Gadget

Sekilas Mirip, Ini 5 Perbedaan Instagram Reels dan TikTok

Instagram Reels vs TikTok, apa bedanya ya?

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi Instagram Reels. (Instagram)
Ilustrasi Instagram Reels. (Instagram)

Hitekno.com - Pengguna Instagram di Indonesia akhirnya dapat menikmati fitur Reels yang sekilas mirip dengan TikTok. Berikut ini kami akan memberikan deretan perbedaan Instagram Reels dan TikTok.

Sebagai informasi, baik Instagram Reels dan TikTok sama-sama menyediakan platform video pendek di mana pengguna bisa menggulir serta mengetuk layar untuk berpindah ke konten lain.

Tampilan antarmukanya juga hampir mirip sehingga pengguna TikTok cukup familiar apabila mencoba Instagram Reels. Menurut Vamp-brands, popularitas TikTok meroket dengan mencetak engagement atau keterlibatan per posting cukup tinggi dan meraih 800 juta pengguna aktif bulanan pada 2020.

Tak mau kalah, Instagram meluncurkan fitur Reels pada Agustus 2020 lalu. Saat pertama kali dikenalkan, Instagram Reels sudah menjangkau lebih dari 50 negara.

Kini pengguna Instagram di Indonesia bisa mencoba fitur Reels di dalam aplikasinya. Berikut lima perbedaan Instagram Reels dan TikTok:

1. Durasi Video

Cara buat video Reels di Instagram. (HiTekno)
Cara buat video Reels di Instagram. (HiTekno)

 

Jika diperhatikan, Instagram Reels mempunyai durasi video yang lebih cepat jika dibandingkan TikTok. Saat pengguna mengunggah video pertama kali di Reels, maka mereka akan ditawarkan dengan video berdurasi 15 detik. Sementara pengguna TikTok dapat membuat video dalam opsi 30 detik hingga 60 detik.

2. Susunan Menu yang Berbeda

Tampilan menu TikTok vs Instgram Reels. (HiTekno)
Tampilan menu TikTok vs Instgram Reels. (HiTekno)

Secara sekilas, tampilan menu memang nampak sama. Namun terdapat perbedaan yang cukup mencolok pada susunan menu di bagian bawah. Pada Instagram Reels, susunan menu mencakup Home, Search, Icon Reels, Shop, dan Profile.

Menu Home pada Reels akan mengembalikan tampilan ke Instagram sementara Icon Reels bakal mengembalikan tampilan dari Instagram menuju Reels.

Sementara susunan menu bagian bawah di TikTok yaitu Home, Search, Icon Add Video, Inbox dan Profile. Home di TikTok bisa berfungsi menampilkan atau refresh video FYP.

Pengguna TikTok dapat menambahkan video dengan cepat melalui tombol Add Video di bagian tengah. Sementara pengguna Reels dapat membuat video dengan menekan tombol ikon kamera di pojok kanan atas.

3. Opsi Musik untuk Akun Bisnis

Tampilan opsi musik di TikTok. (HiTekno)
Tampilan opsi musik di TikTok. (HiTekno)

 

Dikutip dari Later, salah satu perbedaan yang cukup mencolok adalah fitur musik. Saat pertama kali meluncur, banyak profil bisnis yang tidak dapat mengakses fitur musik di Instagram secara penuh.

Jika kita mempunyai akun bisnis dan ingin membagikan Reels dengan musik, pengguna diharapkan dapat membuat audio atau film sendiri dan mengeditnya di luar Instagram. Di TikTok, semua pengguna (baik akun bisnis atau pengguna biasa) memiliki akses ke semua stok audio atau musik.

Pengguna juga bisa membuat suara asli di mana kemudian dapat digunakan oleh pengguna TikTok lainnya sehingga bisa viral memakai hashtag tertentu. Pengguna Instagram juga dapat membuat video menggunakan audio orang lain, namun efeknya tak terlalu banyak digunakan seperti TikTok.

4. Algoritma

Featured di Instagram Reels. (Later.com)
Featured di Instagram Reels. (Later.com)

 

Di TikTok, pengguna sangat familiar dengan FYP (For Your Page) di mana platform video pendek itu telah membeberkan algoritmanya.

"Sistem merekomendasikan konten dengan memberi peringkat video berdasarkan kombinasi faktor, mulai dari minat yang Anda ungkapkan sebagai pengguna baru dan menyesuaikan untuk hal-hal yang Anda indikasikan juga tidak Anda minati," tulis TikTok dalam laman resminya.

Beberapa faktor untuk FYP termasuk interaksi pengguna, informasi video, dan pengaturan perangkat (seperti preferensi bahasa, pengaturan negara, serta jenis perangkat).

Reels sendiri sepertinya mengandalkan Explore untuk membuat konten semakin viral. "Jika Reels Anda ditampilkan di Explore, Anda akan menerima pemberitahuan. Featured Reels adalah pilihan publik yang diseleksi oleh Instagram untuk membantu Anda menemukan konten asli yang kami harap dapat menghibur dan menginspirasi," tulis Instagram.

Tidak ada informasi lebih lanjut tentang mengapa atau bagaimana Instagram memilih konten unggulan. Tapi, jika Reel Anda menjadi unggulan (featured), ada kemungkinan besar video (dan profil) Anda bisa menjadi viral.

5. Demografi

Ilustrasi TikTok. (Unsplash/helloimnik)
Ilustrasi TikTok. (Unsplash/helloimnik)

 

Laporan dari platform sosial media marketing, Later, pengguna TikTok nampaknya lebih muda dibandingkan Instagram Reels.

Bagi akun bisnis, jika Anda ingin menjangkau generasi milenial dan membagikan video yang sesuai dengan estetika Instagram Anda, kalian dapat mencoba Reels.

Namun apabila ingin mengambil bagian dalam tren viral dan menjangkau pengguna dari kalangan Gen Z, maka TikTok bisa menjadi pilihan yang tepat.

Itulah tadi lima perbedaan Instagram Reels dan TikTok, mana platform video pendek pilihan kalian?

Berita Terkait