Samsung Innovation Campus Gelar Pelatihan Coding untuk Generasi Inovatif

Peserta yang mengikuti program Samsung Innovation Campus, mesti mengikuti rangkaian pembekalan inovasi coding dan programming.

Agung Pratnyawan
Minggu, 11 Juli 2021 | 13:00 WIB
Samsung Innovation Campus. (Samsung)

Samsung Innovation Campus. (Samsung)

Hitekno.com - Samsung Innovation Campus (SIC) sebagai program yang diselenggarakan Samsung Electronics Indonesia sejak bulan Januari, telah diikuti oleh 496 siswa dari seluruh Indonesia, dan dibagi menjadi 119 tim.

Memasuki tahap pelatihan yang akan berlangsung hingga bulan Oktober, hanya siswa yang berhasil lolos dalam penyaringan, yang akan diasah kemampuannya dalam berinovasi melalui pendampingan coding dan programming secara intensif selama 12 minggu, sampai peserta bisa melengkapi prototipe produk digital, membuat presentasi dan mengajukan solusi di akhir pelatihan.

Dengan keunggulannya di bidang teknologi dan inovasi, Samsung menjadikan program ini sebagai upaya dan dukungan dalam meningkatkan kapasitas dan kesuksesan inovasi di Indonesia yang masih rendah, melalui pendidikan.

Baca Juga: Infinix Hot 10 vs Samsung Galaxy A02, Harus Beli HP Rp 1 Jutaan yang Mana?

Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia mengatakan, "Menempati peringkat 85 dari 131 negara dalam Global Innovation Index 2020, menandakan Indonesia masih harus mendorong pertumbuhan budaya dan ekosistem inovasi agar lebih optimal. Karenanya, program SIC berperan dalam mengenalkan dan memanfaatkan teknologi yang sesuai perkembangan generasi saat ini. Melalui pembekalan coding dan programming SIC, para generasi muda bisa mendapatkan skill yang dibutuhkan industri sekarang dan masa depan, sekaligus membuka peluang bagi mereka untuk menjadi generasi yang dapat memberikan solusi di masyarakat lewat inovasi."

Menyadari bahwa sumber daya manusia yang terampil, kreatif, inovatif dan adaptif, juga infrastruktur yang memadai sangat berkaitan bagi terwujudnya kapasitas dan kesuksesan inovasi di Indonesia, Samsung menekankan pengembangan keterampilan dan proses berpikir dalam program SIC sebagai fokus utama.

Samsung Innovation Campus. (Samsung)
Samsung Innovation Campus. (Samsung)

Peserta yang mengikuti program Samsung Innovation Campus, mesti mengikuti rangkaian pembekalan inovasi coding dan programming dengan materi dasar Problem Definition, Design Thinking, UX/UI (user experience/user interface), HTML, CSS dan JavaScript.

Baca Juga: 8 Daftar HP Samsung RAM 8GB Terbaru Juli 2021

Tak melulu belajar, peserta diharuskan pula untuk memberikan solusi atas suatu permasalahan dalam bentuk video dan menyelesaikan beberapa tugas coding hingga membuat website sederhana. Kedua tugas ini adalah indikator penilaian kelolosan peserta menuju tahap pelatihan.

Tak hanya berhak mengikuti tahap pelatihan, siswa yang lolos dan telah disaring menjadi 13 tim oleh Samsung dan Skilvul – mitra Samsung dalam menjalankan program Samsung Innovation Campus, dapat ikut serta pula dalam SIC Project Competition 2021.

Tim yang terdiri dari total 46 siswa tersebut berasal dari: SMK Negeri 2 Surakarta, SMK Negeri 1 Geger Madiun, SMK Negeri 1 Martapura, SMK Negeri 1 Cimahi, SMK Negeri 10 Makassar, dan SMK Muhammadiyah Kudus.

Baca Juga: Kelebihan Samsung Galaxy A02, HP Murah dengan Layar Lega yang Ciamik

Samsung Innovation Campus. (Samsung)
Samsung Innovation Campus. (Samsung)

William Hendradjaja, Chief of Business Skilvul mengungkapkan, "Pada pelatihan pengembangan produk program SIC, poin yang perlu menjadi fokus peserta adalah target utama aplikasi atau produk, dan fitur utama yang ada di aplikasi mereka. Mengapa demikian? Karena fungsi dari aplikasi harus bisa menjawab permasalahan yang dihadapi customer atau target pengguna. Jadi, peserta perlu mendetailkan apa saja fitur utama yang benar-benar cocok dan dibutuhkan. Jangan sampai menciptakan fitur yang sia-sia, karena bisa melenceng dari permasalahan yang ingin diselesaikan. Maka dari itu, mereka harus menajamkan fitur dengan menentukan fitur utama dan fitur pendukung."

Dalam mengembangkan aplikasi sesuai kebutuhan, setiap peserta wajib jeli melihat masalah di sekitar mereka seperti lingkungan, kesehatan, pendidikan, sosial, minat baca, maupun lapangan pekerjaan.

"Peserta harus paham betul ide yang mereka buat untuk mengatasi masalah apa, siapa target penggunanya, rencana aksi dalam pengembangan idenya akan seperti apa, serta dukungan yang mereka perlukan dalam pengembangan ide ini harus meminta bantuan siapa dan dalam bentuk apa," imbuh William.

Baca Juga: Samsung Galaxy M52 5G Muncul di 3C, Segini Kapasitas Baterainya

"Kami berharap, melalui program SIC akan muncul para inovator muda yang mampu melahirkan produk inovasi dan menumbuhkan mindset baru dalam mengumpulkan serta menerapkan kekuatan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk merespon, mengatasi, dan menanggulangi permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Hingga pada akhirnya, inovasi yang dihadirkan pun mampu menjawab kebutuhan pasar dan industri, serta membuat Indonesia menjadi lebih baik," tutup Ennita.

Berita Terkait
TERKINI
Apa saja HP baru dari Redmi Note 13 Series ini?...
gadget | 12:05 WIB
Lensa telefoto periskop pada smartphone bekerja dengan prinsip yang mirip dengan teknologi periskop konvensional....
gadget | 18:59 WIB
POCO C65 resmi dipasarkan, kini tersedia di berbagai toko online....
gadget | 16:15 WIB
POCO Indonesia menyiapkan harga spesial untuk POCO M6 Pro....
gadget | 17:22 WIB
Cek apa saja fitur Samsung Galaxy A25 5G yang menunjang untuk main game....
gadget | 18:45 WIB
Hadir dengandesain khusus, cek seperti apa kartu grafis edisi tahun naga ini....
gadget | 11:41 WIB
Cek berapa harga TWS OpenRock Pro dan OpenRock S resmi di Indonesia....
gadget | 20:16 WIB
MediaTekDimensity 8300 Ultra menjadi kunci utama kehandalan POCO X6 Pro 5G....
gadget | 10:12 WIB
Xiaomi Indonesia mengkonfirmasi Redmi Note 13 segera tiba....
gadget | 10:02 WIB
Dengan Private Share, konten-konten yang hendak kamu bagikan akan dienkripsi terlebih dahulu sebelum dikirimkan....
gadget | 14:10 WIB
Pre-order Vivo Y100 5G telah dibuka, seperti apa HP baru ini?...
gadget | 10:47 WIB
Cek apa yang ditawarkan POCO X6 5G dan POCO M6 Pro ini....
gadget | 10:20 WIB
Xiaomi Indonesia mengonfirmasiupdate HyperOS untuk perangkat Redmi Note 12....
gadget | 14:26 WIB
Review POCO X6 5G hadir dengan peningkatan yang signifikan dibanding sebelumnya....
gadget | 22:00 WIB
Dell UltraSharp40 CurvedThunderbolt HubMonitor(U4025QW),monitor5K berukuran 40-inci pertama yang memiliki sertifikat bin...
gadget | 21:10 WIB
Advan One PC ditenagai prosesor AMD Ryzen 5 5500 U, RAM 8 GB dan M.2 PCIe SSD 512GB....
gadget | 12:45 WIB
MediaTek Kompanio 520 dam 528, dihadirkan untuk menunjang performa Chromebook....
gadget | 12:36 WIB
Cek seperti apa fitur Asus ROG Swift OLED PG34WCDM....
gadget | 10:33 WIB
Tampilkan lebih banyak