data yang telah ditetapkan oleh Apple, jadi tidak semua data dapat tersimpan di iCloud. Tempat penyimpanan data online ini hanya bisa digunakan oleh pengguna desktop Windows, Mac, dan perangkat iOS lainnya.

Itulah sembilan Alternatif Google Drive yang menarik untuk dilirik. Ada yang pernah kamu pakai?

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha
Berita Terkait
TERKINI

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB
Tampilkan lebih banyak