Gadget

Realme Janjikan HP 5G Lebih Murah di Masa Depan, Jadi Rp 1 Jutaan?

Harga HP 5G diharapkan semakin terjangkau dalam beberapa waktu ke depan.

Rezza Dwi Rachmanta

Realme 8 5G termasuk HP 5G dengan harga terjangkau. (Realme Indonesia)
Realme 8 5G termasuk HP 5G dengan harga terjangkau. (Realme Indonesia)

Hitekno.com - Beberapa produsen HP kini sedang berlomba-lomba merilis perangkat 5G di berbagai segmen. Realme memberikan kabar gembira mengingat mereka berkomitmen menghadirkan HP 5G lebih murah dalam beberapa waktu ke depan.

Dalam pernyataannya, perusahaan mengutip data yang mengatakan bahwa pencarian di Google Search terkait 5G naik 70 persen antara Mei 2020 hingga Mei 2021.

Sementara pencarian kata kunci 5G di YouTube meningkat 115 persen dalam kurun waktu yang sama. Pernyataan mengenai komitmen menghadirkan HP 5G lebih murah datang dari Realme India.

Meski begitu, mengingat harga Realme di Indonesia dan India tak terlalu berbeda jauh, kita bisa mengharapkan perangkat 5G dengan harga lebih miring juga hadir ke Tanah Air.

Realme ingin membuat HP 5G terjangkau di mana pada awal tahun 2021 semua perangkatnya yang seharga 20 ribu rupee (Rp 3,9 juta) ke atas akan kompatibel dengan jaringan generasi selanjutnya.

Pencarian HP 5G meningkat dalam satu tahun terakhir di Google Search dan YouTube. (Realme via GSMArena)
Pencarian HP 5G meningkat dalam satu tahun terakhir di Google Search dan YouTube. (Realme via GSMArena)

Perusahaan kini merevisi angka tersebut menjadi 15 ribu rupee atau Rp 2,9 juta. Ini sudah terjadi karena Realme Narzo 30 5G di India dibanderol 16 ribu rupee atau Rp 3,1 juta.

Itu mungkin juga bukan yang terbawah dalam beberapa waktu ke depan. Realme dilaporkan sedang mengerjakan pengembangan HP 5G dengan harga kurang dari 10 ribu rupee atau Rp 1,9 juta.

Dilansir dari GSM Arena, Realme turut berkomitmen dalam menyiapkan HP 5G untuk kelas premium. Perusahaan telah mengenalkan Realme GT 5G di pasar global dan juga Realme X7 Max 5G.

Realme 8 5G. (Realme Indonesia)
Realme 8 5G. (Realme Indonesia)

Menurut data Counterpoint Research, Realme adalah merek HP 5G nomor satu di India di mana mereka memegang 28 persen pangsa pasar pada Mei 2021. Pertengahan Juni lalu, Realme juga menghadirkan HP 5G terjangkau di Indonesia.

Realme Narzo 8 5G dibanderol Rp 3,2 juta dengan harga perkenalan Rp 3 juta. Perangkat ditenagai chipset Dimenisty 700 5G yang dipasangkan dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Saat peluncurannya, perusahaan mengklaim skor AnTuTu Realme 8 5G mencapai lebih dari 360 ribu poin. Beberapa spesifikasi lain yang diusung oleh Realme 8 5G termasuk layar IPS LCD 6,5 inci (90 Hz), tiga kamera belakang (48 MP + 2 MP + 2 MP), kamera depan 16 MP, dan baterai 5.000 mAh (fast charging 18 W).

Mengingat konsumen cukup antusias dalam menyambut perangkat 5G, kita bisa berharap bahwa harga HP 5G dari Realme dan kompetitornya semakin murah dalam beberapa waktu ke depan.

Berita Terkait