Gadget

Samsung Galaxy M12 vs Tecno Spark 7 Pro, Mana HP Rp 1 Jutaan Terbaik?

Simak perbandingan Samsung Galaxy M12 dan Tecno Spark 7 Pro yang sudah dirangkum HiTekno berikut ini ya.

Amelia Prisilia

Samsung Galaxy M12 vs Tecno Spark 7 Pro. (Samsung, Tecno)
Samsung Galaxy M12 vs Tecno Spark 7 Pro. (Samsung, Tecno)

Hitekno.com - Di bulan Juli 2021 ini, dua vendor HP kenamaan, Samsung dan Tecno Mobile merilis dua perangkat andalannya sebagai pengisi kelas HP Rp 1 jutaan. Jika membandingkan Samsung Galaxy M12 dan Tecno Spark 7 Pro, manakah HP Rp 1 jutaan terbaik?

Melihat waktu perilisannya, Samsung Galaxy M12 rilis terlebih dahulu di Indonesia pada bulan Mei 2021 lalu. Tecno Mobile lalu merilis Tecno Spark 7 Pro kemudian di bulan Juni 2021.

Mengenai harga, Samsung Galaxy M12 dan Tecno Spark 7 Pro sama-sama bersaing di kelas HP Rp 1 jutaan. Walaupun dibanderol dengan harga murah, dua perangkat ini sama-sama membawa spesifikasi ciamik yang handal di kelasnya.

Secara spesifikasi, Samsung Galaxy M12 dan Tecno Spark 7 Pro hampir sama. Sebelum membeli dua perangkat ini, simak perbandingan Samsung Galaxy M12 dan Tecno Spark 7 Pro yang sudah dirangkum HiTekno berikut ini ya.

Layar

Tecno Spark 7 Pro. (Amazon)
Tecno Spark 7 Pro. (Amazon)

Sebagai HP Rp 1 jutaan, Samsung Galaxy M12 dan Tecno Spark 7 Pro sama-sama menawarkan layar super lega yang memanjakan mata penggunanya. Namun, soal ukuran, Tecno Spark 7 Pro jauh mengungguli pesaingnya ini.

Tecno Spark 7 Pro tampil cukup istimewa dengan layar berukuran 6,6 inci super-large IPS display yang menjanjikan pemandangan lebih luas dan lega untuk aktivitas sehari-hari.

Di sisi lain, Samsung Galaxy M12 tidak kalah ciamik dengan membawa layar berukuran 6,5 inci HD Plus Infinity-V dengan dynamic refresh rate mencapai 90 Hz.

Soal desain, Samsung Galaxy M12 dan Tecno Spark 7 Pro sama-sama menawarkan tiga pilihan warna menarik untuk penggunanya yaitu hitam, biru dan hijau.

Kamera

Samsung Galaxy M12. (Samsung)
Samsung Galaxy M12. (Samsung)

Secara umum, Samsung Galaxy M12 dan Tecno Spark 7 Pro sama-sama menggunakan sensor 48 MP sebagai penopang kamera utama keduanya. Namun, Samsung Galaxy M12 lebih cemerlang dengan dukungan 3 sensor lainnya di bagian belakang.

Mengenai kamera, Samsung Galaxy M12 menggunakan sensor utama 48 MP yang ditemani dengan kamera 5 MP ultrawide, 2 MP makro dan 2 MP depth sensor yang disempurnakan dengan kamera selfie 8 MP di bagian depan.

Sebagai penantang, Tecno Spark 7 Pro cukup istimewa dengan Triple Rear AI Camera beresolusi 48 MP, 2 MP dan QVGA di bagian belakang serta kamera 8 MP di bagian depan untuk selfie.

Jeroan

Tecno Spark 7 Pro. (Amazon)
Tecno Spark 7 Pro. (Amazon)

Samsung Galaxy M21 mengandalkan chipset Exynos 850 dengan sistem fabrikasi 8 nm yang diduetkan dengan dua varian RAM dan memori internal yaitu RAM 3 GB atau 4 GB dan memori internal 32 GB atau 64 GB.

Soal chipset, Tecno Spark 7 Pro meluncur dengan jeroan Helio G80 dari MediaTek yang diduetkan dengan RAM 6 GB dan memori internal 64 GB.

Jika dua chipset yang digunakan ini dibandingkan, maka Tecno Spark 7 Pro dengan MediaTek Helio G80 jauh lebih unggul daripada Exynos 850 yang digunakan Samsung Galaxy M12.

Berdasarkan situs Versus.com, Helio G80 milik Tecno Spark 7 Pro ini jauh lebih unggul secara GPU turbo yang diklaim lebih cepat jika dibandingkan dengan Exynos 850 dari keluarga Samsung.

Baterai

Spesifikasi Samsung Galaxy M12. Ilustrasi varian warna Samsung Galaxy M12. (Samsung)
Spesifikasi Samsung Galaxy M12. Ilustrasi varian warna Samsung Galaxy M12. (Samsung)

Dari segi baterai, tidak banyak yang bisa dibandingkan antara Samsung Galaxy M12 dan Tecno Spark 7 Pro. Pasalnya, dua perangkat ini sama-sama mengandalkan baterai berkapasitas 5.000 mAh sebagai jeroannya.

Namun, secara teknologi pengisian daya, Samsung Galaxy M12 jauh lebih unggul dengan fitur fast charging 15W. Sedangkan Tecno Spark 7 Pro masih belum menggunakan teknologi kekinian ini.

Harga

Samsung Galaxy M12 vs Tecno Spark 7 Pro. (Samsung, Tecno)
Samsung Galaxy M12 vs Tecno Spark 7 Pro. (Samsung, Tecno)

Samsung Galaxy M12 dan Tecno Spark 7 Pro sama-sama bersaing di rentang harga Rp 1 jutaan. Perbedaan mencolok keduanya hanya ada pada varian RAM yang digunakan. Samsung Galaxy M12 lebih menarik dengan dua varian RAM dan memori internal.

Mengenai harga, Samsung Galaxy M12 dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB dibanderol Rp 1.899.000. Sedangkan untuk varian RAM 4 GB dan memori internal 64 GB dijual Rp 2.099.000.

Di sisi lain, Tecno Spark 7 Pro yang hadir dengan RAM 6 GB dan memori internal 64 GB dijual dengan harga Rp 1.899.000 saja.

Kesimpulan

Samsung Galaxy M12 vs Tecno Spark 7 Pro. (Samsung, Tecno)
Samsung Galaxy M12 vs Tecno Spark 7 Pro. (Samsung, Tecno)

Melihat ulasan perbandingan di atas, Tecno Spark 7 Pro jauh lebih ciamik dengan layar besar dan jeroan handal yaitu MediaTek Helio G80. Walaupun tidak menggunakan teknologi fast charging, perangkat satu ini sudah menarik dengan baterai 5.000 mAh.

Walau sama-sama menggunakan sensor utama 48 MP, Samsung Galaxy M21 lebih ciamik dengan empat kamera di bagian belakang. Tidak hanya itu, perangkat ini juga istimewa dengan tawaran dua varian RAM dan memori internal yang lebih bervariasi.

Berdasarkan perbandingan Samsung Galaxy M12 dan Tecno Spark 7 Pro di atas, menurut kamu, mana dari dua perangkat ini yang pantas menjadi pilihanmu?

Berita Terkait