Gadget

7 Tablet Murah Memori Besar dengan Kualitas Terbaik

Deretan tavlet murah memori besar ini cocok buat kamu yang suka menyimpan file film besar.

Dinar Surya Oktarini

Samsung Galaxy Tab S6 Lite menggunakan stylush. (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy Tab S6 Lite menggunakan stylush. (Samsung Indonesia)

Hitekno.com - Bagi kamu yang suka menonton video atau membaca e-book, tablet memberikan kenyamanan lebih dibandingkan smartphone. Kini banyak tablet murah memori besar yang bisa jadi refrensi kamu menonton film. 

Tak heran jika sekarang ini banyak orang menggunakan tablet untuk kuliah atau kerja. Selain dilihat dari segi produktivitas, tablet juga merupakan gadget yang sangat bisa diandalkan untuk menikmati konten multimedia secara lebih maksimal.

Pengalaman menonton film tentu akan jauh lebih nyaman dan puas dibanding menggunakan smartphone. Saat akan membeli tablet, salah satu yang menjadi pertimbangan utama adalah besaran RAM dan ROM-nya. Semakin besar RAM sebuah tablet, maka semakin cepat pula performanya dalam melakukan multitasking. Kapasitas ROM besar ini nantinya mampu digunakan untuk menyimpan file-file tertentu, musik, video, dan masih banyak lainnya.

Kamu sedang kebingungan untuk memilih tablet secara tepat dengan kapasitas memori internal atau ROM cukup? Berikut 7 tablet murah memori besar yang HiTekno.com rangkum dari berbagai sumber.

Ilustrasi tablet. (unsplash)
Ilustrasi tablet. (unsplash)

1. Huawei Matepad 10.4
Tablet murah memori besar yang bisa kamu pilih adalah Huawei MatePad 10.4. Sesuai namanya, tablet Huawei yang satu ini menghadirkan bentang layar 10.4 inci yang sangat besar. Sementara itu, Tablet murah memori besar ini juga mengandalkan chipset bertenaga di kelasnya, yakni Kirin 810 yang dipadukan dengan RAM sebesar 4GB. Tablet murah memori besar menyediakan memori internal 64GB dan bisa ditambah dengan memori eksternal hingga 512GB.

Huawei MatePad 10.4 ini juga memiliki empat speaker dan empat mic, memudahkan penggunanya untuk menjalankan video call. Cocok bagi karyawan atau murid yang harus melakukan online meeting di tempat yang cukup bising. Pasalnya, micnya ini memiliki kemampuan meredakan background noise dengan cukup baik.

2. Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Samsung Galaxy Tab S6 Lite dengan S Pen . (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy Tab S6 Lite dengan S Pen . (Samsung Indonesia)

Walaupun varian Lite, RAM yang dihadirkan Samsung Galaxy Tab S6 Lite ini berkapasitas 4 GB dan didukung oleh serangkaian fitur dan teknologi canggih lainnya. Tablet murah memori besar ini bertenagakan chipset Exynos 9611, performa yang bisa dinantikan tetaplah kencang dan sudah sesuai dengan standar game yang berlaku di masa sekarang, termasuk PUBG M, COD Mobile, serta Asphalt 9.

3. Samsung Galaxy Tab S5e

Samsung Galaxy Tab S5e. (Samsung)
Samsung Galaxy Tab S5e. (Samsung)

Samsung juga meluncurkan Samsung Galaxy Tab S5e, tablet dengan RAM 4 GB yang diotaki chipset Snapdragon 670 dan memori internal 64/128 GB. Tablet murah memori besar ini punya performa yang kencang di kelasnya dan cocok untuk digunakan membuka berbagai macam aplikasi. Samsung Galaxy Tab S5e dibekali layar berukuran 10.5 inci yang menggunakan panel Super AMOLED sendiri sudah beresolusi Full HD+ 2560 x 1600 piksel, sehingga kualitas tampilannya tergolong bagus. Tablet murah memori besar dengan ukuran yang cukup tipis ini juga sudah didukung empat speaker dari AKG. Sehingga, Anda bisa menikmati konten video dan audio dengan suara yang kencang dan juga jernih.

4. Samsung Galaxy Tab A 10.1

Bodi Samsung Galaxy Tab A 10.1 terbuat dari perpaduan antara material aluminium dan kaca yang membuatnya terlihat solid. Tablet murah memori besar ini mengusung layar tipe TFT berukuran 10.1 inchi dengan resolusi FHD 1200 x 1920 pixels.

Di sektor dapur pacu aplikasi, Samsung Galaxy Tab A 10.1 menggunakan chipset Exynos 7904 dengan kinerja CPU Octa-core (2x1.8 GHz Cortex-A73 & 6x1.6 GHz Cortex-A53) serta media penyimpanan sebesar 3/128 GB. Sedangkan untuk kamera, tablet ini mempunyai single kamera belakang beresolusi 8 MP AF serta kamera depan 5 MP dan ditenagai baterai berkapasitas 6150 mAh.

5. Huawei MediaPad M6 Turbo 8.4

Selain telah dibekali media penyimpanan yang besar, Huawei MediaPad M6 Turbo 8.4 juga memiliki desain yang terlihat sangat minimalis. Tablet ini membenamkan layar tipe IPS LCD berukuran 8.4 inchi dengan resolusi Quad HD 2560 x 1600 pixels.

Dalam menopang kegiatan multitasking, Huawei MediaPad M6 Turbo 8.4 mempercayai kinerja chipset HiSilicon Kirin 980 dengan performa CPU Octa-core (2x2.6 GHz Cortex-A76 & 2x1.92 GHz Cortex-A76 & 4x1.8 GHz Cortex-A55) serta media penyimpanan sebesar 6/128 GB. Di samping itu, tablet murah memori besar ini memiliki single kamera belakang 13 MP PDAF serta kamera depan 8 MP dan ditenagai baterai berkapasitas 6100 mAh.

6. Apple iPad Air 3

iPad Air 3 milik Apple yang mengusung desain cukup tipis dengan ketebalan 6.1mm sehingga menampilkan kesan berkelas. Tablet murah memori besar ini dilengkapi layar bertipe IPS LCD dengan ukuran 10.5 inci beresolusi FHD+ 1668 x 2224 piksel. iPad Air 3 ini ditenagai chipset seri Apple 12 Bionic, CPU Hexa-core 2x2.5 Ghz Vortex + 4x1.6 Ghz Tempest, serta RAM 3GB dengan kapasitas ROM 256GB. Selain itu, tablet murah memori besar ini juga dilengkapi single kamera di bagian belakang dengan resolusi 8MP dan bagian depan beresolusi 7MP HDR. Didukung baterai berkapasitas 8134 mAh.

7. Apple iPad Mini 7.9 (2019)

iPad Mini 7.9 (2019) mudah dibawa kemanapun, sehingga cocok juga untuk tablet bagi pelajar dan melengkapi hiburan anak di rumah. Meski ukuran layar tidak terlalu besar, Tablet murah memori besar ini tetap saja memiliki performa tinggi yang sangat bisa diandalkan. Berkat dukungan chipset Apple A12 Bionic. Harga yang lebih ramah kantong, sensor sidik jari hingga dukungan stylus. iPad Mini 7.9 (2019) dibekali RAM 3GB dan pilihan internal 64GB dan 256GB.

Jadi tablet murah memori besar mana yang menarik perhatian kamu untuk aktivitas sehari-hari?

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait